Thursday, May 11, 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BOLA BASKET KLS 7 SMS 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
            
SMP/MTs                               :   SMP Negeri 
Mata Pelajaran                      :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                      :   VII (Ganjil)
Alokasi Waktu                       :   3 x 2 x 40 menit (3x pertemuan )


Standar Kompetensi            
1.      Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
1.1.3 Mempraktikkan  kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan  baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

Indikator
·   Melakukan latihan koordinasi dan kombinasi teknik dasar melempar (dada, pantul dan dari atas kepala), menangkap, menggiring dan menembak bola (dengan dua tangan dari atas depan kepala dan lay-up shoot)  (berpsangan/berkelompok) dengan baik. (rasa ingin tahu, tanggung jawab dan tekun)
·   Bermain dengan peraturan yang di modifikasi untuk menumbuhkan nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

A.  Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul, dari atas kepala) dan menggiring dengan baik dan  benar
b.      Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar menggiring dan shooting dengan dua tangan dengan baik dan benar
c.       Siswa dapat melakukan kombinasi teknik menggiring, lay-up dan shooting dengan baik dan benar
d.      Siswa dapat melakukan bermain dengan peraturan yang dimodifikasi dengan benar

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
B.           Materi Pembelajaran
Permainan bolabasket
·         Kombinasi, passing (dada, pantul, dari atas kepala) dengan baik
·         Kombinasi teknik dasar,menggiring, shooting dengan dua tangan dan lay-up shoot dengan baik
·         Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

C.     Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (Game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)








D.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1.    Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Explorasi
a.   Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
   - Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.      Motivasi
-    Memberikan motivasi  kepada siswa untuk mengikuti  pembelajaran (tekun dan Kerja keras)
-    Memberikan pemanasan yang  sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung  jawab)

2.     Kegiatan Inti
a.       Melakukan kombinasi, passing (dada, pantul, dari atas kepala) dan menggiring dengan baik secara berpasangan atau kelompok, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

                                                                                         






b.Melakukan passing di tempat (berpasangan/kelpmpok)
c. Melakukan passing bergerak ke depan, belakang dan samping (berpasangan/kelompok)
d.Melakukan passing dan menggiring sambil bergerak formasi berbanjar, lingkaran atau segi tiga
e. Melakukan passing (dada, pantul dan di atas kepala) dan menggiring secara berkelompok
Kegiatan Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b)      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c)      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d)      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e)      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f)       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)      Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing dan menggiring. (Sportif, Kerjasama, dan Percaya diri)

Kegiatan Konfirmasi
a.    Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.    Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.    Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.    Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari

3.    Kegiatan Penutup
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan 2 (2 x 40 menit)

1.    Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Explorasi
a.   Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
   - Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.      Motivasi
-    Memberikan motivasi  kepada siswa untuk mengikuti  pembelajaran (tekun dan Kerja keras)
-    Memberikan pemanasan yang  sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung  jawab)

2.    Kegiatan Inti
a.       Melakukan kombinasi, teknik dasar menggiring dan shooting dengan dua tangan dengan baik secara berpasangan atau kelompok, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :






b.Melakukan menggiring dan shooting dengan dua tangan di tempat (berpasangan/kelompok)
c. Melakukan menggiring dan shooting dengan dua tangan sambil bergerak formasi berbanjar (berkelompok)
d.Melakukan menggiring dan shooting dengan dua tangan formasi lingkaran(berkelompok)
e. Melakukan menggiring dan shooting dengan dua tangan formasi berbanjar menghadap net atau ring basket (berkelompok)
Kegiatan Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b)      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c)      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d)      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e)      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f)       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)      Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing, menggiring dan shooting. (Sportif, Kerjasama, dan Percaya diri)

Kegiatan Konfirmasi
a.    Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.    Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.    Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.    Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari

3.    Kegiatan Penutup
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan 3 (2 x 40 menit)
1.    Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Explorasi
a.   Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
   - Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.      Motivasi
-    Memberikan motivasi  kepada siswa untuk mengikuti  pembelajaran (tekun dan Kerja keras)
-    Memberikan pemanasan yang  sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung  jawab)

2.      Kegiatan Inti
a.       Melakukan kombinasi, teknik dasar lay-up shoot dengan baik secara berpasangan atau kelompok, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :







-          Melakukan lay-up shoot dengan cara melangkah (berpasangan/kelompok)
-          Melakukan lay-up shoot sambil berlari formasi berbanjar (berkelompok)
-          Melakukan menggiring dan lay-up shoot formasi berbanjar(berkelompok)
b.      Melakukan passing, menggiring dan lay-up shoot secara berpasangan atau kelompok dengan rincian sebagai berikut :








-          Melakukan passing (dada, pantul dan overhead) dilanjutkan menggiring bola dan diakhiri lay up shoot sambil jalan (berpasangan/berkelompok)
-          Melakukan passing (dada, pantul dan overhead) dilanjutkan menggiring bola dan diakhiri lay up shoot sambil berlari kecil (berpasangan/berkelompok)
-          Melakukan passing (dada, pantul dan overhead) dilanjutkan menggiring bola dan diakhiri lay up shoot sambil berlari cepat (berpasangan/berkelompok)
-          Melakukan passing (dada, pantul dan overhead) dilanjutkan menggiring bola dan diakhiri lay up shoot sambil bergerak cepat / kordinasi gerak  (berpasangan/berkelompok)
Kegiatan Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b)      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c)      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d)      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e)      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f)       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)      Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing, menggiring dan lay up shoot. (Sportif, Kerjasama, dan Percaya diri)

Kegiatan Konfirmasi
a.    Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.    Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.    Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.    Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari

3.    Kegiatan Penutup
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;


E. Sumber Belajar
-         Ruang terbuka/lapangan
-         Buku teks
-         Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
-         Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

F.  Penilaian
      1.   Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
   Lakukan teknik dasar teknik dasar melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan(penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi)
No
Nama Siswa
Lempar tangkap
Menggiring
Menembak
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                                                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses               =  ----------------------------------------- X 100%
                                                        Jumlah skor maksimal

Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (melempar dan menangkap bola ke sarsaran tembok) selama 30 detik.
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifiksi Nilai
Putera
Puteri
... > 28 Kali
... > 23 Kali
100%
Sangat Baik
25 – 27 Kali
20 – 22 Kali
90%
Baik
22 – 24 Kali
17 – 19 Kali
80%
Cukup
19 – 21 Kali
14 – 16 Kali
70%
Kurang
... < 19 Kali
... < 14 Kali
60%
Kurang Sekali
Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (menggiring bola) melewati rintang selama 30 detik.
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifiksi Nilai
Putera
Puteri
... > 23 Rintangan
... > 20 Rintangan
100%
Sangat Baik
20 – 22 Rintangan
17 – 19 Rintangan
90%
Baik
17 – 19 Rintangan
14 – 16 Rintangan
80%
Cukup
14 – 16 Rintangan
11 – 13 Rintangan
70%
Kurang
... < 14 Rintangan
... < 11 Rintangan
60%
Kurang Sekali
Kriteria Penilaian Produk/Prestasi teknik dasar menembak ke  ring basket (Bangshoot) selama 30 Detik
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifiksi Nilai
Putera
Puteri
... > 20 Masuk
... > 17 Masuk
100%
Sangat Baik
17 – 19 Masuk
14 – 16 Masuk
90%
Baik
14 – 16 Masuk
11 – 13 Masuk
80%
Cukup
11 – 13 Masuk
8 – 10 Masuk
70%
Kurang
... < 11 Masuk
... < 8 Masuk
60%
Kurang Sekali

- Pengamatan sikap (afeksi): 
   Mainkan permainan Bolabasket dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman

No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang dinilai
NA
Disiplin
Jujur
Kerjasama
T. Jwab
Sportif
Aturan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3

























































































Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
                    
-  Tes Pengetahuan (kognitif):
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang dinilai
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No. 5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3














































































Jumlah skor yang diperoleh
                                  Penilaian Kognitif=  ------------------------------------- X 100 %
Jumlah skor maksimal

Butir Pertanyaan :
No
Butir Pertanyaan
1
Sebutkan bentuk-bentuk latihan mengoper dan menerima permainan bola basket ?
2
Sebutkan bentuk-bentuk latihan menggiring permainan bola basket ?
3
Sebutkan bentuk-bentuk latihan menembak  permainan bola basket ?
4
Jelaskan cara melakukan menembak  permainan bola basket !
5
Jelaskan  cara melakukan melempar, menangkap dilanjutkan menembak ke ring !

2.  Rekapitulasi Nilai :
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif

































                                                                                Jumlah Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)     = ----------------------------------------------
                                                     Tiga Aspek Penilian

Keterangan :
a.       Sangat Baik                          =     91 – 100 %
b.       Baik                                       =     80 – 90 %
c.        Cukup                                    =     70 – 79 %
d.       Kurang                                   =     60 – 69 %
e.        Kurang Sekali                       =    Kurang dari 60%


No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive