Sunday, May 21, 2017

Pandangan Tentang Pentingnya Literasi


Sylvia Ashton Warner telah mengajar selama 24 tahun di sekolah Maori di Selandia Baru. Ia berfilosofi tentang bagaimana anak-anak mulai untuk mengembangkan  kosa kata membaca sebagai berikut:
            “Kata-Kata pertama harus berarti sesuatu bagi anak-anak. Mereka harus menjadi bagian dari dirinya. Mereka harus mengatur kata-kata dari awal, kemudian lahir dari kehidupan dirinya sendiri. Kata-kata yang mereka dapatkan adalah bagian dari dirinya. Kata-kata pertama, buku pertama harus dibuat  menyangkut hal anak itu sendiri. Aku berusaha masuk ke dalam pikiran dari anak, mencoba menebak apa yang ada dalam pikiran mereka dan menggunakan itu sebagai bahan dalam kegiatan belajar. Ini adalah kunci kosa kata mereka."
 ( Ashton Warner 1963)

Pusat Pengembangan Literasi meliputi pengembangan kemampuan kognitif  dan kemampuan motorik halus. Membaca dan menulis adalah menjadi pusat dari aktivitas ditawarkan di dalam Pusat Pengembangan Literasi. Anak-anak mengembangkan konsep mencetak, kesadaran fonologi, pengetahuan huruf, dan bahasa melalui kegiatan literasi  setiap hari. Bahan-bahan yang disajikan, bukan berasal dari instruksi guru, tapi sebagai pemandu kegiatan literasi. Tugas guru di (dalam) pengembangan literasi adalah menciptakan lingkungan, mengawasi anak-anak pada setiap tingkat perkembangan, dan menggunakan teknik wawancara dalam rangka membawa anak-anak ke tingkat yang lebih tinggi.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive