RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs : SMP Negeri
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Kelas/Semester :
VII (Ganjil )
Alokasi Waktu : 3 x 2 x 40 menit (3 x pertemuan )
Standar Kompetensi
1.
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi Dasar
1.1.2 Mempraktikkan kombinasi teknik dasar salah satu permainan
dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
Indikator
·
Melakukan latihan koordinsi dan kombinasi teknik
dasar passing bola voli (berpasangan dan berkelompok) dengan
baik.(rasa ingin tahu, kerja keras dan tekun)
·
Bermain bolavoli dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk menumbuhkan nilai kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat
dan peralatan
A. Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar passing
bawah dan atas bolavoli, dengan benar
b.
Siswa dapat bermain bolavoli dengan baik menggunakan
peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi
Pembelajaran
Permainan
Bolavoli
·
Passing bolavoli
·
Bermain
bola voli menggunakan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode
Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Perminan (Game)
5. Saling menilai sesama teman
(Resiprocal)
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a.
Apersepsi
- Berbaris mengecek
kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk
memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali pengetahuan
awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa
ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang
kompetensi yang akan dicapai
a.
Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan
yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2.
Kegiatan Inti
a. Melakukan kombinasi
teknik dasar (passing atas dan bawah ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut
:
- Melakukan passing atas
dan bawah dengan cara menangkap lalu mendorong yang diawali dengan bola
dilambung di tempat
(berpasangan/kelompok)
- Melakukan passing atas
dan bawah dengan cara mendorong bola di tempat (berpasangan/kelompok)
- Melakukan passing atas
dan bawah sambil bergerak (perorangan/kelompok)
- Melakukan passing atasdan
bawah langsung (berpasangan/kelompok )
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)
Bermain bolavoli dengan peraturan yang
dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing atas dan passing bawah kecil (Sportif, Kerjasama,
dan Percaya diri)
Kegiatan Konfirmasi
a.
Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.
Memberi tugas
latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis
materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.
Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan
Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a.
Apersepsi
- Berbaris mengecek
kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk
memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali pengetahuan
awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa
ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang
kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan
yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2. Kegiatan Inti
a. Kombinasi teknik dasar
(passing atas, bawah) dengan rincian
kegiatan sebagai berikut :
- Melakukan passing atas
dan bawah dengan cara mendorong bola dan diakhiri dengan pukulan smash kepada teman
yang berhadapan secara bergantian (berpasangan/kelompok)
- Melakukan passing atas,
bawah dengan tugas masing-masing secara bergantian (berpasangan/kelompok)
- Melakukan passing atas
dan bawah diawali dengan bola dipukul
servis teman dari seberang lapangan melewati atas net (berpasangan/kelompok)
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)
Bermain bolavoli dengan peraturan yang
dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing atas dan bawah serta
smash. (Sportif, Kerjasama, dan
Percaya diri)
Kegiatan Konfirmasi
a.
Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
a.
Memberi tugas
latihan gerak sebagai penguatan materi
b.
Menganalisis
materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
c.
Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan
Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 3 (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a. Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali
pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.
Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun dan
Kerja keras)
- Memberikan pemanasan
yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2. Kegiatan Inti
a. Kombinasi teknik dasar passing
dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
- Melakukan passing atas,
bawah diawali bola dilambung dari seberang lapangan (kelompok)
- Melakukan passing atas,
bawah dan smash diawali bola dilempar dari seberang lapangan (kelompok)
- Melakukan passing
atas, bawah dan smash diawali dengan
bola dipukul servis teman dari seberang lapangan melewati atas net (kelompok)
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)
Bermain bolavoli dengan peraturan yang
dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing. (Sportif, Kerjasama, dan Percaya diri)
Kegiatan Konfirmasi
a. Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b. Memberi
tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c. Menganalisis
materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.
Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan
Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
-
Ruang terbuka yang datar dan aman
-
Bola
-
Buku teks
-
Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
-
Lembar Kerja Proses Belajar, Roji,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan teknik dasar passing, servis dan
smash, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilain
proses) dan ketepatan melakukan gerakan.(penilaian produk)
No
|
Nama Siswa
|
Passing
|
Servis
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (passing
atas dan bawah ke sasaran tembok) selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 23 Kali
|
... > 20 Kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
20 – 22 Kali
|
17 – 19 Kali
|
90%
|
Baik
|
17 – 19 Kali
|
14 – 16 Kali
|
80%
|
Cukup
|
14 – 16 Kali
|
11 – 13 Kali
|
70%
|
Kurang
|
... < 14 Kali
|
... < 11 Kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Penilaian produk/prestasi teknik
dasar servis bawah melewati jaring sebanyak 6 kali
(skor maksimal 6 x 5 = 30)
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 23 Angka
|
... > 20 Angka
|
100%
|
Sangat Baik
|
20 – 22 Angka
|
17 – 19 Angka
|
90%
|
Baik
|
17 – 19 Angka
|
14 – 16 Angka
|
80%
|
Cukup
|
14 – 16 Angka
|
11 – 13 Angka
|
70%
|
Kurang
|
... < 14 Angka
|
... < 11 Angka
|
60%
|
Kurang Sekali
|
- Pengamatan sikap
(afeksi):
Mainkan
permainan bolavoli dengan peraturan yang telah dimodifikasi. Taati aturan permainan, kerjasama dengan
teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan
menghargai teman
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
|||||||||||||||||
Disiplin
|
Jujur
|
Kerjasama
|
T. Jwab
|
Sportif
|
Aturan
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
- Tes Pengetahuan (kognitif):
Jawab secara lisan atau peragakan
dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan
bolavoli
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No. 5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
Butir Pertanyaan :
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Jelaskan asal usul lahirnya permainan bola voli !
|
2
|
Sebutkan macam-macam variasi passing
permainan bola voli ?
|
3
|
Jelaskan cara melakukan latihan kombinasi
passing !
|
|
|
|
|
2. Rekapitulasi Nilai
:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)
= ----------------------------------------------
Tiga
Aspek Penilian
Keterangan :
a. Sangat Baik = 91 – 100 %
b. Baik = 80 – 90 %
b. Cukup = 70 – 79 %
c.
Kurang = 60 – 69 %
d. Kurang Sekali = Kurang dari 60%
No comments:
Post a Comment