Sunday, May 21, 2017

Kode Etik Penyuntingan


Kode etik adalah norma-norma yang diterima oleh kelompok oleh kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku. Kode etik penyun¬tingan adalah norma-norma yang diterima oleh kelompok penyunting sebagai landasan dalam melakukan penyuntingan.
Penyuntingan di sekolah lebih banyak ditujukan pada penerbitan majalah sekolah dan majalah dinding. Majalah sekolah sangat bermanfaat bagi interaksi siswa dan guru, yaitu sebagai berikut. Majalah sekolah bermanfaat untuk sekolah dan siswa, antara lain sebagai alat informasi dan komunikasi sekolah, mempertajam penalaran siswa, mengem¬bang¬kan bidang jurnalistik, alat penyalur inspirasi siswa, mempermudah hubungan dialogis antarkomponen di sekolah, memanfaatkan waktu luang, dan kegiatan ekstrakurikuler.
Kode etik penyuntingan di sekolah dikenakan pada guru penyunting, dengan uraian sebagai berikut. Seorang penyunting harus mengetahui tujuan pekerjaannya, harus memiliki pikiran terbuka, tidak boleh memenangkan pendapatnya sendiri, tidak boleh mendiamkan sebuah naskah, harus merahasiakan informasi, harus bekerja dengan disiplin waktu, harus berani bertindak secara jujur, harus memiliki sifat pembina terhadap penulis, harus memiliki kedudukan sebagai pendamping penulis, harus langsung bertindak sebagai anggota redaksi, harus bertindak dengan sebaik-baiknya, harus tidak memberikan instruksi kepada penulis, harus membiarkan gaya penulis, harus selalu berpihak pada penulis, dan harus mengetahui batasan kosakata yang dikuasai oleh siswa.
Kode etik penyuntingan dalam penerbitan ditujukan kepada penerbit surat kabar, penerbit majalah, dan penerbit buku. Kode etik penyuntingan dalam penerbitan ini tidak jauh berbeda dengan kode etik penyuntingan di sekolah. Hanya beberapa buah yang berbeda. Secara keseluruhan, kode etik itu dapat diutarakan sebagai berikut. Seorang penyunting harus mengetahui tujuan pekerjaannya, harus memiliki pikiran terbuka, harus tidak memenangkan pendapatnya sendiri, tidak boleh mendiamkan suatu naskah, harus merahasiakan informasi, harus bekerja dengan disiplin waktu, harus berani bertindak secara jujur, harus memiliki kewenangan dalam mempersiapkan naskah, hanya bertanggung jawab pada format, tidak harus menuntut pencantuman namanya dalam hasil suntingan, harus bertindak dengan sebaik-baiknya, harus tidak memberikan instruksi kepada penulis, harus membiarkan gaya penulis, harus selalu berpihak pada penulis, tidak boleh menghilangkan tulisan yang disuntingnya.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive