Friday, February 24, 2017

Kegiatan Meronce


2.3.1 Pengertian Meronce
Kata meronce berarti : “menyusun benda atau merangkai benda menjadi satu dengan menggunakan seutas tali atau yang lain” (Dk-educlub.blogspot.com) Meronce manik-manik adalah kemampuan menyusun manik-manik menjadi satu dengan menggunakan seutas tali atau benang. Warna manik-manik yang menyala akan menarik minat bagi semua anak. Setelah manik-manik dirangkai melalui lubang yang ada di tengah manik-manik, maka akan menjadi kalung, gelang, jepit rambut, dan kreasi yang lainnya.
Merangkai dan meronce pada dasarnya merupakan suatu kegiatan yang sama yaitu menyusun benda-benda, pernik-pernik dengan sentuhan keindahan sehingga orang yang melihatnya merasa puas. Dalam merangkai dan meronce juga harus memperhatikan unsur-unsur visual. Unsur-unsur tersebut harus memenuhi prinsip penyusun seperti komposisi warna, bentuk, ukuran, jenis, irama dan sebagainya.
Meronce merupakan kegiatan menyusun benda-benda dengan menggunakan tali atau yang lainnya. Bentuk meronce bisa divariasikan menurut keinginan, sehingga anak dilatih untuk menciptakan sesuatu ide baru, meningkatkan kreatifitas, melatih pengenalan warna bentuk geometri, mengasah kemampuan motorik halus, melatih memegang dengan dua tangan dan sebagainya.
Keterampilan meronce merupakan kegiatan memasukkan manik-manik menggunakan benang bertujuan untuk membantu anak usia dini menggunakan jari jemarinya untuk memungut, memegang, menjepit antara ibu jari dan jari telunjuk, sehingga keterampilan meronce digunakan sebagai alternatif untuk membantu anak yang mengalami hambatan dalam menggerakkan jari-jemari dan pergelangan tangannya. Dengan demikian keterampilan meronce diduga memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini.
2.3.2 Manfaat Meronce
          Meronce menggunakan manik-manik merupakan permainan edukatif yang bermanfaat untuk:
a.    Melatih kemampuan menangkap bentuk dan warna obyek
b.    Melatih konsentrasi, kreatif, dan kesabaran
c.    Mempersiapkan anak belajar menulis
d.   Belajar menyusun atau mengikuti pola
e.    Melatih imajinasi

f.     Melatih memegang dengan dua tangan

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive