Saturday, March 25, 2017

PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI



Kalian tentu telah mengetahui nilai-nilai juang dalam perumusan Pancasila.Kalian telah memahami jerih payah para tokoh dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.Dalam sejarah bangsa Indonesia,Pancasila juga telah terbukti ketangguhannya. Pancasila mampu mempertahankan keutuhan dan persatuan bangsa.Nah,kalian tentu harus bangga memiliki dasar negara yang sangat kokoh dan kuat.Tatapi,cukukah kita berbangga hati dengan memiliki dasar negara Pancasila?Tentu tidak, bukan?Kita harus melakukan sesuatu lebih dari sekadar rasa bangga.kita harus dapat menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Pancasila merupaka pencerminan jiwa kebangsaan Indonesia.Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sangatlah luhur.Pancasiladirancang sedemikian rupa sesuai kepribadian bangsa Indonesia.Segenap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara terangkum di dalamnya.Kita harus dapat meresapi nilai-nilai Pancasila secara utuh.
Nilai-nilai yang melatarbelakangi terwujudnya Pancasila pun sangat mulia.Para tokoh elah mencurahkan seluruh tenaga dan fikiran demi terwujudnya Pancasila.Semua itu tidak akan pernah dapat kita balas dan dinilai dengan uang.Kita harus menghargai dan meneruskan cita-cita mereka.

Pancasila bukanlah hal yang remeh dan sepele.Pancasila adalah dasar negara,landasan kehidupan berbangsa dan bernegara.Pancasila tidak cukup dihapalkan dan dibaca setiap upacara bendera.Kalian harus menghayati nilai-nilai Pancasila.Selanjutnya kalian harus menunjukkannya dalam tindakan nyata.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive