FORMAT
PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN
(
Model Discovery Learning )
Kompetensi Dasar :
|
1.1. Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama
yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan dan olahraga,
dicerminkan dengan :
a. Kebiasaan perilaku berdo`a sebelum dan sesudah
pelajaran
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawaqal dengan
hasil akhir
c. Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan
latihan
2.1. Berperilaku sportif dalam bermain
2.2. Bertanggungjawab dalam penggunaan sarana dan
prasarana aktivitas serta menjaga
keselamatan diri
sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar
2.3. Menghargai perbedaan karakteristik individual
dalam melakukan berbagai aktivitas
2.4. Menunjukan kemauan kerjasama dalam melakukan
berbagai
aktivitas fisik
2.5. Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik
2.6 Disiplin selama melakukan
beragai aktivitas fisik
2.7. Menerima kekalahan dan kemenangan dalam
permainan
3.1, Memahami tindakan P3K pada kejadian darurat baik
pada diri
sendiri maupun orang lain
4.1, Mencoba memprakaktikka tindakan P3K darurat baik
pada diri sendiri maupun orang lain.
|
Topik / Tema
|
Pertolongan
Pertama Pada Kecelakaan (P3K)
|
Sub Tema/ Topik
|
Pertolongan
pertama pada kecelakaan (Pingsan)
|
Tujuan Pembelajaran
|
·
Siswa memahami tindakan P3K pada
kejadian darurat baik pada diri sendiri maupun orang lain
·
Siswa mencoba mempraktikan
tindakan P3K darurat baik pada diri sendiri maupun orang lain.
|
Alokasi Waktu
|
1 Pertemuan
(3 X 40 Menit)
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
1. Stimulation
(Simullasi/pemberian rangsangan)
|
Siswa bermain
peran serta memperagakan pertolongan pertama pada siswa yang pingsan
|
|
2. Problem statemen (pertanyaaan/
identifikasi masalah)
|
Siswa beri
pertanyaan tentang kecelakaan yang sering terjadi dan cara pertolongannya
|
|
3. Data collection (pengumpulan data)
|
Mengamati,
membaca materi dalam buku siswa
|
|
4. Data processing (pengolahan data)
|
Siswa
melakukan wawancara, observasi setelah kegiatan tersebut siswa membuat
tafsiran , semua informasi diolah dan diklasifikasikan
|
|
5. Verification (pembuktian)
|
Siswa
mempraktekan langsung cara penanganan P3K khususnya penanganan terhadap siswa
yang pingsan
|
|
6. Generalazition (Menarik
kesimpulan/generelisasi)
|
Siswa mampu
membuat kesimpulan dari kegiatan tersebut
|
No comments:
Post a Comment