RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
VII (Ganjil)
Alokasi Waktu :
2x 2 x 40 menit (2 x pertemuan )
Standar Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
Mempraktikan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga atletik
lanjutan dengan baik serta nilai
kerjasama , toleransi , percaya diri,
keberanian, menghargai lawan,bersedia
berbagi tempat dan peralatan **)
Indikator
·
Melakukan variasi latihan tehnik dasar lari cepat (start, gerakan lari, dan memasuki
garis finish) yang dilakukan secara berkelompok dengan koordinasi yang baik. (rasa ingin tahu, tekun dan kerja keras)
·
Melakukan perlombaan lari 50 M dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan nilai kerjasama , toleransi , percaya diri, keberanian, menghargai lawan,bersedia berbagi tempat
dan peralatan.
A. Tujuan
Pembelajaran
a.
Siswa dapat melakukan kombinasi tehnik dasar strat, lari dan finish, dengan
benar
b.
Siswa dapat melakukan lomba lari 50 M, dengan
benar
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi
Pembelajaran
Lari 50 M
-
Kombinasi
tehnik dasar strat, lari dan finish
-
Lomba lari 50 M dengan peraturan yang dimodifikasi
untuk menanamkan nilai disiplin, percaya diri dan kejujuran
C. Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (Game)
5. Saling menilai sesama teman
(Resiprocal)
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a. Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali
pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan
yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2. Kegiatan Inti
a.
Melakukan
kombinasi teknik dasar start lari 50 M, dengan rincian kegiatan sebagai berikut
:
-
Melakukan reaksi untuk start dari posisi duduk
(berpasangan/berkelompok)
-
Melakukan reaksi untuk start dari posisi berdiri
(berpasangan/berkelompok)
-
Melakukan teknik start dari posisi jongkok dengan
hitungan (berpasangan/berkelompok)
b.
Melakukan kombinasi latihan teknik dasar lari 50 M,
dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
-
Melakukan latihan pembentukan teknik lari 50 M
(berpasangan/berkelompok)
-
Melakukan Kombinasi latihan teknik lari 50 M dengan
bentuk latihan ABC (berpasangan/berkelompok)
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g) Berlomba lari 50 M dengan peraturan yang dimodifikasi
secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, kejujuran, dan menghormati lawan
Kegiatan Konfirmasi
a. Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b. Memberi
tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d. Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a. Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali
pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan yang sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran
peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama
dan tanggung jawab)
2. Kegiatan Inti
b.
Melakukan teknik dasar lari 50 M, dengan rincian kegiatan
sebagai berikut :
- Melakukan teknik starat
jongkok dengan menggunakan aba-aba (berpasangan/berkelompok)
- Melakukan gerakan lari 50
M (berpasangan/berkelompok)
- Melakukan gerakan finish
dari posisi berdiri dan lari (berpasangan/berkelompok)
- memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di lapangan.
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
b) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g) Berlomba lari 50 M dengan peraturan yang dimodifikasi
secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, kejujuran, dan menghormati lawan
Kegiatan Konfirmasi
a. Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b. Memberi
tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d. Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber Belajar
-
Ruang terbuka yang datar dan aman
-
Bendera start dan
finish
-
Buku teks
-
Buku referensi,
, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII,
-
Lembar Kerja Proses Belajar, Roji,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
1. Teknik dan bentuk penilaian:
- Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan
teknik dasar lari 50 M 100 m
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Awal
|
Gerkan lari
|
Finish
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (Lari
jarak 100 m)
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... < 17 Detik
|
... < 20 Detik
|
100%
|
Sangat Baik
|
17.01 – 18.00 Detik
|
20.01 – 21.00 Detik
|
90%
|
Baik
|
18.01 – 19.00 Detik
|
21.01 – 22.00 Detik
|
80%
|
Cukup
|
19.01 – 20.00 Detik
|
22.01 – 23.00 Detik
|
70%
|
Kurang
|
... > 20 Detik
|
... > 23.00 Detik
|
60%
|
Kurang Sekali
|
- Pengamatan sikap
(afeksi):
Dilakukan
selama siswa mengikuti pembelajaran Penjaskes. Unsur-unsur yang dinilai :
disiplin, kejujuran, kerjasama, tanggung jawab, sportivitas, dan mematuhi
aturan.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
|||||||||||||||||
Disiplin
|
Jujur
|
Kerjasama
|
T. Jwab
|
Sportif
|
Aturan
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
- Tes Pengetahuan (kognitif):
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No. 5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Penilaian
Kognitif= -------------------------------------
X 100 %
Jumlah skor maksimal
Butir Pertanyaan :
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Sebutkan macam-macam teknik dasar lari 50 M ?
|
2
|
Jelaskan cara melakukan start jarak pendek !
|
3
|
Jelaskan cara melakukan gerkan
kaki lari 50 M!
|
4
|
Jelaskan cara melakukan ayunan lengan lari jarak pendek !
|
5
|
Jelaskan cara melakukan gerakan
finish lari 50 M !
|
2. Rekapitulasi Nilai
:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)
= ----------------------------------------------
Tiga Aspek Penilian
Keterangan :
a.
Sangat Baik = 91 – 100 %
b.
Baik = 80 – 90 %
c.
Cukup = 70 – 79 %
d.
Kurang = 60 – 69 %
e.
Kurang Sekali = Kurang dari 60%
No comments:
Post a Comment