Ketika anak-anak tiba dan dikumpulkan di dalam suatu ruang untuk
suatu pembukaan berbentuk lingkaran. Selama ini yang anak-anak pelajari sekitar
bahan-bahan yang tidak familier dan aktivitas baru. Pada kesempatan ini guru memberikan
informasi kepada anak-anak tentang apa yang guru harapkan dari anak pada setiap
aktivitas. Peragakanlah penggunaan bahan yang ada dan berikan penerangan
tentang cara penggunaan bahan ini. Strategi ini juga membantu anak-anak
menghindari kecelakaan dan suatu kelakuan buruk atau " menginjak suatu
ranjau darat" ( Wolfgang& Wolfgang, 1995) sebab mereka tidak
mengetahui aturan tentang bagaimana bahan ini digunakan. Strategi ini membuat
anak-anak berada di pusat kegiatan. Di sini anak-anak mempunyai kebebasan untuk
pindah, dan memilih pengalaman. Sebab harapan dan bahan dari guru untuk
perilaku telah dibahas, sehingga diharapkan anak-anak dapat sukses.
Pada
waktu kegiatan pendahuluan merupakan kesempatan untuk membaca literatur yang
berhubungan dengan topik, model yang akan digunakan seperti buku tabel format
yang membuat anak-anak menikmati membaca kembali kepada gurunya, dan
memperkenalkan kosa kata baru. Pada awalnya pengalaman yang diberikan adalah
dengan seperangkat alat literasi dan tempat untuk literasi di depan.
Kemunculan
literasi didukung oleh pusat kegiatan dimana guru memerintahkan kepada
anak-anak untuk berada di pusat area. Anak-anak bertanya ada berapa banyak
aktivitas yang dapat dilakukan di tengah area. Anak-anak didukung untuk
melakukan berbagai kegiatan sesuai waktu yang telah ditentukan dan terbagi
menjadi beberapa bagian. Sebelum mereka berpencar, anak-anak diberikan panduan
lima hal yaitu:
-
Pemilihan aktivitas
-
Selesainya aktivitas
-
Tunjukkan pada guru yang
mereka lakukan
-
Kebersihan selama aktivitas
-
Pemilihan aktivitas lain
Agar tidak terjadi
kesalahpahaman dalam melaksanakan perintah selama kegiatan dengan memberi dua
atau lebih pilihan seperti: jika kamu usia 4 tahun, kamu menggunakan baju merah
dan kamu adalah perempuan, pilih aktivitas”
Hal-hal yang harus
dilakukan selama proses pengembangan pengalaman literasi adalah sebagai berikut
:
·
Awali waktu pertama di
ditengah-tengah anak-anak dengan memberi literatur selama diadakan diskusi dan
tukar pikiran dengan menulis/menggambar
·
Penggunaan material/bahan
yang sesuai
·
Berikan harapan yang jelas
dan tetap
·
Anak-anak dapat memilih
dimana mereka memulai dan apa yang mereka sukai untuk melakukan
·
Rencanakan dan laksanakan
kegiatan bermain dengan rapi
·
Laksanakan program
pengembangan literasi ini dengan penuh kegembiraan.
No comments:
Post a Comment