Thursday, May 11, 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENANG GAYA BEBAS KLS 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
             
SMP/MTs                               :  SMP Negeri 
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                      :  VII (Ganjil)
Alokasi Waktu                       :  3 x 2  x  40 menit (3x pertemuan )

Standar Kompetensi            
1.      Mempraktikan teknik dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung   didalamnya*)

Kompetensi Dasar
5.2.1.1  Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas  serta nilai disiplin,      keberanian dan kebersihan
5.2.1.2  Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2.1.3  Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas serta nilai-nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

Indikator
·   Melakukan latihan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik (rasa ingin tahu, tekun dan keberanian)
·   Melakukan latihan teknik dasar gerakan  lengan renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik (rasa ingin tahu, tekun dan keberanian)
·   Melakukan latihan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik (rasa ingin tahu, tekun dan keberanian)
·   Melakukan perlombaan renang gaya bebas (menempuh jarak 25 meter) untuk menumbuhkan nilai-nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas, dengan benar
2.      Siswa dapat melakukan teknik dasar gerakan  lengan renang gaya bebas, dengan benar
3.      Siswa dapat melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas, dengan benar
4.      Siswa dapat melakukan teknik dasar renang gaya bebas, dengan benar

v  Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
B.   Materi Pembelajaran
Latihan Renang Gaya Bebas / Akuatik
·   Latihan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik
·   Latihan teknik dasar gerakan  lengan renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik
·   Latihan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik
·   Perlombaan renang gaya bebas (menempuh jarak 25 meter) untuk menumbuhkan nilai-nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

a.      Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (Game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)







b.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1.    Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Explorasi
a.   Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
   - Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.   Motivasi
-  Memberikan motivasi  kepada siswa untuk mengikuti  pembelajaran (tekun dan Kerja keras)
-  Memberikan pemanasan yang  sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung  jawab)


1.      Kegiatan Inti
a.       Melakukan kombinasi gerakan mengayun/memutar ke berbagai arah dengan   gerak Melakukan teknik dasar renang gaya bebas , dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

 










-          Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas dengan bantuan ke dinding (perorangan/berkelompok)
-          Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas dengan bantuan teman (perorangan/berkelompok)
-          Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas dengan tanpa bantuan (perorangan/berkelompok)

Kegiatan Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c)      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d)      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e)      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f)       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)      melakukan perlombaan renang gaya bebas dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, disiplin, sportif, kejujuran, dan menghormati lawan.

Kegiatan Konfirmasi
a.    Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.    Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.    Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.    Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari



3.    Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1         Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Explorasi
a.   Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
   - Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.   Motivasi
-  Memberikan motivasi  kepada siswa untuk mengikuti  pembelajaran (tekun dan Kerja keras)
-  Memberikan pemanasan yang  sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung  jawab)

2        Kegiatan Inti
a.       Melakukan kombinasi gerakan mengayun/memutar ke berbagai arah dengan   gerak Melakukan teknik dasar renang gaya bebas , dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
 









-          Mengulang teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas (perorangan/berkelompok)
-          Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas dengan bantuan teman (perorangan/berkelompok)
-          Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas tanpa bantuan (perorangan/berkelompok)

Kegiatan Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c)      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d)      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e)      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f)       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)      melakukan perlombaan renang gaya bebas dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, disiplin, sportif, kejujuran, dan menghormati lawan.



Kegiatan Konfirmasi
a.    Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.    Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.    Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.    Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari

3.    Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan 3 (2 x 40 menit)
1.       Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Explorasi
a.   Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
 -Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.   Motivasi
-  Memberikan motivasi  kepada siswa untuk mengikuti  pembelajaran (tekun dan Kerja keras)
-  Memberikan pemanasan yang  sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung  jawab)

2.      Kegiatan Inti
b.      Melakukan kombinasi gerakan mengayun/memutar ke berbagai arah dengan   gerak Melakukan teknik dasar renang gaya bebas , dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
 









-          Mengulang teknik dasar gerakan kaki dan lengan renang gaya bebas (perorangan/ berkelompok)
-          Melakukan teknik dasar gerakan mengambil nafas renang gaya bebas dengan bantuan teman (perorangan/berkelompok)
-          Melakukan teknik dasar gerakan mengambil nafas renang gaya bebas tanpa bantuan (perorangan/berkelompok)

Kegiatan Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c)      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d)      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e)      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f)       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)      melakukan perlombaan renang gaya bebas dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, disiplin, sportif, kejujuran, dan menghormati lawan.

Kegiatan Konfirmasi
a.    Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.    Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.    Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.    Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari

3.    Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;


E.  Sumber Belajar
-  Kolam renang
-  Pelampung
-    Ruang terbuka/lingkungan sekolah
-    Buku teks
-    Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga

F.   Penilaian
      1.   Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
    Lakukan Renang gaya bebas (menempuh jarak 25 meter), unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnan gerak (penilaian Proses) serta kecepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk)

No
Nama Siswa
Sikap Awal
Gerakan
Sikap Akhir
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                                        
                                     Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses               =  ----------------------------------------- X 100%
                                                        Jumlah skor maksimal


Kriteria Penilaian Produk/prestasi Renang gaya bebas

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifiksi Nilai
Putera
Puteri
... < 15 detik
... <  20 detik
100%
Sangat Baik
16 – 20 detik
21 – 25 detik
90%
Baik
21 – 25 detik
26 – 30 detik
80%
Cukup
26 – 30 detik
31 – 35 detik
70%
Kurang
... > 30 detik
... > 35 detik
60%
Kurang Sekali





- Pengamatan sikap (afeksi): 
   Dilakukan selama siswa mengikuti pembelajaran Penjaskes. Unsur-unsur yang dinilai : disiplin, kejujuran, kerjasama, tanggung jawab, sportivitas, dan mematuhi aturan.

No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang dinilai
NA
Disiplin
Jujur
Kerjasama
T. Jwab
Sportif
Aturan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


































































Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal

-  Tes Pengetahuan (kognitif):
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang dinilai
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No. 5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3

























































Jumlah skor yang diperoleh
                                  Penilaian Kognitif=  ------------------------------------- X 100 %
Jumlah skor maksimal

Butir Pertanyaan :
No
Butir Pertanyaan
1
Sebutkan macam-macam gaya renang ?
2
Sebutkan macam-macam  teknik dasar renang gaya bebas ?
3
Jelaskan cara melakukan latihan gerakan kaki renang gaya bebas !
4
Jelaskan cara melakukan latihan gerakan lengan renang gaya bebas !
5
Jelaskan cara melakukan latihan gerakan pernafasan renang gaya bebas !

2.  Rekapitulasi Nilai :
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
























                                                                                Jumlah Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)     = ----------------------------------------------
                                                       Tiga Aspek Penilian
Keterangan :
a.       Sangat Baik                          =     91 – 100 %
b.       Baik                                       =     80 – 90 %
c.        Cukup                                    =     70 – 79 %
d.       Kurang                                   =     60 – 69 %
e.        Kurang Sekali                       =    Kurang dari 60%

            

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive