Yang di
maksud dengan Metode Demonstrasi ialah metode mengajar dengan menggunakan
peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana
berjalannya suatu proses pembentukan tertentu pada siswa. Untuk memperjelas
pengertian tersebut dalam prakteknya dapat di lakukan oleh guru atau anak didik
itu sendiri. Metode Demonstransi cukup baik apabila digunakan dalam penyampaian
bahan pelajaran.
Adapun aspek yang penting
dalam menggunakan Metode Demonstrasi adalah:
- Demonstrasi akan menjadi metode yang tidak
wajar apabila alat yang di Demonstrasikan tidak bisa diamati dengan
seksama oleh siswa. Misalnya alatnya terlalu kecil atau penjelasannya
tidak jelas.
- Demonstrasi menjadi kurang efektif bila tidak
diikuti oleh aktivitas di mana siswa sendiri dapat ikut memperhatikan dan
menjadi aktivitas mereka sebagai pengalaman yang berharga.
- Tidak semua hal dapat didemonstrasikan di kelas
karena sebab alat-alat yang terlalu besar atau yang berada di tempat lain
yang tempatnya jauh dari kelas.
- Hendaknya dilakukan dalam hal-hal yang bersifat
praktis.
- Sebagai pendahuluan, berilah pengertian dan
landasan teori dari apa yang akan didemonstrasikan.
Dan adapun
sebaiknya dalam mendemonstrasikan pelajaran tersebut guru harus terlebih dulu mendemonstrasikan
dengan sebaik-baiknya, baru diikuti oleh murid-muridnya yang sesuai dengan
petunjuk.
Adapun
dalam metode demonstransi ini memiliki kelebihan dan ada juga kekurangannya
sebagaimana yang akan di paparkan di bawah ini.
1. Kelebihan metode
demonstran adalah:
- Perhatian anak didik dapat dipusatkan, dan
titik berat yang dianggap penting oleh guru dapat diamati
- Perhatian anak didik akan lebih terpusat pada
apa yang didemonstrasikan, jadi proses anak didik akan lebih terarah dan
akan mengurangi perhatian anak didik kepada masalah lain
- Dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dalam
mengikuti proses belajar
- Dapat menambah pengalaman anak didik
- Bisa membantu siswa ingat lebih lama tentang
materi yang disampaikan
- Dapat mengurangi kesalah pahaman karena
pengajaran lebih jelas dan kongkrit
- Dapat menjawab semua masalah yang timbul di
dalam pikiran setiap siswa karena ikut serta berperan secara langsung.
Setelah melihat
beberapa keuntungan dari metode demonstransi tersebut, maka dalam penyajian
pelajaran, banyak hal-hal yang dapat didemonstrasikan. Apabila teori yang
diberikan betul dan baik telah dimiliki oleh anak didik, maka guru harus
mencoba mendemonstrasikan di depan para murid. Dan apabila anak didik sedang
mendemonstrasikan, guru harus mengamati langkah dari langkah dari setiap
gera-gerik murid tersebut, sehingga apabila ada kesalahan atau kekurangannya
guru berkewajiban memperbaikinya. Tindakan mengamati segi-segi yang kurang baik
lalu memperbaikinya akan memberikan kesan yang dalam pada diri anak didik, karena
guru telah memberi pengalaman kepada anak didik baik yang menjalankan
Demonstrasi ataupun bagi yang menyaksikannya.
2. Dari segi kelemahan atau
metode demonstran adalah:
- Memerlukan waktu yang cukup banyak
- Apabila terjadi kekurangan media, metode
demonstrasi menjadi kurang efesien
- Memerlukan biaya yang cukup mahal, terutama
untuk membeli bahan-bahannya
- Memerlukan tenaga yang tidak sedikit
- Apabila siswa tidak aktif maka metode
demonstran menjadi tidak efektif.
Adapun langkah-langkah dalam
penerapan metode demonstrasi adalah:
a. Perencanaan
Dalam
perencanaan hal-hal yang dilakukan ialah
- Merumuskan tujuan yang baik dari sudut
kecakapan atau kegiatan yang di harapkan dapat tercapai setelah metode
demontrasi berakhir
- Menetapkan garis-garis besar langkah-langkah
demonstrasi yang akan di laksanakan
- Memperhitungkan waktu yang di butuhkan
- Selama demonstrasi berlangsung guru haru
intropeksi diri apakah:
a)
Keterangan-keterangan dapat
di dengar dengan jelas oleh siswa
b)
Apakah semua media yang di
gunaka telah di tempatkan pada posisi yang baik, hingga semua siswa dapat
melihat semuanya dengan jelas
c)
Siswa disarankan membuat
catatan yang dianggap perlu
- Menetapkan rencana penilaian terhadap kemampuan
anak didik
b. Pelaksanaannya:
Hal-hal
yang mesti dilakukan adalah:
- Memeriksa hal-hal tersebut di atas untuk
kesekian kalinya
- Melakukan demonstrasi dengan menarik perhatian
siswa
- Mengingat pokok-pokok materi yang akan di
demonstrasikan agar mencapai sasaran
- Memperhatikan kedaan siswa, apakah semuanya
mengikuti demonstrasi dengan baik
- Memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif
- Menghindari ketegangan
c. Evaluasi:
Dalam
kegiatan evaluasi ini dapat berupa pemberian tugas, seperti membuat laporan, menjawab
pertanyaan, mengadakan latihan lebih lanjut, baik di sekolah ataupun di rumah.
No comments:
Post a Comment