RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VII(Tujuh) / 1 (Ganjil )
Waktu : 3 x 40 menit ( 1 x pertemuan )
Materi Pokok : P3K, Hakikat dan Prinsip-prinsip P3K, Peralatan P3K dan cara penggunaannya
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati
dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas
jasmani, permainan, dan olahraga:
a.
Pembiasaan
perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b.
Selalu
berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir
2.1
Bertanggung jawab dalam penggunaan
sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang
lain, dan lingkungan sekitar:
2.6
Disiplin selama
melakukan berbagai aktivitas fisik:
3.1. memahami tindakan P3K pada
kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain
4.1 Mencoba mempraktikan tindakan P3K pada
kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain
C. Indikator
A. Hakikat P3K
B. Prinsip-prinsip P3K
C. Tujuan P3K
D. Peralatan P3K dan Cara
penggunaannya
D. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.
Membiasakan berdoa
sebelum melakukan aktivitas
2. Memahami pengertian, Prinsip-prinsip
dan Tujuan P3K
3. Mengetahui jenis – jenis peralatan
P3K
4. Mengetahui Obat-obatan P3K
5. Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
6. Menjelaskan tentang fungsi dan kegunaan dari peralatan P3K.
D. MateriPembelajaran
:
1. Hakikat dan
Pengertian P3K
a. Persiapan :
Peserta didik dibagi menjadi
beberapa kelompok dan setiap kelompok diberi kertas untuk menuliskan Hakikat
dan pengertian P3K menurut kelompoknya masing-masing
b. Pelaksanaan:
Perwakilan
Peserta didik dari tiap kelompok diminta untuk memberikan pendapatnya tentang
Hakikat dan pengertian P3K sesuai dengan yang sudah ditulis oleh kelompoknya
masing-masing
2. Peralatan P3K dan
Cara Penggunaannya
a. Persiapan :
·
Peserta
didik secara kelompok diminta untuk menuliskan jenis-jenis peralatan P3K yang
biasa digunakan dalam Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan / ( Pingsan )
·
Peserta
didik secara kelompok diminta untuk menuliskan Obat-obatan P3K yang biasa
digunakan dalam Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan / (Pingsan)
·
b. Pelaksanaan :
·
Peserta
didik secara kelompok diminta untuk mengemukakan Pendapatnya kegunaan dari
jenis peralatan dan Obat-obatan P3K yang biasa digunakan dalam Pertolongan
Pertama Pada Kecelakaan / (Pingsan)
·
Peserta
didik secara kelompok mengklasifikasikan
Jenis peralatan dan Obat-obatan tersebut sesuai dengan kegunaannya
E. MetodePembelajaran.
1. Pendekatan: saintifik (scientific)
2. Model Problem Based Learning
3. MetodeResiprokal
F. Media, Alat, danSumberPembelajaran
1.
Media : Gambar Jenis peralatan dan Obat-obatan P3K
2.
Alat/ Bahan : ........................................................................
3.
SumberBelajar : 1.
Mohammad Nuh, Buku Guru PendidikanJasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Kelas VII SMP, Jakarta: Januari Kemdikbud, 2014
G. Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Menyapa dan mengucap salam.
·
Berbaris, berdoa, presensi, dan Apersepsi dengan
mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian
Peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
·
Memberikan motivasi, menjelaskan tujuan dan manfaat materi pembelajaran.
·
Menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan ( membagikan
kertas )
|
10 menit
|
Inti
|
·
Perwakilan
Peserta didik dari tiap kelompok diminta
untuk memberikan pendapatnya tentang Hakikat
dan
pengertian P3K sesuai dengan yang sudah
ditulis oleh
masing-masing kelompok
·
Perwakilan Peserta didik dari tiap kelompok diminta untuk mengemukakan Pendapatnya kegunaan dari jenis
peralatan dan Obat-obatan P3K yang biasa digunakan dalam penanganan
Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan
·
Peserta
didik secara kelompok menjelaskan mengklasifikasikan Jenis peralatan dan Obat-obatan tersebut
sesuai dengan fungsinya.
1. Melakukan
rangkaian kegiatan pembelajaran dengan pendekatan scientific dan dengan metode resiprokal
2.
a. Mengamati
·
Mencari
dan Membaca tentang materi dasar P3K
·
Mengamati
media gambar
b. Menanya
·
Pertanyaan
yang berhubungan dengan afektif :
Apa
saja yang harus disiapkan dalam melakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan
? (Pingsan)
·
Pertanyaan
yang berhubungan dengan keterampilan: Bagaimana cara melakukan Pertolongan
Pertama Pada Kecelakaan ? (Pingsan)
·
Pertanyaan
yang berhubungan dengan kognitif:
Apa manfaat bagi kita dalam melakukan Perolongan Pertama
pada Kecelakaan ? (Pingsan)
c. Mengumpulkan
informasi/ Mencoba
· Menyebutkan berbagai
jenis obat-obatan dan alat-alat P3K yang diperlukan
· Melakukan Kegiatan
Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan
/ ( pingsan )
d. Mengasosiasi/
Menalar:
·
Menghubungkan
informasi dan kegiatan keterampilan dalam melakukan pertolongan pertama ! (
pingsan )
.
e. Mengomunikasikan:
· Siswa menjelaskan
berbagai macam obat-obatan dan alat-alat yang digunakan dalam P3K
·
Siswa menjelaskan hasil
pembelajaran tentang P3K
( Khususnya
penanganan terhadap siswa yang pingsan )
3.
Guru melakukan penilaian (pengetahuan, sikap, dan
keterampilan) selama pembelajaran berlansung.
|
85 menit
|
Penutup
|
· Merangkum dan
menyimpulkan materi pembelajaran secara bersama-sama.
· Melakukan refleksi oleh guru dengan
melibatkan peserta didik tentang materi P3K,( khususnya penanganan terhadap
siswa yang pingsan )
· Memberikan umpan balik dan rencana kegiatan pembelajaran berikutnya
·
Berdoa bersama dan menyampaikan salam.
|
25Menit
|
H. Penilaian
1.
Penilaian spiritual dan Sosial (KI- 1 dan 2)
Petunjuk Penilaian :
Guru membandingkan hasil penilaian sikap
yang dilakukan oleh peserta didik (penilaian diri) dengan hasil pengamatan
sikap yang dilakukan selama proses pembelajaran dan hasilnya dibandingkan
dengan penilaian diri yang dilakukan oleh peserta didik.
Berikan tanda cek ( √ )
pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau
menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) dengan rentang skor antara 1 – 4 (Sangat Baik = 4, Baik = 3,
Cukup = 2, Kurang = 1).
RUBRIK PENILAIAN
No.
|
NamaPesertaDidik
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||||||
Berdo’a
|
Disiplin
|
Tanggung-
jawab
|
Menghargai
Teman
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
|||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||||
Dst
|
|||||||||||||||||||
Skor max = 24
|
|||||||||||||||||||
Nilai = skor perolehan / skor max X 6 =
|
|||||||||||||||||||
Komentar Orang Tua Murid :
|
2. Pedoman
penskoran
a.
Penskoran
Skor 4, jika seluruh indicator ditunjukkan oleh teman yang diamati
Skor 3, jika tiga indicator ditunjukkan oleh teman yang diamati
Skor 2, jika dua indicator ditunjukkan oleh teman yang diamati
Skor 1, jika hanya satu indicator ditunjukkan oleh teman yang diamati
b.
Pengolahanskor
Skor maksimum: 16
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/16 X 4
Rentang nilai sikap:
Nilai
|
Predikat
|
Nilai Sikap
|
0,00˂ Nilai
≤ 1,00
|
D
|
KURANG
|
1,00 ˂ Nilai
≤ 1,33
|
D+
|
|
1,33 ˂ Nilai
≤ 1,66
|
C-.
|
CUKUP
|
1,66 ˂
Nilai ≤ 2,00
|
C
|
|
2,00 ˂ Nilai
≤ 2,33
|
C+
|
|
2,33 ˂ Nilai
≤ 2,66
|
B-
|
BAIK
|
2,66 ˂ Nilai
≤ 3,00
|
B
|
|
3,00 ˂ Nilai
≤ 3,33
|
B+
|
|
3,33 ˂ Nilai
≤ 3,66
|
A-
|
SANGAT BAIK
|
3,66 ˂ Nilai
≤ 4,00
|
A
|
2. Penilaian Pengetahuan (KI-3) :
Petunjuk penilaian :
Setelah mempelajari materi P3K khususnya jenis-jenis peralatan
dan obat-obatan beserta kegunaannya , tugaskan kepada peserta didik untuk
mengerjakan tugas kelompok di bawah ini dengan penuh tanggungjawab.
Butir soal pengetahuan
essay:
1. Apakah pengertian dari
P3K ? !
2. Apakah tujuan P3K ?
3. sebutkan Prinsip-prinsip
P3K !
Penskoran :
Soal 1 : Skor
4, jika penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika penjelasan
benar tetapi kurang lengkap
Skor 2, jika sebagian
penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya
sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
Soal 2 : Skor
4, jika penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika penjelasan
benar tetapi kurang lengkap
Skor 2, jika sebagian
penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya
sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
Soal 3 : Skor 4, jika penjelasan
benar dan lengkap
Skor 3, jika penjelasan
benar tetapi kurang lengkap
Skor 2, jika sebagian
penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya
sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
RUBRIK PENILAIAN
No.
|
Nama
Peserta
Didik
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||
Butir Soal
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
|||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||
Dst
|
|||||||||||||||
Skor max = 24
|
|||||||||||||||
Nilai = skor perolehan / skor max X 4 =
|
|||||||||||||||
Komentar Orang Tua Murid :
|
Pengolahan skor :
Skor maksimum: 11
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/11 X 3
Rentang nilai pengetahuan:
Nilai
|
Predikat
|
0,00˂ Nilai
≤ 1,00
|
D.
|
1,00 ˂ Nilai ≤
1,33
|
D+
|
1,33 ˂ Nilai ≤
1,66
|
C-.
|
1,66 ˂ Nilai ≤
2,00
|
C
|
2,00 ˂ Nilai ≤
2,33
|
C+
|
2,33 ˂ Nilai ≤
2,66
|
B-
|
2,66 ˂ Nilai ≤ 3,00
|
B
|
3,00 ˂Nilai
≤ 3,33
|
B+
|
3,33 ˂ Nilai ≤
3,66
|
A-
|
3,66 ˂ Nilai ≤
4,00
|
A
|
3. Penilaian Keterampilan (KI-4):
Petunjuk Penilaian :
Berikan tanda
cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan
atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) dengan
rentang skor antara 1 – 4 (Sangat Baik = 4,
Baik = 3, Cukup = 2, Kurang = 1).
a. Penilaian
Proses Pertolongan
Pertama
1) Tahap awal
·
Persiapan
diri penolong dalam penanganan Pertolongan Pertama
·
Persiapan
Jenis-jenis peralatan yang akan digunakan dalam Pertolongan Pertama
·
Persiapan
Obat-obatan yang akan digunakan dalam Pertolongan Pertama
2) Tahap
Inti (Saat melakukan Penanganan Pertolongan
Pertama )
·
Langkah-langkah
yang dilakukan dalam penanganan Pertolongan Pertama
·
Keaktifan
Peserta didik dalam kegiatan Pertolongan Pertama
3) Tahap
Akhir :
·
Kerjasama
antar individu dalam setiap kelompok
Pedoman
penskoran :
Soal No. 1 : Skor 3, jika seluruh persiapan
ada dan lengkapi
Skor 2, jika persiapan ada
tetapi tidak lengkap
Skor 1, jika persiapan hanya
ada satu
Soal No. 2 : Skor 4, jika seluruh
uraian/langkah -langkah Penanganan dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian/langkah-langkah
Penanganan dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian/langkah-langkah
Penanganan dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian/langkah-langkah
Penanganan dilakukan dengan benar
Soal No. 3 : Skor 3, jika seluruh anggota kelompok aktif dalam kegiatan
Skor 2, jika hanya sebagian
anggota Kelompok aktif dalam kegiatan
Skor 1, Jika hanya satu
Orang yang mendomain dalam kegiatan tersebut
No.
|
Nama
Peserta
Didik
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||
Tahap Awal
|
Tahap Inti (Proses)
|
Tahap Akhir (Kerjasama)
|
|||||||||||||
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
2
|
1
|
|||||||
1.
|
|||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||
Dst
|
|||||||||||||||
Skor max
= 9
|
|||||||||||||||
Nilai = skor perolehan / skor max
X 3 =
|
|||||||||||||||
Komentar Orang Tua Murid :
|
1)
Pengolahan
skor Tahap
Awal
Berdasarkan
hasil dari uji Praktek yang telah dilakukan, skor dapat diolah sebagai berikut:
Perolehan
skor peserta didik (P) dibagi dengan skor maksimum (Max) (sesuai contoh; 3
Indikator Esensial X 4 = 12) dikalikan dengan satuan penilaian (satuan, atau puluhan).
Rumus
: P/ Max X 100
Contoh
: 6/ 9 X 100
Skor
Keterampilan Proses Gerak Peserta Didik: 75
2)
Instrumen
keterampilan melakukan pernapasan buatan
No
|
Indikator Penilaian
|
Hasil penilaian
|
||
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Kurang (1)
|
||
1
|
Sikap awal melakukan gerakan
|
|||
2
|
Sikap pelaksanaan melakukan
gerakan
|
|||
3
|
Sikap akhir melakukan gerakan
|
Nilai Peserta didik =
Skor
yang diperoleh peserta didik
x 100
Skor Total
RUBRIK PENILAIAN
No.
|
Nama
Peserta
Didik
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||
Butir Soal
|
|||||||||||||||
Sikap Awal
|
Pelaksanaan
|
Akhir
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
|||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||
Dst
|
|||||||||||||||
Skor max = 24
|
|||||||||||||||
Nilai = skor perolehan / skor max X 4 =
|
|||||||||||||||
Komentar Orang Tua Murid :
|
Penilaian :
Sikap
awal :
1.
Mempersiapkan
alat-alat P3K
2.
Menentukan
Langkah-langkah pertolongan
3.
Pembagian
kelompok kerja
Sikap
Pelaksanaan :
1.
Memindahkan
korban ke tempat yang aman dan mendeeksi cdera yang dialami oleh korban
2.
Memberikan
pertolongan kepada korban sesuai dengan prosedur
3.
Meyakinkan
korban bahwa cidera yang dialaminya dapat teratasi
Sikap
Akhir :
1.
Korban
merasa nyaman
2.
Korban
tdak merasa kesakitan
3.
Korban
tidak stress
Rekapitulasi penilaian
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
||||||||||
Sikap
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
||||||||||
No comments:
Post a Comment