Sunday, March 12, 2017

Syarat-syarat Menjadi Guru


            Syarat-syarat menjadi guru meliputi aspek kepribadian dan akademis.
  1. Kepribadian
Kepribadian ialah cara seseorang yang unik dan khas yang relatif bersifat tetap dalam berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.
Adapun syarat-syarat kepribadian, yaitu keratabahasaan, fisik, psikis, mental dan moral.
  1. Akademis
Guru sebagai pendidik dari aspek akademis hendaklah :
1)      Mempunyai pengetahuan yang bulat tentang ilmu yang akan diajarkan;
2)      Mempunyai dasar-dasar pengetahuan yang luas tentang tujuan pendidikan;
3)      Mempunyai dasar-dasar pengetahuan untuk mengenal dan memberikan bimbingan terhadap peserta didik,
4)      Mempunyai dasar-dasar pengetahuan tentang metode yang efisien dan efektif dalam penyampaian materi.

  1. Profil Kemampuan Dasar Guru
Profil kemampuan dasar guru (kompetensi) guru sebagai berikut:
1)      Mengembangkan kepribadian
a)      Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b)      Berperan dalam masyarakat sebagai warga negara yang berjiwa Pancasila
c)      Mengembangkan sifat-sifat terpuji yang dipersyaratkan bagi jabatan guru
2)      Menguasai bahan bidang studi
a)      Menguasai bahan bidang studi dan kurikulum sekolah
b)      Menguasai bahan pendalaman dan aplikasi bidang studi
  1. Mengelola Program Belajar Mengajar
1)      Merumuskan Tujuan Instruksional.
2)      Menguasai konsep dan penggunaan metode mengajar.
3)      Memilih dan menyusun prosedur instruksional yang tepat.
4)      Melaksanakan program belajar-mengajar.
5)      Mengenal kemampuan awal peserta didik.
6)      Merencanakan dan melaksanakan pengajaran remedial.
  1. Mengelola kelas
1)      Mengatur tata ruang kelas untuk pengajaran.
2)      Menciptakan iklim belajar-mengajar yang serasi.
  1. Menggunakan Media dan Sumber Belajar
1)      Mengenal, memilih dan menggunakan media.
2)      Membuat alat-alat bantu pelajaran sederhana.
3)      Menggunakan dan mengelola laboratorium dalam rangka proses belajar-mengajar.
4)      Mengembangkan pemanfaatan laboratorium.
5)      Menggunakan perpustakaan dalam proses belajar mengajar.
  1. Menguasai Landasan Kependidikan
Mempelajari konsep dan masalah pendidikan dan pengajaran ditinjau dari sudut sosiologis, filosofis, historis, dan psikologis; mengenal fungsi sekolah sebagai lembaga sosial yang secara potensial dapat memajukan masyarakat.



  1. Mengelola Interaksi Belajar-Mengajar
Mempelajari cara-cara memotivasi peserta didik untuk belajar; mempelajari berbagai bentuk pertanyaan, mempelajari mekanisme psikologis dalam belajar-mengajar di sekolah
  1. Menilai Prestasi peserta didik
Mempelajari fungsi penilaian, mempelajari teknik dan prosedur penilaian, mempelajari kriteria pemilihan teknik dan prosedur penilaian, menginterpretasikan hasil penilaian, menggunakan hasil-hasil penilaian untuk perbaikan proses belajar mengajar, berlatih menilai efektivitas program pengajaran.
  1. Mengenal Fungsi dan Program Pelayanan Bimbingan dan Penyuluhan
1)      Mengenal fungsi dan program layanan serta penyuluhan di sekolah.
Mempelajari fungsi bimbingan dan konseling di sekolah.
2)      Menyelenggarakan program layanan bimbingan di sekolah.
Berlatih mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi murid di sekolah.
  1. Mengenal dan Menyelenggarakan Administrasi Sekolah
1)      Administrasi Sekolah
2)      Menyelenggarakan administrasi sekolah
  1. Memahami Prinsip-Prinsip dan Penafsiran Hasil Penelitian
Mempelajari dasar-dasar penggunaan metode ilmiah dalam penelitian pendidikan.
  1. Interaksi dengan sejawat dan masyarakat
1)      Berinteraksi dengan sejawat untuk meningkatkan kemampuan profesional
Mengkaji struktur organisasi Depdikbud, mengkaji hubungan kerja profesional, berlatih menerima dan memberi umpan balik dalam interaksi sosial, membiasakan diri mengikuti perkembangan keprofesian.

2)      Berinteraksi dengan masyarakat untuk menunaikan misi pendidikan

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive