Mengingat kembali dan meninjau ulang
pengalaman permainan apa yang sudah dilakukan, biarkan anak-anak untuk berbagi pengalaman
di antara mereka. Utamakan tumbuhkan pengalaman hal-hal positif yang telah
mereka lalui kemudian diklasifikasikan, dan ambil kesimpulan secara umum dari
permainan yang telah dilakukan.
Ketika kelas telah terorganisir sewajarnya dan penangguhan diberi
label, Anak-Anak dapat mengembalikan material permainan kepada tempat sesuai
mereka. Kesempatan untuk menggolongkan dan mengorganisir obyek di dalam
lingkungan menyediakan anak-anak pengalaman pra-literasi. Anak-Anak harus mampu
menggolongkan dan mengorganisir obyek nyata menurut sedikitnya tiga
ukuran-ukuran ( warna, ukuran, dan bentuk) sebelum mereka dapat membaca.
Beberapa anak-anak mempunyai kesukaran selama transisi. Orang dewasa/guru perlu
memusatkan pada rancangan perilaku individu dari anak-anak, memastikan bahwa menanamkan hal
positif adalah suatu kesuksesan dalam belajar & pengalaman. Jika pada
setiap waktu itu dimulai menjadi kacau, anak-anak dapat digabung dalam suatu
kelompok untuk menyusun kembali pengalamannya.
Ketika lingkungan permainan telah disusun kembali, suatu kelompok
yang berbagi waktu harus disajikan. Selama pengalaman ini, anak-anak harus
didukung untuk mengingat aktivitas yang mereka lakukan sepanjang bermain. Orang
dewasa yang mengamati anak-anak yang
lekat sepanjang pengalaman permainan sekarang dapat membisikkan anak-anak
mengenai pemenuhan dan interaksi mereka
No comments:
Post a Comment