Friday, March 17, 2017

Memaksimalkan Sumber Daya Pribadi

Kita harus banyak belajar dari kesalahan-kesalahan, seperti yang diungkapkan oleh tuan Soichiro Honda (pemilik dan pendiri HONDA) bahwa sukses 98% dibentuk oleh kesalahan. Thomas Alfa Edison banyak melakukan kesalahan dan dia tidak setuju jika hal itu disebut kesalahan. Hal ini karena dalam penelitiannya disamping menemukan rumus yang mengubah peradaban, dia juga menemukan ribuan rumus yang tidak dapat dipakai.

Belajar, berlatih secara terus menerus akan menjadi kebiasaan maka kegiatan belajar tidak akan menjadi beban. Sebaliknya apabila seseorang tidak biasa maka pekerjaan seringan apapun akan terasa berat baginya.
Kita amati saja kebiasaan kita, misalnya ketika mengetik; pada awalnya penuh dengan perjuangan dan kendala setiap kali akan mengetik kata-kata atau kalimat maka kita akan sibuk untuk mencari dimana letak huruf E, R, K, A dsb tetapi apabila sudah terbiasa hal itu tidak perlu lagi. Contoh lain yaitu saat kita belajar mengendarai kendaraan motor atau mobil; untuk memindahkan gigi persneling pada awalnya harus melihat posisi dari gigi persneling itu tetapi jika sudah terbiasa hal itu tidak diperlukan lagi.
Membaca buku akan terasa berat apabila belum biasa. Keluhan yang sering terjadi adalah mengantuk dan pusing. Akan tetapi jika membaca sudah menjadi kebiasaan, membaca itu menjadi suatu kebutuhan karena dengan membaca banyak manfaat yang dapat diperoleh.
Dari contoh-contoh itu dapat disimpulkan bahwa kebiasaan yang baik merupakan roda kemajuan.
Dengan membiasakan diri mela-kukan hal yang baik , akan terasa manfaatnya baik sekarang maupun pada masa yang akan datang. Untuk itu jauhilah kebiasaan yang buruk karena kebiasaan buruk akan menghancurkan dan mengubur cita-cita kita.
Jika kita menyadari kebiasaan buruk yang ada pada diri kita segeralah untuk meninggalkannya dan mulailah dengan membiasakan melakukan hal-hal yang baik sekecil apa pun.

Orang yang terbiasa bangun siang hari akan sulit untuk bangun pagi dan akan merasa mempunyai beban bila harus bangun pagi.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive