Yang
dimaksud dengan peranan guru ialah tingkah laku yang diharapkan dari seseorang
pada satu situasi tertentu.
a.
Peranan
guru di sekolah
Peranan guru yang utama, yaitu
memberikan pengetahuan (cognitive) ,
sikap dan nilai (affective), dan
keterampilan (psycomotor) kepada
peserta didik. Dengan kata lain, tugas dan peranan guru bukan hanya mengajar,
tetapi juga mendidik peserta didiknya menjadi manusia dewasa yang Pancasilais.
Peranan manajerial guru dalam kelas, yakni membina disiplin dan
menyelenggarakan tata usaha kelas.
Tata usaha kelas ialah
kegiatan atau pekerjaan catat mencatat dan lapor melapor secara sistematis
mengenai informasi atau keterangan-keterangan tentang kelas. Contoh,
catatan-catatan mengenai peserta didik, catatan-catatan guru untuk kepentingan
efektivitas kerjanya (antara lain silabus bidang studi, metode mengajar, media
yang digunakan, sistem evaluasi, alat-alat peraga, dan buku pegangan), serta
catatan-catatan mengenai perlengkapan fisik.
Dalam melaksanakan peranan ini
guru tetap memperhatikan aspek-aspek pendidikan, yaitu wibawa, identifikasi,
mengenal perkembangan jiwa dan perbedaan individual peserta didik. Kewibawaan
adalah pancaran kelebihan yang diakui oleh peserta didik dan yang mendorongnya
beridentifikasi kepada pendidiknya.
Di antara sikap-sikap yang
dapat menimbulkan kewibawaan, yakni sikap tegas, konsekuen, dan menghargai.
Identifikasi ialah kesanggupan
pendidik menempatkan dirinya pada tempat peserta didik (akan tetapi, dia tetap
seorang dewasa) sehingga memahami apa saja yang diperlukan peserta didik dan
dapat pula menyelami keperluan peserta didik tanpa dimintanya.
b.
Peranan
manajerial guru
Peranan manajerial guru di
luar kelasnya antara lain :
a. Memperhatikan dan menyelesaikan masalah-masalah
yang dihadapi di sekolah.
b. Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan
sosial yang terjadi di masyarakat.
1. Peranan guru dengan peserta didik
Unsur-unsur peranan yang
diharapkan yaitu :
a. Guru dapat mempertahankan status dan jarak
dengan peserta didik. Gunanya supaya guru dapat mengatasi dan mengontrol.
b. Guru memperhatikan social distance dan respect-nya
terhadap peserta didik.
c. Guru dalam melaksanakan tugas berdasarkan
kasih sayang, adil dan menumbuhkan perasaan-perasaan itu dengan rasa penuh
tanggung jawab.
d. Guru menjunjung tinggi harga diri setiap
peserta didik.
e. Guru berusaha tidak mengkaitkan persoalan
politik dari ideologi yang dianut dalam pergaulan dengan peserta didik.
f. Yang perlu diperhatikan dalam pendidikan
sekolah, yakni agar guru tetap berwibawa.
2. Peranan Guru dalam masyarakat
Unsur – unsur peranan yang
diharapkan, yaitu :
a. Guru bergaul dengan masyarakatnya dengan
tetap memelihara statusnya bahwa ia adalah orang yang digugu dan ditiru di mana
saja ia berada.
b. Guru menjauhkan diri untuk memasuki
kegiatan-kegiatan masyarakat tertentu, seperti judi, korupsi dan ngebut karena
guru dianggap tokoh identifikasi masyarakat.
c. Guru menerima peranan secara tidak
bertentangan dengan kenyataan yang dihadapi. Profesi dia adalah pengabdi pada
manusia. Dia dituntut agar berkorban untuk kepentingan pendidikan.
d. Guru memegang suatu kode tingkah laku
tertentu.
e. Guru menyayangi semua golongan sebab
kehidupan guru dan keahliannya, dicontoh, dan diteladani oleh seluruh
masyarakat.
f. Guru merupakan perintis pembangunan pada
segala bidang kehidupan dalam masyarakat.
3. Peranan Guru dengan Guru lain
Unsur-unsur peranan yang
diharapkan, yaitu :
a. Guru merasa sederajat, bersifat terus
terang dan jujur dalam bergaul dengan guru-guru lain.
b. Guru bersedia saling menasehati dan
memberi saran dalam rangka mengembangkan jabatan masing-masing.
c. Guru saling menolong dan penuh toleransi
dalam menunaikan tugas dan memecahkan persoalan bersama.
d. Guru mencegah pembicaraan yang bersifat
sensitif yang berhubungan dengan pribadi masing-masing.
4. Peranan Guru dengan pegawai tata usaha
Unsur-unsur peranan yang
diharapkan, yaitu :
a. Guru memelihara semangat corps dan meningkatkan rasa kekeluargaan
dengan pegawai tata usaha dan mampu mencegah hal-hal yang dapat mengganggu
martabat masing-masing.
b. Guru bersikap terbuka, demokratis dan
mampu menempatkan diri sesuai dengan hirarki jabatan masing-masing.
c. Guru bersikap toleran dalam menyelesaikan
setiap masalah yang muncul atas dasar musyawarah dan mufakat demi kepentingan
bersama.
d. Guru bergaul berdasarkan ikatan moral dan
bersikap kooperatif educatif.
5. Peranan Guru dengan Atasannya
Unsur-unsur peranan
diharapkan, yaitu:
a. Guru menghormati hirarki jabatan dan
melaksanakan kebijaksanaan atasannya.
b. Guru menyimpan rahasia jabatan.
c. Guru menyampaikan saran-saran atau
kritik-kritik melalui prosedur dan forum yang semestinya.
d. Guru mengarahkan pergaulan dengan
atasannya.
6. Peranan Guru dengan Orang Tua Peserta
Didik
Unsur-unsur peranan yang
diharapkan, yaitu :
a. Guru bekerja sama dengan orang tua atau
wali peserta didik untuk memecahkan masalah-masalah pribadi peserta didik di
sekolah.
b. Guru menyelesaikan secara musyawarah dan
mufakat kalau terjadi kesalahpahaman dengan orang tua atau wali peserta didik.
c. Guru memberikan kepada orang tua peserta
didik atau walinya tentang peraturan-peraturan dan disiplin di sekolah.
d. Guru menyampaikan dengan bijaksana bahwa
orang tua atau wali peserta didik, janganlah mencampuri hal-hal teknis tentang
akademis di sekolah.
No comments:
Post a Comment