Friday, February 24, 2017

Hakekat Matematika


Matematika adalah terjemahan dari mathematics. Namun arti atau definisi dari matematika tidak dapat diterapkan secara eksak (pasti).
Menurut Budi Manfaat matematika adalah kumpulan konsep yang mempunyai struktur sistematis, urut dengan alur logika yang jelas dan mempunyai hirarki antara satu konsep dengan konsep lain, maksudnya antara satu konsep dengan konsep lain saling menunjang dan berhubungan.[1]
Matematika berfungsi mengembangkan kemampuan berhitung, mengukur dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari hari melalui materi geometri, aljabar, peluang,  statistika, kalkulus, dan trigonometri. Matematika juga berfungsi mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan melalui model matematika yang dapat berupa  kalimat dan pesamaan matematika, diagram, grafik dan tabel.
Tujuan pembelajaran matematika adalah :
1.        Melatih cara berfikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperimen menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsisten dan inkonsistensi.
2.        Mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi intuisi dan penemuan dengan mengembangkan rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan, serta mencoba-coba.
3.        Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah.
Mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan antara lain melalui pembicaraan lisan, grafik, peta, dan diagram.


[1] Budi Manfaat. Membumikan matematika dari kampus ke kampung. (Cirebon: Eduvision Publishing,2010), h. 147.
oNormal>Wilmore dan Costill (dalam Sajoto, 1988:210) menyatakan bahwa lama latihan yaitu antara 12-16 minggu untuk tujuan endurance, sedangkan antara 8-10 minggu untuk tujuan anaerobik.

5) Frekuensi Latihan
Menurut Dwiyogo dan Sulistyorini (1991:70) frekuensi latihan diartikan sebagai jumlah latihan yang dilakukan setiap minggunya. Sedangkan menurut Pussegjasrek (1994:59) untuk mencapai tingkat kesegaran jasmani yang baik, maka latihan hendaknya dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu agar mendapatkan efek latihan yang diharapkan. Apabila latihannya kurang dari 2 kali seminggu maka akan kurang mendapatkan efek latihan yang diharapkan.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive