Pentingnya arti bermain bagi anak mendorong seorang tokoh
psikologi dan filsafat terkenal Johan
Huizinga untuk ikut merumuskan teori bermain. Ia mengemukakan bahwa bermain
adalah hal dasar yang membedakan manusia dengan hewan. Melalui kegiatan bermain
tersebut terpancar kebudayaan suatu bangsa. Namun beberapa orang tidak dapat
membedakan kegiatan bermain dengan kegiatan tidak bermain. Pendidikan
prasekolah yang menerapkan prinsip pendidikan anak dengan belajar yang bermain,
mengalami kerancuan dalam makna. Untuk itu perlu diklasifikasikan antara
kegiatan bermain dengan kegiatan yang bukan bermain. Menurut Rubin, Fein, & Vandenverg dalam Hughes
ada 5 ciri utama bermain yang dapat mengidentifikasikan kegiatan bermain dan
yang bukan bermain :
1. Bermain didorong oleh motivasi dari dalam diri anak. Anak
akan melakukannya apabila hal itu memang betul-betul memuaskan dirinya. Bukan
untuk mendapatkan hadiah atau karena diperintahkan oleh orang lain.
2. Bermain dipilih secara bebas oleh anak. Jika seorang anak
dipaksa untuk bermain, sekalipun mungkin dilakukan dengan cara yang halus, maka
aktivitas itu bukan lagi merupakan kegiatan bermain. Kegiatan bermain yang
ditugaskan oleh guru TK kepada murid-muridnya, cenderung akan dilakukan oleh
anak sebagai suatu pekerjaan, bukan sebagai bermain. Kegiatan tersebut dapat
disebut bermain jika anak diberi kebebasan sendiri untuk memilih aktivitasnya.
- Bermain adalah suatu kegiatan yang menyenangkan.
Anak merasa gembira dan bahagia dalam melakukan aktivitas bermain
tersebut, tidak menjadi tegang atau stress. Biasanya ditandai dengan
tertawa dan komunikasi yang hidup.
- Bermain tidak selalu harus menggambarkan hal yang
sebenarnya. Khususnya pada anak usia prasekolah sering dikaitkan dengan
fantasi atau imajinasi mereka. Anak mampu membangun suatu dunia yang
terbuka bagi berbagai kemungkinan yang ada, sesuai dengan mimpi-mimpi
indah serta kreativitas mereka yang kaya.
- Bermain senantiasa melibatkan peran aktif anak, baik
secara fisik, psikologis, maupun keduanya sekaligus.
No comments:
Post a Comment