Thursday, May 11, 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) LARI JARAK PENDEK KLS 7 SMS 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                        SMP/MTs                               :  SMP Negeri 
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                      :  VII (Ganjil)
Alokasi Waktu                         :  2x 2 x 40 menit (2 x pertemuan )

Standar Kompetensi            
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Mempraktikan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga atletik lanjutan dengan baik serta   nilai kerjasama  , toleransi , percaya diri, keberanian,  menghargai lawan,bersedia berbagi tempat dan   peralatan **)   

Indikator
·   Melakukan variasi latihan tehnik dasar lari cepat (start, gerakan lari, dan memasuki garis finish) yang dilakukan secara berkelompok dengan koordinasi yang baik. (rasa ingin tahu, tekun dan kerja keras)
·   Melakukan perlombaan lari 50 M dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan  nilai kerjasama  , toleransi , percaya diri, keberanian,  menghargai lawan,bersedia berbagi tempat dan   peralatan.

A.  Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan  kombinasi tehnik dasar strat, lari dan finish, dengan benar
b.      Siswa dapat melakukan lomba lari 50 M, dengan benar

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
B.   Materi Pembelajaran
       Lari 50 M
-         Kombinasi tehnik dasar strat, lari dan finish
-   Lomba lari 50 M dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai disiplin, percaya diri dan kejujuran

C.  Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (Game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)

D.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1.    Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Explorasi
a.   Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
   - Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai


b.   Motivasi
-    Memberikan motivasi  kepada siswa untuk mengikuti  pembelajaran (tekun dan Kerja keras)
-    Memberikan pemanasan yang  sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung  jawab)

2.      Kegiatan Inti
a.       Melakukan kombinasi teknik dasar start lari 50 M, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :





-    Melakukan reaksi untuk start dari posisi duduk (berpasangan/berkelompok)
-    Melakukan reaksi untuk start dari posisi berdiri (berpasangan/berkelompok)
-    Melakukan teknik start dari posisi jongkok dengan hitungan (berpasangan/berkelompok)
b.      Melakukan kombinasi latihan teknik dasar lari 50 M, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
-    Melakukan latihan pembentukan teknik lari 50 M (berpasangan/berkelompok)
-    Melakukan Kombinasi latihan teknik lari 50 M dengan bentuk latihan ABC (berpasangan/berkelompok)

Kegiatan Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b)      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c)      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d)      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e)      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f)       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)      Berlomba lari 50 M dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, kejujuran, dan menghormati lawan

Kegiatan Konfirmasi
a.    Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.    Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.    Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.    Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari

3.    Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;







Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1.    Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Explorasi
a.   Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
   - Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.   Motivasi
- Memberikan motivasi  kepada siswa untuk mengikuti  pembelajaran (tekun dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan yang  sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung  jawab)

2.     Kegiatan Inti
b.      Melakukan teknik dasar lari 50 M, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
 







-    Melakukan teknik starat jongkok dengan menggunakan aba-aba (berpasangan/berkelompok)
-    Melakukan gerakan lari 50 M  (berpasangan/berkelompok)
-    Melakukan gerakan finish dari posisi berdiri dan lari (berpasangan/berkelompok)
-    memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

Kegiatan Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b)      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c)      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d)      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e)      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f)       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)      Berlomba lari 50 M dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, kejujuran, dan menghormati lawan






Kegiatan Konfirmasi
a.    Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.    Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.    Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.    Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari






3.    Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.  Sumber Belajar
-          Ruang terbuka yang datar dan aman
-          Bendera start dan finish
-          Buku teks
-          Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII
-          Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

F.  Penilaian
      1.   Teknik dan bentuk  penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
     Lakukan teknik dasar lari 50 M 100 m
No
Nama Siswa
Sikap Awal
Gerkan lari
Finish
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































        
                                                      Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses               =  ----------------------------------------- X 100%
                                                        Jumlah skor maksimal

Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (Lari jarak 100 m)
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifiksi Nilai
Putera
Puteri
... < 17 Detik
... < 20 Detik
100%
Sangat Baik
17.01 – 18.00 Detik
20.01 – 21.00 Detik
90%
Baik
18.01 – 19.00 Detik
21.01 – 22.00 Detik
80%
Cukup
19.01 – 20.00 Detik
22.01 – 23.00 Detik
70%
Kurang
... > 20 Detik
... > 23.00 Detik
60%
Kurang Sekali

- Pengamatan sikap (afeksi): 
   Dilakukan selama siswa mengikuti pembelajaran Penjaskes. Unsur-unsur yang dinilai : disiplin, kejujuran, kerjasama, tanggung jawab, sportivitas, dan mematuhi aturan.
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang dinilai
NA
Disiplin
Jujur
Kerjasama
T. Jwab
Sportif
Aturan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
























































































Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
                    
-  Tes Pengetahuan (kognitif):
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang dinilai
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No. 5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3












































































Jumlah skor yang diperoleh
                                  Penilaian Kognitif=  ------------------------------------- X 100 %
Jumlah skor maksimal


Butir Pertanyaan :
No
Butir Pertanyaan
1
Sebutkan macam-macam teknik dasar lari 50 M ?
2
Jelaskan cara melakukan start jarak pendek !
3
Jelaskan cara melakukan  gerkan kaki lari 50 M!
4
Jelaskan cara melakukan ayunan lengan lari  jarak pendek !
5
Jelaskan  cara melakukan gerakan finish lari 50 M !

2.  Rekapitulasi Nilai :
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
































                                                                                Jumlah Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)     = ----------------------------------------------
                                                         Tiga Aspek Penilian


Keterangan :
a.       Sangat Baik                              =     91 – 100 %
b.       Baik                                           =     80 – 90 %
c.        Cukup                                        =     70 – 79 %
d.       Kurang                                       =     60 – 69 %
e.        Kurang Sekali                           =    Kurang dari 60%


No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive