Wednesday, May 3, 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK Kelas VII Materi P3K

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                         :    SMP
Mata Pelajaran            :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan        
Kelas/Semester             :    VII(Tujuh) / 1 (Ganjil )
Waktu                           :    3 x 40 menit ( 1 x pertemuan )
Materi Pokok                :    P3K, Hakikat dan Prinsip-prinsip P3K, Peralatan P3K dan cara penggunaannya

A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.         Kompetensi Dasar               
1.1    Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga:
a.    Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b.    Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir
2.1                Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar:
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
3.1. memahami tindakan P3K pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain
4.1  Mencoba mempraktikan tindakan P3K pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain

C. Indikator
            A. Hakikat P3K
B. Prinsip-prinsip P3K
C. Tujuan P3K
            D. Peralatan P3K dan Cara penggunaannya
D. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.    Membiasakan berdoa sebelum melakukan aktivitas
2. Memahami pengertian, Prinsip-prinsip dan Tujuan P3K
3.  Mengetahui jenis – jenis peralatan P3K
4.  Mengetahui Obat-obatan P3K
5.  Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
6.  Menjelaskan tentang fungsi dan kegunaan dari peralatan P3K.


D. MateriPembelajaran :
1.    Hakikat dan Pengertian P3K
a.    Persiapan :
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok diberi kertas untuk menuliskan Hakikat dan pengertian P3K menurut kelompoknya masing-masing
b.    Pelaksanaan:
Perwakilan Peserta didik dari tiap kelompok diminta untuk memberikan pendapatnya tentang Hakikat dan pengertian P3K sesuai dengan yang sudah ditulis oleh kelompoknya masing-masing




2.    Peralatan P3K dan Cara Penggunaannya
a.    Persiapan :
·         Peserta didik secara kelompok diminta untuk menuliskan jenis-jenis peralatan P3K yang biasa digunakan dalam Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan / ( Pingsan )
                        
   
·         Peserta didik secara kelompok diminta untuk menuliskan Obat-obatan P3K yang biasa digunakan dalam Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan / (Pingsan)
·          
                           


b.    Pelaksanaan :
·         Peserta didik secara kelompok diminta untuk mengemukakan Pendapatnya kegunaan dari jenis peralatan dan Obat-obatan P3K yang biasa digunakan dalam Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan /  (Pingsan)
·         Peserta didik secara kelompok mengklasifikasikan  Jenis peralatan dan Obat-obatan tersebut sesuai dengan kegunaannya



E. MetodePembelajaran.

1.    Pendekatan: saintifik (scientific)
2.    Model Problem Based Learning
3.    MetodeResiprokal


F.  Media, Alat, danSumberPembelajaran
1.    Media                   :    Gambar Jenis peralatan dan Obat-obatan P3K
2.    Alat/ Bahan          :    ........................................................................
3.    SumberBelajar     :    1. Mohammad Nuh, Buku Guru PendidikanJasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Kelas VII SMP, Jakarta: Januari Kemdikbud, 2014

G. Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Menyapa dan mengucap salam.
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan Apersepsi dengan mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian Peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
·       Memberikan motivasi, menjelaskan tujuan dan manfaat materi pembelajaran.
·       Menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan ( membagikan kertas  )
10    menit
Inti
·         Perwakilan Peserta didik dari tiap kelompok diminta
            untuk memberikan pendapatnya tentang Hakikat dan
            pengertian P3K sesuai dengan yang sudah ditulis oleh
            masing-masing kelompok
·          Perwakilan Peserta didik dari tiap  kelompok diminta untuk  mengemukakan Pendapatnya kegunaan dari jenis peralatan dan Obat-obatan P3K yang biasa digunakan dalam penanganan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan
·         Peserta didik secara kelompok menjelaskan mengklasifikasikan  Jenis peralatan dan Obat-obatan tersebut sesuai dengan fungsinya.


1.     Melakukan rangkaian kegiatan pembelajaran dengan pendekatan scientific dan dengan metode resiprokal
2.      
a.    Mengamati
·      Mencari dan Membaca  tentang materi dasar P3K
·      Mengamati media gambar
b.    Menanya
·      Pertanyaan yang berhubungan dengan afektif :
Apa saja yang harus disiapkan dalam melakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ? (Pingsan)
·      Pertanyaan yang berhubungan dengan keterampilan: Bagaimana cara melakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ? (Pingsan)
·      Pertanyaan yang berhubungan dengan kognitif:
 Apa manfaat  bagi kita dalam melakukan Perolongan Pertama pada Kecelakaan  ? (Pingsan)

c.    Mengumpulkan informasi/ Mencoba
·      Menyebutkan berbagai jenis obat-obatan dan alat-alat P3K yang diperlukan
·      Melakukan Kegiatan Pertolongan Pertama Pada  Kecelakaan  / ( pingsan )

d.    Mengasosiasi/ Menalar:
·      Menghubungkan informasi dan kegiatan keterampilan dalam melakukan pertolongan pertama ! ( pingsan )
.
e.    Mengomunikasikan:
·      Siswa menjelaskan berbagai macam obat-obatan dan alat-alat yang digunakan dalam P3K
·         Siswa menjelaskan hasil pembelajaran tentang  P3K
( Khususnya penanganan terhadap siswa yang pingsan )

3.      Guru melakukan penilaian (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) selama pembelajaran berlansung.
85 menit
Penutup
·      Merangkum dan menyimpulkan materi pembelajaran secara bersama-sama.
·      Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi P3K,( khususnya penanganan terhadap siswa yang pingsan )
·      Memberikan umpan balik dan rencana kegiatan pembelajaran berikutnya
·      Berdoa bersama dan menyampaikan salam.
25Menit





H. Penilaian
1.    Penilaian spiritual dan Sosial (KI- 1 dan 2)
Petunjuk Penilaian :
Guru membandingkan hasil penilaian sikap yang dilakukan oleh peserta didik (penilaian diri) dengan hasil pengamatan sikap yang dilakukan selama proses pembelajaran dan hasilnya dibandingkan dengan penilaian diri yang dilakukan oleh peserta didik.
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) dengan rentang skor antara 1 – 4 (Sangat Baik = 4,  Baik = 3,  Cukup = 2,  Kurang = 1).

RUBRIK PENILAIAN
No.
NamaPesertaDidik
Aspek Yang Dinilai
Jml
Skor
Nilai
Berdo’a
Disiplin
Tanggung-
jawab
Menghargai
Teman
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.



















2.



















3.



















Dst



















Skor max = 24


Nilai = skor perolehan / skor max X 6 =


Komentar Orang Tua Murid :





2.  Pedoman penskoran
a.    Penskoran
Skor 4, jika seluruh indicator ditunjukkan oleh teman yang diamati
Skor 3, jika tiga indicator ditunjukkan oleh teman yang diamati
Skor 2, jika dua indicator ditunjukkan oleh teman yang diamati
Skor 1, jika hanya satu indicator ditunjukkan oleh teman yang diamati

b.    Pengolahanskor
Skor maksimum: 16
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/16 X 4

Rentang nilai sikap:
Nilai
Predikat
Nilai Sikap
0,00˂    Nilai    ≤      1,00
D
KURANG
1,00   ˂    Nilai    ≤     1,33
D+
1,33   ˂    Nilai    ≤     1,66
C-.
CUKUP
1,66   ˂    Nilai    ≤     2,00
C
2,00   ˂    Nilai    ≤     2,33
C+
2,33   ˂    Nilai  ≤     2,66
B-
BAIK
2,66   ˂    Nilai    ≤     3,00
B
3,00   ˂    Nilai    ≤     3,33
B+
3,33   ˂    Nilai    ≤     3,66
A-
SANGAT BAIK
3,66   ˂    Nilai    ≤     4,00
A

2.    Penilaian Pengetahuan (KI-3)  :
Petunjuk penilaian :
Setelah mempelajari  materi P3K khususnya jenis-jenis peralatan dan obat-obatan beserta kegunaannya , tugaskan kepada peserta didik untuk mengerjakan tugas kelompok di bawah ini dengan penuh tanggungjawab.

Butir soal pengetahuan essay:
1. Apakah pengertian dari P3K ? !
2.  Apakah tujuan P3K ?
3.  sebutkan Prinsip-prinsip P3K !


Penskoran :

Soal 1 :   Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Skor 2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap

Soal 2 :   Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Skor 2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap

Soal 3 :   Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Skor 2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap


RUBRIK PENILAIAN

No.
Nama
Peserta
Didik
Aspek Yang Dinilai
Jml
Skor
Nilai
Butir Soal
1
2
3
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.















2.















3.















Dst















Skor max = 24


Nilai = skor perolehan / skor max X 4 =


Komentar Orang Tua Murid :






Pengolahan skor :
Skor maksimum: 11
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/11 X 3
Rentang nilai pengetahuan:
Nilai
Predikat
0,00˂     Nilai     ≤     1,00
D.
1,00   ˂      Nilai     ≤     1,33
D+
1,33   ˂      Nilai     ≤     1,66
C-.
1,66   ˂      Nilai     ≤     2,00
C
2,00   ˂ Nilai     ≤     2,33
C+
2,33   ˂ Nilai   ≤     2,66
B-
2,66 ˂ Nilai     ≤     3,00
B
3,00  ˂Nilai    ≤     3,33
B+
3,33    ˂      Nilai     ≤     3,66
A-
3,66    ˂      Nilai     ≤     4,00
A


3.    Penilaian Keterampilan  (KI-4):
Petunjuk Penilaian :
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) dengan rentang skor antara 1 – 4 (Sangat Baik = 4,  Baik = 3,  Cukup = 2,  Kurang = 1).
a.  Penilaian Proses Pertolongan Pertama
1)  Tahap awal
·      Persiapan diri penolong dalam penanganan Pertolongan Pertama
·      Persiapan Jenis-jenis peralatan yang akan digunakan dalam Pertolongan Pertama
·      Persiapan Obat-obatan yang akan digunakan dalam Pertolongan Pertama


2)  Tahap Inti (Saat melakukan  Penanganan Pertolongan Pertama )
·      Langkah-langkah yang dilakukan dalam penanganan Pertolongan Pertama
·      Keaktifan Peserta didik dalam kegiatan Pertolongan Pertama

3)  Tahap Akhir :
·      Kerjasama antar individu dalam setiap kelompok

Pedoman penskoran :
Soal No. 1 :        Skor 3, jika seluruh persiapan ada dan lengkapi
Skor 2, jika persiapan ada tetapi tidak lengkap
Skor 1, jika persiapan hanya ada satu
Soal No. 2 :        Skor 4, jika seluruh uraian/langkah -langkah Penanganan dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian/langkah-langkah Penanganan dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian/langkah-langkah Penanganan dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian/langkah-langkah Penanganan dilakukan dengan benar
Soal No. 3 :        Skor 3, jika seluruh  anggota kelompok aktif dalam kegiatan
Skor 2, jika hanya sebagian anggota Kelompok aktif dalam kegiatan
Skor 1, Jika hanya satu Orang yang mendomain dalam kegiatan tersebut

No.
Nama
Peserta
Didik
Aspek Yang Dinilai
Jml
Skor
Nilai
Tahap Awal
Tahap Inti (Proses)
Tahap Akhir (Kerjasama)
3
2
1

4
3
2
1
2
1


1.















2.















3.















Dst















Skor max = 9


Nilai = skor perolehan / skor max X 3 =


Komentar Orang Tua Murid :

1)   Pengolahan skor Tahap Awal
Berdasarkan hasil dari uji Praktek yang telah dilakukan, skor dapat diolah sebagai berikut:
Perolehan skor peserta didik (P) dibagi dengan skor maksimum (Max) (sesuai contoh; 3 Indikator Esensial X 4 = 12) dikalikan dengan satuan penilaian (satuan, atau puluhan).
Rumus             : P/ Max X 100
Contoh            : 6/ 9 X 100
Skor Keterampilan Proses Gerak Peserta Didik: 75

2)        Instrumen keterampilan melakukan pernapasan buatan
No
Indikator Penilaian
Hasil penilaian
Baik (3)
Cukup (2)
Kurang (1)
1
Sikap awal melakukan gerakan



2
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan



3
Sikap akhir melakukan gerakan




Nilai Peserta didik      = Skor yang diperoleh peserta didik x 100
                                                     Skor Total

RUBRIK PENILAIAN

No.
Nama
Peserta
Didik
Aspek Yang Dinilai
Jml
Skor
Nilai
Butir Soal
Sikap Awal
Pelaksanaan
Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.















2.















3.















Dst















Skor max = 24


Nilai = skor perolehan / skor max X 4 =


Komentar Orang Tua Murid :





Penilaian :
Sikap awal :
1.      Mempersiapkan alat-alat P3K
2.      Menentukan Langkah-langkah pertolongan
3.      Pembagian kelompok kerja
Sikap Pelaksanaan       :
1.      Memindahkan korban ke tempat yang aman dan mendeeksi cdera yang dialami oleh korban
2.      Memberikan pertolongan kepada korban sesuai dengan prosedur
3.      Meyakinkan korban bahwa cidera yang dialaminya dapat teratasi
Sikap Akhir     :
1.      Korban merasa nyaman
2.      Korban tdak merasa kesakitan
3.      Korban tidak stress
Rekapitulasi penilaian

No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian

Sikap
Pengetahuan
Keterampilan





















No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive