Hakikat Bimbingan
Kehidupan sosial budaya suatu
masyakarat adalah sistem terbuka yang selalu berinteraksi dengan sistem lain.
Keterbukaan ini mendorong terjadinya pertumbuhan, pergeseran dan perubahan
nilai dalam masyarakat, yang akan mewarnai cara berpikir dan perilaku individu.
Nilai menjadi hal penting dalam perkembangan individu. Karena nilai menjadi
dasar bagi individu dalam proses memilih dan mengambil keputusan.
Bimbingan adalah suatu proses yang
merupakan kegiatan yang berkelanjutan, berlangsung terus menerus dan bukan
kegiatan seketika atau kebetulan. Bimbingan adalah kegiatan yang sistematis dan
berencana yang terarah kepada pencapaian tujuan dan bukan kegiatan
sewaktu-waktu atau insidental.
Bimbingan adalah bagian terpadu dari
proses pendidikan. Proses pendidikan bukanlah proses pengembangan aspek
intelektual semata, melainkan proses pengembangan seluruh aspek kepribadian
siswa. Bimbingan dimaksudkan untuk membantu siswa merealisasikan dirinya.
Prinsip ini mengandung arti bahwa bantuan di dalam proses bimbingan diarahkan
untuk membantu siswa memahami dirinya, mengarahkan diri kepada tujuan yang
realistik, dan mencapai tujuan yang realistik itu sesuai dengan kemampuan diri
dan peluang yang diperoleh.
Bimbingan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Anak berkebutuhan khusus adalah anak
biasa yang menunjukkan penyimpangan dalam bidang fisik, mental dan sosial dari
anak normal, sehingga dalam pendidikannya mereka memerlukan berbagai modifikasi
dan layanan khusus agar dapat berkembang secara maksimal.
Bimbingan adalah proses bantuan
terhadap individu untuk mencapai pemahaman diri dan pengarahan diri yang
dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian diri secara maksimal terhadap keluarga,
sekolah, serta masyarakat. Peranan bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus
ialah agar mereka dapat dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya
sehingga mereka dapat mempersiapkan dan melakukan tugasnya sebagai salah
seorang warga masyarakat sekolah dan masyarakat luas.
Peranan pembimbing diharapkan
berfungsi sebagai :
- Sumber
informasi
- Fasilitator
yaitu pemberi kemudahan dalam mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa.
- Mediator
yang dapat dan mau mengerti sepenuhnya kehidupan siswa, dan
problema-problema yang mereka hadapi.
- Sumber
kasih sayang bagi siswa, sehingga siswa akan tumbuh menjadi pribadi yang
stabil, matang dan mantap
Jenis bimbingan bagi anak berkebutuhan
Khusus
Anak berkebutuhan khusus sangat memerlukan bimbingan dari pembimbingnya.
Bimbingan yang dimaksud adalah bimbingan pemeliharaan kesehatan fisik,
bimbingan belajar, bimbingan penyesuaian diri dan bimbingan jabatan atau
bimbingan kerja.
Semua anak berkebutuhan khusus yang mengalami berbagai kecacatan perlu
mendapat semua jenis bimbingan tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
Bimbingan di sekolah luar biasa hendaknya juga mempersiapkan mereka agar mereka
betul-betul menikmati keberadaannya sebagai anak berkebutuhan khusus.
Bimbingan berupa informasi sangat penting diberikan
kepada lingkungan anak berkebutuhan khusus, yaitu keluarga, sekolah dan
masyarakat luas, agar mereka dapat menerima anak berkebutuhan khusus
sebagaimana adanya, menerima secara wajar dan memperlakukan mereka seperti
warga negara lainnya dengan segala keterbatasan dan kelebihannya.
No comments:
Post a Comment