Sunday, May 21, 2017

Pengembangan Munculnya Literasi Seorang Anak

  
            Ketika anak-anak bergerak dalam pusat kegiatan, guru seharusnya membuat catatan tentang pilihan anak yang harus dilakukan pertama kali. Pilihannya dapat merupakan indikator dari tingkat perkembangan. Anak yang memilih untuk menulis atau membaca pertama kali menunjukkan pada guru bahwa ini merupakan minat mereka dan kemampuan utama mereka. Ketika ada anak yang bingung dan kesulitan untuk memilih atau melakukan kegiatan, ini dapat menunjukkan bahwa anak tersebut bukan tipe anak “Pekerja keras”. Beberapa anak dapat menunjukkan kemampuan menulis dan membaca, yang artinya dapat pula menunjukkan bahwa aktivitas ini tidak berhubungan langsung dengan mereka pada saat itu. Seorang guru seharusnya dapat mengarahkan anak-anak dalam kegiatan tersebut.
Beberapa hal yang dapat dilakukan selama proses pengembangan literasi adalah sebagai berikut :
·         Berikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan kemampuan literasi setiap hari
·         Berikan kesempatan interaksi secara langsung, interaksi dengan buku, bahasa dan pengembangan motorik halus dan kasar kepada anak
·         Berikan pengalaman literasi secara menyenangkan
·         Ciptakan lingkungan yang mendorong terjadinya semua hal yang berhubungan dengan proses menulis sehingga anak tidak merasa takut untuk mencoba hal tersebut.
·         Sediakan waktu untuk membantu anak selama mereka menulis
·         Dampingi anak selama mereka membutuhkan (Contohnya jika anak ingin mengetahui bagaimana suatu huruf diucapkan, maka guru dapat menulis menjadi beberapa bagian pada beberapa kertas/kartu huruf untuk diperbanyak, atau anak menginginkan huruf ditulis dengan warna yang menarik atau anak menginginkan gurunya menulis dalam satu kata)
·         Tingkatkan dan kembangkan kemampuan bahasa mereka dengan Tanya jawab dan diskusi (Contoh: anak diminta menyebutkan warna dari Boneka Beruang Teddy dalam 6 warna yang berbeda. Guru berkata” Kamu dapat mengklasifikasikan boneka beruang dengan warna. Mana warna yang paling banyak dari beruang? Ada berapa? Warna apa yang paling sedikit dari boneka beruang itu? Ada berapa?)
·         Buat sebuah komunikasi dalam bentuk percakapan (Contoh: Anak menulis kata dalam sebuah buku dan bertanya pengucapannya. Guru menyebutkan kata dan bertanya “ Huruf apa saja yang kamu dengar dari kata ini atau coba cek dari kamus dan lihat bagaimana cara pengucapannya”)
·         Meningkatkan kesempatan untuk bersosialisasi melalui interaksi kelompok
·         Amati dan dokumentasikan proses pengembangan literasi anak dan tingkat kemajuannya.
·         Buat setiap kegiatan literasi menjadi menyenangkan.

Anak-anak akan belajar untuk membaca dan akan menjadi pembaca sepanjang hidupnya jika mereka sejak dini ditanamkan secara keras, sukses dan menyukai pengalaman literasi.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive