Syarat-syarat
menjadi guru meliputi aspek kepribadian dan akademis.
- Kepribadian
Kepribadian ialah cara
seseorang yang unik dan khas yang relatif bersifat tetap dalam berinteraksi
dengan lingkungan sosialnya.
Adapun syarat-syarat
kepribadian, yaitu keratabahasaan, fisik, psikis, mental dan moral.
- Akademis
Guru sebagai pendidik dari
aspek akademis hendaklah :
1) Mempunyai pengetahuan yang bulat tentang
ilmu yang akan diajarkan;
2) Mempunyai dasar-dasar pengetahuan yang
luas tentang tujuan pendidikan;
3) Mempunyai dasar-dasar pengetahuan untuk
mengenal dan memberikan bimbingan terhadap peserta didik,
4) Mempunyai dasar-dasar pengetahuan tentang
metode yang efisien dan efektif dalam penyampaian materi.
- Profil Kemampuan Dasar Guru
Profil kemampuan dasar guru
(kompetensi) guru sebagai berikut:
1) Mengembangkan kepribadian
a) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b) Berperan dalam masyarakat sebagai warga
negara yang berjiwa Pancasila
c) Mengembangkan sifat-sifat terpuji yang
dipersyaratkan bagi jabatan guru
2) Menguasai bahan bidang studi
a) Menguasai bahan bidang studi dan kurikulum
sekolah
b) Menguasai bahan pendalaman dan aplikasi
bidang studi
- Mengelola Program Belajar Mengajar
1) Merumuskan Tujuan Instruksional.
2) Menguasai konsep dan penggunaan metode
mengajar.
3) Memilih dan menyusun prosedur
instruksional yang tepat.
4) Melaksanakan program belajar-mengajar.
5) Mengenal kemampuan awal peserta didik.
6) Merencanakan dan melaksanakan pengajaran
remedial.
- Mengelola kelas
1) Mengatur tata ruang kelas untuk
pengajaran.
2) Menciptakan iklim belajar-mengajar yang
serasi.
- Menggunakan Media dan Sumber Belajar
1) Mengenal, memilih dan menggunakan media.
2) Membuat alat-alat bantu pelajaran
sederhana.
3) Menggunakan dan mengelola laboratorium
dalam rangka proses belajar-mengajar.
4) Mengembangkan pemanfaatan laboratorium.
5) Menggunakan perpustakaan dalam proses
belajar mengajar.
- Menguasai Landasan Kependidikan
Mempelajari konsep dan masalah
pendidikan dan pengajaran ditinjau dari sudut sosiologis, filosofis, historis,
dan psikologis; mengenal fungsi sekolah sebagai lembaga sosial yang secara
potensial dapat memajukan masyarakat.
- Mengelola Interaksi Belajar-Mengajar
Mempelajari cara-cara
memotivasi peserta didik untuk belajar; mempelajari berbagai bentuk pertanyaan,
mempelajari mekanisme psikologis dalam belajar-mengajar di sekolah
- Menilai Prestasi peserta didik
Mempelajari fungsi penilaian,
mempelajari teknik dan prosedur penilaian, mempelajari kriteria pemilihan
teknik dan prosedur penilaian, menginterpretasikan hasil penilaian, menggunakan
hasil-hasil penilaian untuk perbaikan proses belajar mengajar, berlatih menilai
efektivitas program pengajaran.
- Mengenal Fungsi dan Program Pelayanan
Bimbingan dan Penyuluhan
1) Mengenal fungsi dan program layanan serta
penyuluhan di sekolah.
Mempelajari fungsi bimbingan
dan konseling di sekolah.
2) Menyelenggarakan program layanan bimbingan
di sekolah.
Berlatih mengidentifikasi
kesulitan-kesulitan yang dihadapi murid di sekolah.
- Mengenal dan Menyelenggarakan
Administrasi Sekolah
1) Administrasi Sekolah
2) Menyelenggarakan administrasi sekolah
- Memahami Prinsip-Prinsip dan
Penafsiran Hasil Penelitian
Mempelajari dasar-dasar
penggunaan metode ilmiah dalam penelitian pendidikan.
- Interaksi dengan sejawat dan
masyarakat
1) Berinteraksi dengan sejawat untuk
meningkatkan kemampuan profesional
Mengkaji struktur organisasi
Depdikbud, mengkaji hubungan kerja profesional, berlatih menerima dan memberi
umpan balik dalam interaksi sosial, membiasakan diri mengikuti perkembangan
keprofesian.
2) Berinteraksi dengan masyarakat untuk
menunaikan misi pendidikan
No comments:
Post a Comment