Friday, March 17, 2017

Konsep Dasar Pedagogik


Pedagogik dalam arti khusus merupakan kajian tentang pendidikan anak. Pedagogik merupakan suatu teori dan kajian secara teliti, kritis dan obyektif mengembangkankonsep-konsepnya mengenai hakikat manusia, hakikat anak, hakikat tujuan pendidikan serta hakikat proses pendidikan.
Dalam bahasa Inggris istilah pendidikan menggunakan kata education, biasanya istilah tersebut dihubungkan dengan pendidikan disekolah, dengan alasan bahwa sekolah tempat anak dididik dibimbing oleh para ahli khusus mengalami pendidikan dan latihan sebagai profesi.
Selanjutnya makna pendidikan dapat dilihat dalam pengertian secara khusus dan luas.
Kata yang berhubungan dengan pedagogi, yaitu pendidikan, sekarang digunakan untuk merujuk pada keseluruhan konteks pembelajaran, belajar, dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan hal tersebut.
Pendidikan dalam arti khusus menurut Ahmadi dan Uhbiyati (Sadulloh : 2010) mengemukakan beberapa definisi pendidikan sebagai berikut :
a.           Menurut Prof. Hoogeveld, mendidik adalah membantu anak supaya anak itu kelak cakap menyelesaikan tugas hidupnya atas tanggung jawab sendiri.
b.           Menurut Prof. S. Bojonegoro, mendidik berarti memberi tuntutan kepada manusia yang belum manusia yang belum dewasa dalampertumbuhan dan perkembangan, sampai tercapainya kedewasaan dalam arti rohani dan jasmani.
c.           Menurut Ki Hajar Dewantara, mendidik adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
d.          Menurut Drijarkara, pendidikan adalah hidup bersama dalam kesatuan tritunggal, ayah, ibu dan anak dimana terjadi pelaksanaan nilai-nilai dengan mana dia berproses untuk akhirnya bisa melaksanakan sendiri sebagai manusia purnawan.
Pendidikan dalam arti luas merupakan usaha manusia untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya, yang berlangsung sepanjang hayat. Menurut Henderson (Sadulloh:2010) pendidikan merupakan suatu pertumbuhan dan perkembangan sebagai hasil interaksi individu dengan lingkungan sosial dan lingkungan fisik, berlangsung sepanjang hayat sejak manusia lahir.
Dalam Unadang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dikatakan bahwa : Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Pendidik pada hakikatnya mengandung tiga unsur, yaitu mendidik, mengajar dan melatih. Ketiga istilah itu mempunyai arti yang berbeda. Mengajar berarti memberi pelajaran tentang berbagai ilmu yang bermanfaat bagi perkembangan kemampuan berpikirnya. Disebut juga pendidikan intelektual. Tujuan pengajaran yang menggarap kehidupan intelek anak ialah supaya anak kelak sebagai orang dewasa memiliki kemampuan berpikir seperti yang diharapkan dari orang dewasa secara ideal, yaitu diantaranya mampu berpikir logis, obyektif, kritis, sistematis analitis, sintetis, integratif dan inovatif.
Melatih atau latihan ialah untuk memperoleh keterampilan dengan melatihkan sesuatu secara berulang-ulang, sehingga terjadi mekanisasi atau pembiasaan. Tujuan latihan ialah untuk memperoleh tentang sesuatu. Keterampilan adalah sesuatu perbuatan yang berlangsung secara mekanis, yang mempermudah kehidupan sehari-hari dan dapat pula membantuproses belajar, seperti kemampuan berhitung, membaca, mempergunakan bahasa dan sebagainya.
Mendidik ingin mencapai kepribadian yang terpadu, yang terintegrasi yang sering dirumuskan untuk mencapai kepribadian yang dewasa. Tujuan mendidik adalah untuk mencapai kedewasaan diartikan secara mandiri dapat melaksanakan tugas hidupnya

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive