RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs : SMP Negeri
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Kelas/Semester : VII (Ganjil)
Alokasi Waktu : 3 x 2 x 40 menit (3x pertemuan )
Standar Kompetensi
1.
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
1.1.3 Mempraktikkan
kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola
besar lanjutan dengan baik serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
Indikator
·
Melakukan latihan koordinasi dan kombinasi teknik
dasar melempar (dada,
pantul dan dari atas kepala), menangkap, menggiring dan menembak bola (dengan dua tangan
dari atas depan kepala dan lay-up shoot)
(berpsangan/berkelompok) dengan baik. (rasa
ingin tahu, tanggung jawab dan tekun)
·
Bermain dengan peraturan yang di
modifikasi untuk menumbuhkan nilai kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat
dan peralatan
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar passing
(dada, pantul, dari atas kepala) dan menggiring dengan baik dan benar
b. Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar menggiring dan shooting dengan dua tangan dengan baik dan benar
c. Siswa dapat melakukan
kombinasi teknik menggiring, lay-up dan shooting dengan baik dan benar
d.
Siswa dapat melakukan bermain
dengan peraturan yang dimodifikasi dengan benar
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B.
Materi Pembelajaran
Permainan bolabasket
·
Kombinasi,
passing (dada, pantul, dari atas kepala) dengan baik
·
Kombinasi teknik dasar,menggiring, shooting dengan dua tangan dan lay-up
shoot dengan baik
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja
sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
C. Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2.
Ceramah
3.
Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (Game)
5. Saling menilai sesama teman
(Resiprocal)
D. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a. Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali
pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.
Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan
yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2. Kegiatan Inti
a.
Melakukan kombinasi, passing (dada, pantul, dari atas
kepala) dan menggiring dengan baik secara
berpasangan atau kelompok, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
b.Melakukan passing di
tempat (berpasangan/kelpmpok)
c. Melakukan passing
bergerak ke depan, belakang dan samping (berpasangan/kelompok)
d.Melakukan passing dan menggiring sambil bergerak formasi berbanjar, lingkaran atau
segi tiga
e. Melakukan passing (dada, pantul dan di atas kepala) dan menggiring
secara berkelompok
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)
Bermain bola
basket dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar
passing dan menggiring. (Sportif, Kerjasama, dan
Percaya diri)
Kegiatan Konfirmasi
a. Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b. Memberi
tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d. Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan
Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai
dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a. Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali
pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.
Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan
yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2. Kegiatan Inti
a.
Melakukan kombinasi, teknik dasar menggiring dan shooting dengan dua
tangan dengan baik secara berpasangan atau kelompok, dengan rincian kegiatan
sebagai berikut :
b.Melakukan menggiring dan shooting dengan dua tangan di tempat
(berpasangan/kelompok)
c. Melakukan menggiring dan shooting dengan dua tangan sambil bergerak formasi
berbanjar (berkelompok)
d.Melakukan menggiring dan shooting dengan dua tangan formasi lingkaran(berkelompok)
e. Melakukan menggiring dan shooting dengan dua tangan formasi berbanjar menghadap
net atau ring basket (berkelompok)
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)
Bermain bola
basket dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar
passing, menggiring dan shooting. (Sportif, Kerjasama,
dan Percaya diri)
Kegiatan Konfirmasi
a. Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b. Memberi
tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d. Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 3 (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a. Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali
pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.
Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan
yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2.
Kegiatan Inti
a.
Melakukan kombinasi, teknik dasar lay-up shoot dengan
baik secara berpasangan atau kelompok, dengan rincian kegiatan sebagai berikut
:
-
Melakukan lay-up shoot dengan cara melangkah (berpasangan/kelompok)
-
Melakukan lay-up shoot sambil berlari formasi berbanjar (berkelompok)
-
Melakukan menggiring dan lay-up shoot formasi berbanjar(berkelompok)
b. Melakukan passing, menggiring dan lay-up
shoot secara berpasangan atau kelompok dengan
rincian sebagai berikut :
-
Melakukan passing
(dada, pantul dan overhead) dilanjutkan menggiring bola dan diakhiri lay up
shoot sambil jalan (berpasangan/berkelompok)
-
Melakukan passing
(dada, pantul dan overhead) dilanjutkan menggiring bola dan diakhiri lay up
shoot sambil berlari kecil (berpasangan/berkelompok)
-
Melakukan passing
(dada, pantul dan overhead) dilanjutkan menggiring bola dan diakhiri lay up
shoot sambil berlari cepat (berpasangan/berkelompok)
-
Melakukan passing
(dada, pantul dan overhead) dilanjutkan menggiring bola dan diakhiri lay up
shoot sambil bergerak cepat / kordinasi gerak
(berpasangan/berkelompok)
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)
Bermain bola
basket dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar
passing, menggiring dan lay up shoot. (Sportif,
Kerjasama, dan Percaya diri)
Kegiatan Konfirmasi
a. Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b. Memberi
tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d. Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan
Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber Belajar
-
Ruang
terbuka/lapangan
-
Buku teks
-
Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
-
Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan teknik dasar teknik dasar melempar, menangkap, menggiring, dan menembak
bola ke ring basket, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan
gerakan(penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan
(penilaian produk/prestasi)
No
|
Nama Siswa
|
Lempar tangkap
|
Menggiring
|
Menembak
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (melempar
dan menangkap bola ke sarsaran tembok) selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 28 Kali
|
... > 23 Kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
25 – 27 Kali
|
20 – 22 Kali
|
90%
|
Baik
|
22 – 24 Kali
|
17 – 19 Kali
|
80%
|
Cukup
|
19 – 21 Kali
|
14 – 16 Kali
|
70%
|
Kurang
|
... < 19 Kali
|
... < 14 Kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar
(menggiring bola) melewati rintang selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 23 Rintangan
|
... > 20 Rintangan
|
100%
|
Sangat Baik
|
20 – 22 Rintangan
|
17 – 19 Rintangan
|
90%
|
Baik
|
17 – 19 Rintangan
|
14 – 16 Rintangan
|
80%
|
Cukup
|
14 – 16 Rintangan
|
11 – 13 Rintangan
|
70%
|
Kurang
|
... < 14 Rintangan
|
... < 11 Rintangan
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Kriteria Penilaian Produk/Prestasi teknik dasar
menembak ke ring basket (Bangshoot)
selama 30 Detik
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 20 Masuk
|
... > 17 Masuk
|
100%
|
Sangat Baik
|
17 – 19 Masuk
|
14 – 16 Masuk
|
90%
|
Baik
|
14 – 16 Masuk
|
11 – 13 Masuk
|
80%
|
Cukup
|
11 – 13 Masuk
|
8 – 10 Masuk
|
70%
|
Kurang
|
... < 11 Masuk
|
... < 8 Masuk
|
60%
|
Kurang Sekali
|
- Pengamatan sikap
(afeksi):
Mainkan
permainan Bolabasket dengan peraturan yang telah dimodifikasi. Taati aturan permainan, kerjasama dengan
teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan
menghargai teman
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
|||||||||||||||||
Disiplin
|
Jujur
|
Kerjasama
|
T. Jwab
|
Sportif
|
Aturan
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
- Tes Pengetahuan (kognitif):
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No. 5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Penilaian
Kognitif= -------------------------------------
X 100 %
Jumlah skor maksimal
Butir Pertanyaan :
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Sebutkan bentuk-bentuk latihan mengoper dan menerima permainan bola
basket ?
|
2
|
Sebutkan bentuk-bentuk latihan menggiring permainan bola basket ?
|
3
|
Sebutkan bentuk-bentuk latihan menembak
permainan bola basket ?
|
4
|
Jelaskan cara melakukan menembak
permainan bola basket !
|
5
|
Jelaskan cara melakukan melempar,
menangkap dilanjutkan menembak ke ring !
|
2. Rekapitulasi Nilai
:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)
= ----------------------------------------------
Tiga Aspek Penilian
Keterangan :
a.
Sangat Baik = 91 – 100 %
b.
Baik = 80 – 90 %
c.
Cukup = 70 – 79 %
d.
Kurang = 60 – 69 %
e.
Kurang Sekali = Kurang dari 60%
No comments:
Post a Comment