Belajar kooperatif
merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pembelajaran aktif, kreatif,
efektif dan menyenangkan. Belajar
kooperatif memberikan kesempatan pada siswa untuk saling berinteraksi, dimana
siswa belajar dengan kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan berbeda.
Belajar belum dikatakan tuntas atau selesai bila salah satu siswa dalam
kelompok belum menguasai bahan pembelajaran.
Pembelajaran
kooperatif memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan beberapa
kecakapan hidup diantaranya kecakapan berkomunikasi dan kecakapan
bekerjasama. juga dapat mengembangkan
kemampuan menuangkan gagasan dan pendapat melalui diskusi-diskusi
Sintaks Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
Tahap-tahap
|
Perilaku Guru
|
Tahap 1
Menyampaikan tujuan dan
memotivasi siswa
|
Menyampaikan semua tujuan
yang ingin dicapai selama pembelajaran dan memotivasi siswa belajar
|
Tahap 2
Menyajikan informasi
|
Menyajikan informasi
kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan
|
Tahap 3
Mengorganisasikan siswa
kedalam kelompok – kelompok belajar
|
Menjelaskan kepada siswa
bagamana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar
melakukan transisi secara efisien
|
Tahap 4
Membimbing kelompok
bekerja dan belajar
|
Membimbing kelompok
belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka
|
Tahap 5
Evaluasi
|
Mengevaluasi hasil belajar
tentang materi yang telah dipelajari/meminta kelompok presentasi hasil kerja
|
Tahap 6
Memberikan penghargaan
|
Menghargai baik upaya maupun
hasil belajar individu dan kelompok
|
No comments:
Post a Comment