Sunday, May 21, 2017

MENCIPTAKAN LINGKUNGAN LITERASI


Pengaturan dari pusat kegiatan ini perlu menyediakan kesempatan untuk percakapan satu per satu antara guru dan anak-anak seperti halnya kesempatan untuk anak-anak untuk berbicara satu sama lain dengan temannya. Bahan yang dipilih untuk digunakan berbeda dari segi umur dan ketrampilan. Banyaknya bahan disajikan menjadi arti penting. Oleh karena itu, pada tiap hari di pusat literasi yang muncul, berbagai aktivitas atau "area aktivitas" dibuat menurut tingkat perkembangan anak dan minat mereka. Masing-Masing ruang bermain didesain sesuai dengan jumlah anak seperti jumlah kursi dan jumlah bahan dalam ruang tersebut. Banyaknya ruang bermain dihitung menggunakan suatu rumus yang dibuat oleh Prescott & Kritchevsky ( 1969). Rumus ini menyarankan 2.5 ruang permainan per anak di dalamnya. Suatu kelompok yang terdiri dari sepuluh anak-anak akan memerlukan 25 ruang. Ini adalah RUANG, bukan banyaknya aktivitas. Sebagai contoh, suatu ember renda dan embun/manik-manik dapat terhitung dalam empat ruang permainan dalam satu kegiatans. Guru harus pula memperhatikan tentang kapan sebagai guru yang terjun langsung dalam kegiatan atau tidak terjun langsung dalam kegiatan. Jika ada dua guru, satu orang guru mungkin dapat dilibatkan di dalam kegiatan dan satu lagi mengawasi dan mengikuti selama kegiatan anak berlangsung. Terlalu banyak aktivitas guru yang terjun langsung akan membuat guru "terikat" ke pada ruang bermain itu sehingga tidak mampu berpindah dari aktivitas itu ke anak-anak yang lain. Percakapan satu per satu dengan anak-anak mendukung pertumbuhan bahasa (Mcgee, 2002) dan merupakan bagian penting dari pengalaman pusat literasi.
Unsur-Unsur berikut yang harus disediakan lingkungan literasi yang muncul:
-       Pra-Tindakan adalah  lingkungan literasi yang muncul, perencanaan untuk intensitas dan densitas pengalaman
-       Seting ruang di mana dua atau lebih anak-anak dapat mengikuti program pengajaran
-       Hindari menentukan ruang bagi guru langsung bekerja sehingga tidak tersedia untuk percakapan satu per satu dengan anak-anak
-       Pilih bahan yang dapat digunakan untuk cakupan kemampuan yang luas
-       Mempunyai berbagai material yang mendukung ketrampilan literasi
-       Memiliki berbagai aktivitas yang memungkinkan anak-anak untuk pengembangan motorik halus
-       Mempunyai berbagai bahan menulis dan ruang yang tersedia
-       Memiliki berbagai macam literatur tersedia untuk membantu anak-anak di dalam kegiatan menulis: Kamus, daftar kata, resep, kartu kata dari kosa kata mereka sendiri.
-       Buku, buku, buku !

-       Pastikan ada cukup ruang untuk anak-anak untuk memilih dari ( 2.5 – 3 ruang setiap anak di pusat kegiatan)

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive