Sunday, March 12, 2017

Peranan Guru


            Yang dimaksud dengan peranan guru ialah tingkah laku yang diharapkan dari seseorang pada satu situasi tertentu.
a.         Peranan guru di sekolah
Peranan guru yang utama, yaitu memberikan pengetahuan (cognitive) , sikap dan nilai (affective), dan keterampilan (psycomotor) kepada peserta didik. Dengan kata lain, tugas dan peranan guru bukan hanya mengajar, tetapi juga mendidik peserta didiknya menjadi manusia dewasa yang Pancasilais. Peranan manajerial guru dalam kelas, yakni membina disiplin dan menyelenggarakan tata usaha kelas.
Tata usaha kelas ialah kegiatan atau pekerjaan catat mencatat dan lapor melapor secara sistematis mengenai informasi atau keterangan-keterangan tentang kelas. Contoh, catatan-catatan mengenai peserta didik, catatan-catatan guru untuk kepentingan efektivitas kerjanya (antara lain silabus bidang studi, metode mengajar, media yang digunakan, sistem evaluasi, alat-alat peraga, dan buku pegangan), serta catatan-catatan mengenai perlengkapan fisik.
Dalam melaksanakan peranan ini guru tetap memperhatikan aspek-aspek pendidikan, yaitu wibawa, identifikasi, mengenal perkembangan jiwa dan perbedaan individual peserta didik. Kewibawaan adalah pancaran kelebihan yang diakui oleh peserta didik dan yang mendorongnya beridentifikasi kepada pendidiknya.
Di antara sikap-sikap yang dapat menimbulkan kewibawaan, yakni sikap tegas, konsekuen, dan menghargai.
Identifikasi ialah kesanggupan pendidik menempatkan dirinya pada tempat peserta didik (akan tetapi, dia tetap seorang dewasa) sehingga memahami apa saja yang diperlukan peserta didik dan dapat pula menyelami keperluan peserta didik tanpa dimintanya.

b.        Peranan manajerial guru
Peranan manajerial guru di luar kelasnya antara lain :
a.       Memperhatikan dan menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi di sekolah.
b.      Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial yang terjadi di masyarakat.
1.      Peranan guru dengan peserta didik
Unsur-unsur peranan yang diharapkan yaitu :
a.       Guru dapat mempertahankan status dan jarak dengan peserta didik. Gunanya supaya guru dapat mengatasi dan mengontrol.
b.      Guru memperhatikan social distance dan respect-nya terhadap peserta didik.
c.       Guru dalam melaksanakan tugas berdasarkan kasih sayang, adil dan menumbuhkan perasaan-perasaan itu dengan rasa penuh tanggung jawab.
d.      Guru menjunjung tinggi harga diri setiap peserta didik.
e.       Guru berusaha tidak mengkaitkan persoalan politik dari ideologi yang dianut dalam pergaulan dengan peserta didik.
f.       Yang perlu diperhatikan dalam pendidikan sekolah, yakni agar guru tetap berwibawa. 
2.      Peranan Guru dalam masyarakat
Unsur – unsur peranan yang diharapkan, yaitu :
a.       Guru bergaul dengan masyarakatnya dengan tetap memelihara statusnya bahwa ia adalah orang yang digugu dan ditiru di mana saja ia berada.
b.      Guru menjauhkan diri untuk memasuki kegiatan-kegiatan masyarakat tertentu, seperti judi, korupsi dan ngebut karena guru dianggap tokoh identifikasi masyarakat.
c.       Guru menerima peranan secara tidak bertentangan dengan kenyataan yang dihadapi. Profesi dia adalah pengabdi pada manusia. Dia dituntut agar berkorban untuk kepentingan pendidikan.
d.      Guru memegang suatu kode tingkah laku tertentu.
e.       Guru menyayangi semua golongan sebab kehidupan guru dan keahliannya, dicontoh, dan diteladani oleh seluruh masyarakat.
f.       Guru merupakan perintis pembangunan pada segala bidang kehidupan dalam masyarakat.
3.      Peranan Guru dengan Guru lain
Unsur-unsur peranan yang diharapkan, yaitu :
a.       Guru merasa sederajat, bersifat terus terang dan jujur dalam bergaul dengan guru-guru lain.
b.      Guru bersedia saling menasehati dan memberi saran dalam rangka mengembangkan jabatan masing-masing.
c.       Guru saling menolong dan penuh toleransi dalam menunaikan tugas dan memecahkan persoalan bersama.
d.      Guru mencegah pembicaraan yang bersifat sensitif yang berhubungan dengan pribadi masing-masing.

4.      Peranan Guru dengan pegawai tata usaha
Unsur-unsur peranan yang diharapkan, yaitu :
a.       Guru memelihara semangat corps dan meningkatkan rasa kekeluargaan dengan pegawai tata usaha dan mampu mencegah hal-hal yang dapat mengganggu martabat masing-masing.
b.      Guru bersikap terbuka, demokratis dan mampu menempatkan diri sesuai dengan hirarki jabatan masing-masing.
c.       Guru bersikap toleran dalam menyelesaikan setiap masalah yang muncul atas dasar musyawarah dan mufakat demi kepentingan bersama.
d.      Guru bergaul berdasarkan ikatan moral dan bersikap kooperatif educatif.

5.      Peranan Guru dengan Atasannya
Unsur-unsur peranan diharapkan, yaitu:
a.       Guru menghormati hirarki jabatan dan melaksanakan kebijaksanaan atasannya.
b.      Guru menyimpan rahasia jabatan.
c.       Guru menyampaikan saran-saran atau kritik-kritik melalui prosedur dan forum yang semestinya.
d.      Guru mengarahkan pergaulan dengan atasannya.

6.      Peranan Guru dengan Orang Tua Peserta Didik
Unsur-unsur peranan yang diharapkan, yaitu :
a.       Guru bekerja sama dengan orang tua atau wali peserta didik untuk memecahkan masalah-masalah pribadi peserta didik di sekolah.
b.      Guru menyelesaikan secara musyawarah dan mufakat kalau terjadi kesalahpahaman dengan orang tua atau wali peserta didik.
c.       Guru memberikan kepada orang tua peserta didik atau walinya tentang peraturan-peraturan dan disiplin di sekolah.

d.      Guru menyampaikan dengan bijaksana bahwa orang tua atau wali peserta didik, janganlah mencampuri hal-hal teknis tentang akademis di sekolah.

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive