Permainan Burung dan Buaya adalah permainan yang menurut
saya adalah permainan yang inovasi.
Cara
pelaksanaan permainan:
1.
Jumlah Pemain : genap (jumlahnya disesuaikan dengan
tempat bermain)
2.
Tempat bermain : lapangan yang cukup luas
3.
Alat : menggunakan
lapangan bergaris
4.
Cara Bermain:
-
Anak-anak dibagi dalam 2 kelompok
yang sama jumlahnya. Satu kelompok dinamakan kelompok burung, yang lainnya
dinamakan kelompok buaya.
-
Di tengah lapangan dibuat garis
pemisah dan masing-masing ujung lapangan dibuat lingkaran atau garis persegi
(sebagai sarang burung dan sarang buaya).
-
Setelah masing-masing kelompok
berada di sarangnya, guru mulai memberi aba-aba “Keluar sarang!”.
-
Setelah mendengar aba-aba
tersebut, kedua kelompok mulai berjalan perlahan-lahan ke tengah lapangan.
-
Sebelum mereka tiba di garis
tengah, guru berteriak “Buuu...rung” atau “buuu.....aya” m(teriakan agak
panjang agar kedua kelompok menjadi tegang).
-
Jika pada akhirnya guru
meneriakkan “buaya”, maka kelompok buaya harus berlari ke sarangnya.
-
Pada saat kelompok buaya kembali
ke sarangnya, kelompok burung berusaha untuk menangkapnya, cara menangkapnya
bisa dengan hanya menyentuhkan tangannya ke anggota badan lawan.
-
Anak yang berhasil ditangkap atau
disentuh lawan sebelum mencapai sarang harus mengikuti lawan ke sarangnya.
-
Permainan berakhir bila satu
kelompok telah berhasil menangkap semua anggota kelompok lawan.
Catatan:
-
Sebagai variasi bagi anak-anak
yang sudah sering melakukan permainan ini, aba-aba guru dapat dipersulit dengan
ucapan seperti “bu.....ku, bu.....mi, bu....ta”, sebelum terdengar ucapan
sebenarnya.
5.
Manfaat Permainan Burung dan Buaya
Dapat mengembangkan aspek dan kemampuan:
- Moral dan nilai-nilai agama
-
Selalu berdo’a sebelum dan sesudah
melaksanakan kegiatan
-
Menghargai teman dan tidak
memaksakan kehendak
-
Menolong teman/orang lain
- Sosial emosional
-
Menunjukkan ekspresi wajar saat
senang, takut, kecewa dan marah.
-
Mengerti aturan main, mengerti
akibat jika melanggar aturan.
-
Dapat memecahkan masalah
sederhana, mengetahui hak dan kewajiban.
- Bahasa
-
Mengerti dan dapat melaksanakan
lebih dari 3 perintah
-
Memperkaya kosa kata.
- Kognitif
-
Membuat baris dengan sejajar.
-
Menyebutkan bilangan 1 – 10.
- Fisik
-
Berjalan dengan berbagai variasi (berlari,
melompat, mengelak).
-
Menggerakkan tangan dan kaki ke
kanan, kiri, atas, bawah.
No comments:
Post a Comment