Sunday, May 21, 2017

Perancah Pra- Pengalaman Literasi


Ketika anak-anak tiba dan dikumpulkan di dalam suatu ruang untuk suatu pembukaan berbentuk lingkaran. Selama ini yang anak-anak pelajari sekitar bahan-bahan yang tidak familier dan aktivitas baru. Pada kesempatan ini guru memberikan informasi kepada anak-anak tentang apa yang guru harapkan dari anak pada setiap aktivitas. Peragakanlah penggunaan bahan yang ada dan berikan penerangan tentang cara penggunaan bahan ini. Strategi ini juga membantu anak-anak menghindari kecelakaan dan suatu kelakuan buruk atau " menginjak suatu ranjau darat" ( Wolfgang& Wolfgang, 1995) sebab mereka tidak mengetahui aturan tentang bagaimana bahan ini digunakan. Strategi ini membuat anak-anak berada di pusat kegiatan. Di sini anak-anak mempunyai kebebasan untuk pindah, dan memilih pengalaman. Sebab harapan dan bahan dari guru untuk perilaku telah dibahas, sehingga diharapkan anak-anak dapat sukses.
Pada waktu kegiatan pendahuluan merupakan kesempatan untuk membaca literatur yang berhubungan dengan topik, model yang akan digunakan seperti buku tabel format yang membuat anak-anak menikmati membaca kembali kepada gurunya, dan memperkenalkan kosa kata baru. Pada awalnya pengalaman yang diberikan adalah dengan seperangkat alat literasi dan tempat untuk literasi di depan.
Kemunculan literasi didukung oleh pusat kegiatan dimana guru memerintahkan kepada anak-anak untuk berada di pusat area. Anak-anak bertanya ada berapa banyak aktivitas yang dapat dilakukan di tengah area. Anak-anak didukung untuk melakukan berbagai kegiatan sesuai waktu yang telah ditentukan dan terbagi menjadi beberapa bagian. Sebelum mereka berpencar, anak-anak diberikan panduan lima hal yaitu:
-       Pemilihan aktivitas
-       Selesainya aktivitas
-       Tunjukkan pada guru yang mereka lakukan
-       Kebersihan selama aktivitas
-       Pemilihan aktivitas lain
Agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam melaksanakan perintah selama kegiatan dengan memberi dua atau lebih pilihan seperti: jika kamu usia 4 tahun, kamu menggunakan baju merah dan kamu adalah perempuan, pilih aktivitas”
Hal-hal yang harus dilakukan selama proses pengembangan pengalaman literasi adalah sebagai berikut :
·         Awali waktu pertama di ditengah-tengah anak-anak dengan memberi literatur selama diadakan diskusi dan tukar pikiran dengan menulis/menggambar
·         Penggunaan material/bahan yang sesuai
·         Berikan harapan yang jelas dan tetap
·         Anak-anak dapat memilih dimana mereka memulai dan apa yang mereka sukai untuk melakukan
·         Rencanakan dan laksanakan kegiatan bermain dengan rapi

·         Laksanakan program pengembangan literasi ini dengan penuh kegembiraan.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive