Monday, May 8, 2017

Evaluasi Pada Lembaga PAUD

1.      Perbedaan konsep tes, pengukuran, evaluasi dan penilaian
Tes merupakan Alat ukur untuk mengukur kemampuan seseorang, Hasil tes atau lembar kerja
Pengukuran yaitu Membandingkan hasil tes dengan standar ukuran tertentu, hasilnya berupa Angka atau skor
Bersifat kuantitatif
Evaluasi yaitu Pengambilan keputusan terhadap hasil penilaian lulus/tidak. Hasilnya  Keputusan atau Justifikasi
Penilaian yaitu Pemberian atribut terhadap hasil pengukuran. Hasilnya Deskripsi dan Bersifat kualitatif

2.      Secara formal dan terstruktur tahapan pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran PAUD sebaiknya melalui prosedur sebagai berikut :
a.       Penentuan tujuan
Guru menentukan untuk apa penilaian dilaksanakan
b.      Menentukan desain evaluasi
Guru menentukan desain atau bentuk evaluasi yang akan dilaksanakan
c.       Pengembangan instrument evaluasi
d.      Pengumpulan informasi/data
e.       Analisis dan interpretasi
Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan dilakukan interpretasi
f.       Tindak lanjut
Guru melakukan tindakan yang harus dilaksanakan setelah evaluasi dilakukan
3.      Contoh instrumen Evaluasi

Anecdotal record


Hari / tanggal

Catatan

komentar

Jumat, 06-01-2017
Ada satu anak yaitu Doni yang paling sering jalan-jalan ke sana kemari mendatangi meja temannya. Ia kemudian mengambil benda apa saja yang ada di meja temannya. Ia tidak mengikuti pembelajaran sebagaimana temannya. Ia selalu mengganggu temannya yang sedang menulis



Anak tersebut harus diberikan perhatian khusus agar tidak mengganggu temannya








Running record


Hari / tanggal

Waktu
Kejadian/
Tempat
Peristiwa

Evaluasi
Kamis,
26-1-2017
07.30
Halaman
Ketika berbaris, Soni tidak mau berbaris. Ia lebih suka duduk bersama ibunya


09.00
Kelas
Ketika kegiatan berdoa, Soni juga tidak mau ikut duduk dengan rapi. Ia masih ingin duduk bersama ibunya. Ketika kegiatan bercerita, Soni tidak mau duduk mendengarkan cerita dari Bu Guru




Time sampling record

Nama Anak         :…………………                   Hari/Tanggal :………………..
Usia                      : ………………...                   Pengamat      :………………….

Perilaku


Catatan Peristiwa
1
2
3
4
1
2
3
4
Mencubit
1
1
1
0
III
III
II
0
Mencubit pada menit pertama, kedua,ketiga dan berhenti menit keempat. Mencubit sebanyak tiga kali, tiga kali kemudian dua kali dan berhenti











Event sampling record

Nama Anak         :…………………                   Hari/Tanggal :………………..
Usia                      : ………………...                   Pengamat      :………………….
Waktu
Peristiwa Pencetus
Perilaku
Konsekuensi
9.00
Ani sedang mewarnai gambar. Aldo datang dan merebut pensil warna milik Ani. 
Ani berusaha mempertahankan pensil warna miliknya. Aldo mendorong Ani hingga terjatuh
Ani menangis dan berlari ke bu guru

4.      A. Dari data tabel tersebut menunjukkan ada empat aspek perkembangan yang dinilai dengan berdasarkan indikator-indikator yang telah ditentukan. Pada aspek perkembangan sosial-emosional terdapat empat indikator. Pada aspek perkembangan sosial-emosional menunjukkan bahwa anak masil belum mengerti antara yang benar dan yang salah. Pada indikator terlibat dalam permainan anak sudah menunjukkan perkembangan yang baik.
           Pada aspek bahasa terdapat empat indikator yang dinilai. Hasil penilaian menunjukkan bahwa dari keempat aspek tersebut menunjukkan bahwa anak sudah dapat menyampaikan 2 kata yang bermakna. Anak sudah dapat mengenal suara orang-orang di sekitarnya. Sedangkan pada indikator merespon bila namanya dipanggil anak masih kurang berkembang.
           Pada aspek moral dan nilai-nilai agama terdiri dari dua indikator yaitu mengikuti bacaan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan serta dapat meniru kegiatan beribada. Dari dua indikator tersebut menunjukkan bahwa anak sudah dapat mengikuti bacaan doa.
           Pada aspek perkembangan seni terdapat dua indikator penilaian yaitu mendengarkan musik dan mengikuti irama serta bertepuk tangan mengikuti irama. Dari dua indikator tersebut menunjukkan bahwa anak sudah dapat bertepuk tangan mengikuti irama dengan baik.
b. dari keempat aspek perkembangan yang dinilai menunjukkan ada beberapa indikator yang belum berkembang seperti pada aspek moral dan nilai agama, serta aspek perkembangan sosial emosional. Untuk meningkatkan perkembangan tersebut guru hendaknya melakukan upaya-upaya yang dilakukan pada setiap kegiatan pembelajaran. Misalnya dalam hal kegiatan beribadah, guru hendaknya lebih sering melakukan kegiatan ibadah sehingga anak dapat menirunya dengan baik. Guru juga harus mengembangkan aspek sosial emosional dengan melakukan pembiasaan dalam bersosialisasi dengan orang lain dan melakukan kegiatan-kegiatan sosial seperti menjenguk teman yang sakit.







No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive