Thursday, May 18, 2017

Cara Mengatasi Konflik




        Konflik bisa dialami oleh siapa saja, baik itu oleh orang dewasa ataupun oleh remaja. Pada usia remaja konflik akan sering terjadi karena secara emosi mereka bisa dibilang belum stabil oleh karena itu konflik sering dialami oleh para remaja. Pada topik ini akan diberikan beberapa kiat untuk mengatasi konflik yang sering dialami individu, kiat-kiat itu adalah sebagai berikut :
1.   tetap percaya : tetap percaya pada seseorang yang sedang bermasalah dengan kita, ingat bahwa hubungan persahabatan atau persaudaraan tidak akan selalu berjalan dengan mulus, oleh karena itu anda harus tetap percaya bahwa masing-masing bisa menjaga hubungan yang harmonis tersebut.
2.   bicara dari hati ke hati : ketika sedang mengalami konflik dengan seseorang usahakan anda untuk bisa membicarakannya dengan baik yaitu dari hati ke hati, sehingga dengan demikian anda akan mengerti apa yang sebenarnya teman anda inginkan.
3.   curhat yang benar : curhat memang perlu tetapi hati-hati jika curhat dilakukan dalam suasana yang tidak tepat maka itu malah akan menjadi boomerang bagi kalian.
4.   cari tempat yang enak : untuk menyelesaikan pertentangan yang sedang anda hadapi dalam membicarakan perlu melihat lingkungan apakah mendukung untuk anda dapat memebicarakannya.
5.   kenang hal-hal yang lucu yang pernah anda alami dengan teman anda tersebut.
6.   beri maaf : hal yang paling penting adalah memberikan maaf pada teman anda yang sedang bermasalah dengan anda, sehingga ketika anda saling memaafkan maka konflik yang sedang terjadi bisa diatasi.
7.   instrospeksi : jangan langsung menyalahkan teman andalah yang menyebabkan konflik tersebut terjadi  tetapi usahakan bahwa anda juga bisa koreksi diri siapa tahu anda yang salah.
8.   jalin komunikasi : komunikasi sangat diperlukan sehingga dengan komunikasi tersebut anda akan dapat saling mengerti keinginan masing-masing.


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive