Wednesday, May 3, 2017

FORMAT PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN ( Model Discovery Learning )

FORMAT PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN
( Model Discovery Learning )

Kompetensi Dasar :
1.1. Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan dan olahraga, dicerminkan dengan :
a. Kebiasaan perilaku berdo`a sebelum dan sesudah
    pelajaran
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawaqal dengan
    hasil akhir
c. Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan
    latihan
2.1. Berperilaku sportif dalam bermain
2.2. Bertanggungjawab dalam penggunaan sarana dan
        prasarana aktivitas serta menjaga keselamatan diri
        sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar
2.3. Menghargai perbedaan karakteristik individual
       dalam melakukan berbagai aktivitas
2.4. Menunjukan kemauan kerjasama dalam melakukan
        berbagai aktivitas fisik
2.5. Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam
        melakukan berbagai aktivitas fisik
2.6  Disiplin selama melakukan beragai aktivitas fisik
2.7. Menerima kekalahan dan kemenangan dalam
        permainan 
3.1, Memahami tindakan P3K pada kejadian darurat baik
  pada diri sendiri maupun orang lain
4.1, Mencoba memprakaktikka tindakan P3K darurat baik
       pada diri sendiri maupun orang lain.
Topik / Tema
Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)
Sub Tema/ Topik
Pertolongan pertama pada kecelakaan (Pingsan)
Tujuan Pembelajaran
·         Siswa memahami tindakan P3K pada kejadian darurat baik pada diri sendiri maupun orang lain
·         Siswa mencoba mempraktikan tindakan P3K darurat baik pada diri sendiri maupun orang lain.
Alokasi Waktu
1 Pertemuan (3 X 40 Menit)


Tahapan Pembelajaran
Kegiatan  Pembelajaran

1. Stimulation
 (Simullasi/pemberian rangsangan)
Siswa bermain peran serta memperagakan pertolongan pertama pada siswa yang pingsan

2. Problem statemen (pertanyaaan/  
    identifikasi masalah)
Siswa beri pertanyaan tentang kecelakaan yang sering terjadi dan cara pertolongannya
3. Data collection (pengumpulan data)

Mengamati, membaca materi dalam buku siswa
4. Data processing (pengolahan data)

Siswa melakukan wawancara, observasi setelah kegiatan tersebut siswa membuat tafsiran , semua informasi diolah dan diklasifikasikan
5. Verification (pembuktian)
Siswa mempraktekan langsung cara penanganan P3K khususnya penanganan terhadap siswa yang pingsan
6. Generalazition (Menarik
    kesimpulan/generelisasi)
Siswa mampu membuat kesimpulan dari kegiatan tersebut








No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive