RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
VII (Ganjil)
Alokasi Waktu : 3 x 2 x
40 menit (3x pertemuan )
Standar Kompetensi
1.
Mempraktikan teknik dasar renang gaya bebas dan
nilai-nilai yang terkandung
didalamnya*)
Kompetensi Dasar
5.2.1.1 Mempraktikkan teknik
dasar gerakan kaki renang gaya bebas
serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.2.1.2 Mempraktikkan teknik
dasar gerakan lengan renang gaya bebas
serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2.1.3 Mempraktikkan teknik
dasar pernapasan renang gaya bebas serta nilai-nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
Indikator
·
Melakukan latihan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas dengan koordinasi yang
baik (rasa ingin tahu, tekun dan keberanian)
·
Melakukan latihan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas dengan koordinasi
yang baik (rasa ingin tahu, tekun dan keberanian)
·
Melakukan latihan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas dengan
koordinasi yang baik (rasa ingin tahu, tekun dan
keberanian)
·
Melakukan perlombaan renang gaya bebas (menempuh jarak 25
meter) untuk menumbuhkan nilai-nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat melakukan tehnik dasar
gerakan kaki renang gaya bebas, dengan benar
2.
Siswa dapat melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas, dengan benar
3.
Siswa dapat melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas, dengan benar
4.
Siswa dapat melakukan teknik dasar renang gaya bebas, dengan benar
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi
Pembelajaran
Latihan
Renang Gaya Bebas / Akuatik
·
Latihan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas dengan koordinasi yang
baik
·
Latihan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas dengan koordinasi
yang baik
·
Latihan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas dengan
koordinasi yang baik
·
Perlombaan renang gaya bebas (menempuh jarak 25 meter)
untuk menumbuhkan nilai-nilai
disiplin, keberanian dan
kebersihan
a. Metode Pembelajaran
1.
Demonstrasi
2.
Ceramah
3.
Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (Game)
5. Saling menilai sesama teman
(Resiprocal)
b.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a. Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali
pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan
motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan
pemanasan yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
1. Kegiatan Inti
a. Melakukan kombinasi gerakan mengayun/memutar ke berbagai
arah dengan gerak Melakukan teknik
dasar renang gaya bebas , dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
-
Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas dengan bantuan ke dinding (perorangan/berkelompok)
-
Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas dengan bantuan teman (perorangan/berkelompok)
-
Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas dengan tanpa bantuan (perorangan/berkelompok)
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
b) memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g) melakukan perlombaan renang gaya bebas dengan
peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, disiplin, sportif,
kejujuran, dan menghormati lawan.
Kegiatan Konfirmasi
a. Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b. Memberi
tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d. Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai
dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a. Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali pengetahuan awal
siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin
tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan yang sesuai dengan materi dan mengembangkan
kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif ,
kerjasama dan tanggung jawab)
2
Kegiatan Inti
a. Melakukan kombinasi
gerakan mengayun/memutar ke berbagai arah dengan gerak Melakukan teknik dasar renang gaya
bebas , dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
-
Mengulang teknik dasar gerakan kaki
renang gaya bebas (perorangan/berkelompok)
-
Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas dengan bantuan teman (perorangan/berkelompok)
-
Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas tanpa
bantuan (perorangan/berkelompok)
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
b) memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g) melakukan perlombaan renang gaya bebas dengan
peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, disiplin, sportif,
kejujuran, dan menghormati lawan.
Kegiatan Konfirmasi
a. Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b. Memberi
tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d. Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 3 (2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a. Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
-Guru menggali pengetahuan awal
siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin
tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan
pemanasan yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2.
Kegiatan Inti
b. Melakukan kombinasi
gerakan mengayun/memutar ke berbagai arah dengan gerak Melakukan teknik dasar renang gaya
bebas , dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
-
Mengulang teknik dasar gerakan kaki
dan lengan renang gaya bebas (perorangan/ berkelompok)
-
Melakukan teknik dasar gerakan mengambil nafas renang gaya bebas dengan bantuan teman (perorangan/berkelompok)
-
Melakukan teknik dasar gerakan mengambil nafas renang gaya bebas tanpa bantuan (perorangan/berkelompok)
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
b) memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g) melakukan perlombaan renang gaya bebas dengan
peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, disiplin, sportif,
kejujuran, dan menghormati lawan.
Kegiatan Konfirmasi
a. Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b. Memberi
tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d. Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
- Kolam
renang
- Pelampung
-
Ruang
terbuka/lingkungan sekolah
-
Buku teks
- Buku referensi, ,
Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta :
Erlangga
F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan Renang gaya bebas
(menempuh jarak 25 meter), unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnan gerak
(penilaian Proses) serta kecepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian
produk)
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Awal
|
Gerakan
|
Sikap Akhir
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
Kriteria Penilaian Produk/prestasi Renang gaya
bebas
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... < 15 detik
|
... < 20 detik
|
100%
|
Sangat Baik
|
16 – 20 detik
|
21 – 25 detik
|
90%
|
Baik
|
21 – 25 detik
|
26 – 30 detik
|
80%
|
Cukup
|
26 – 30 detik
|
31 – 35 detik
|
70%
|
Kurang
|
... > 30 detik
|
... > 35 detik
|
60%
|
Kurang Sekali
|
- Pengamatan sikap
(afeksi):
Dilakukan
selama siswa mengikuti pembelajaran Penjaskes. Unsur-unsur yang dinilai :
disiplin, kejujuran, kerjasama, tanggung jawab, sportivitas, dan mematuhi
aturan.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
|||||||||||||||||
Disiplin
|
Jujur
|
Kerjasama
|
T. Jwab
|
Sportif
|
Aturan
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
-
Tes Pengetahuan (kognitif):
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No. 5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Kognitif= -------------------------------------
X 100 %
Jumlah skor maksimal
Butir Pertanyaan :
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Sebutkan macam-macam gaya renang ?
|
2
|
Sebutkan macam-macam teknik dasar
renang gaya bebas ?
|
3
|
Jelaskan cara melakukan latihan gerakan kaki renang gaya bebas !
|
4
|
Jelaskan cara melakukan latihan gerakan lengan renang gaya bebas !
|
5
|
Jelaskan cara melakukan latihan gerakan pernafasan renang gaya bebas !
|
2. Rekapitulasi Nilai
:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)
= ----------------------------------------------
Tiga Aspek Penilian
Keterangan :
a.
Sangat Baik = 91 – 100 %
b.
Baik = 80 – 90 %
c.
Cukup = 70 – 79 %
d.
Kurang = 60 – 69 %
e.
Kurang Sekali = Kurang dari 60%
No comments:
Post a Comment