Saturday, February 25, 2017

Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Metode Permainan Dengan Media Karpet Huruf


Pelaksanaan metode permainan dengan media karpet huruf untuk meningkatkan kemampuan anak kelompok A dalam membaca permulaan di TK dilakukan dalam siklus-siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Apabila kemampuan membaca permulaan anak  pada siklus pertama belum optimal, maka proses pembelajaran dilanjutkan pada siklus berikutnya sampai tujuan pembelajaran tercapai.
1)  Perencanaan
Perencanaan untuk pelaksanaan metode permainan dengan media karpet huruf antara lain dengan melakukan pembicaraan awal antara peneliti dan  guru/kepala sekolah sebagai observer tentang indikator pembelajaran yang hendak dicapai, waktu pelaksanaan, memilih dan mengurutkan materi, mempersiapkan alat dan media pembelajaran, mempersiapkan langkah-langkah pelaksanaan metode permainan dengan media karpet huruf yang akan dilakukan, dan mempersiapkan instrumen dan alat pengumpulan data.
Perencanaan pembelajaran dilakukan terlebih dahulu sebelum pelaksanaan tindakan oleh peneliti sebagai guru bersama dengan guru sebagai observer. Perencanaan pembelajaran dituangkan secara tertulis dalam bentuk Rencana Kegiatan Harian (RKH).
Pelaksanaan metode permainan dengan media karpet huruf disiapkan guru (peneliti) agar proses pembelajaran membaca lebih bervariasi dan menyenangkan. Media yang digunakan yaitu karpet huruf yang didalamnya terdapat huruf-huruf yang disusun secara alfabetis dari A sampai dengan Z.
Rencana pembelajaran menggunakan tema yang sedang diterapkan pada minggu itu yaitu tema Pekerjaan. Tujuan pembelajarannya yaitu anak dapat mengenal membaca permulaan.
Kemampuan yang harus dicapai dalam pembelajaran menggunakan metode permainan dengan media karpet huruf tersebut, yaitu :
a)  Anak dapat menyebutkan huruf-huruf vokal.
b)  Anak dapat menyebutkan huruf konsonan.
c)  Anak dapat menyebutkan huruf secara berurutan.
d) Anak dapat menyebutkan rangkaian vokal dan konsonan menjadi suku kata.
e)  Anak dapat menyebutkan gabungan suku kata menjadi kata sederhana.
f)  Anak dapat membaca sesuai dengan bahasa benar.
g)  Anak dapat menyebutkan nama benda yang ada di karpet huruf.
h)  Anak dapat membaca kata pada karpet huruf.
i)   Anak dapat melafalkan kalimat sederhana dengan benar.
2)  Pelaksanaan dan Observasi
Pada pelaksanaan siklus kesatu, Pelaksanaan metode permainan dengan media karpet huruf dilakukan oleh peneliti sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan pada Rencana Kegiatan Harian (RKH). Pelaksanaan tindakan dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai guru dan guru yang lain sebagai observer.
Pengamatan atau observasi dilakukan oleh guru pada saat pelaksanaan permainan dengan media karpet huruf berlangsung. Pada tahap ini, observer mengamati langsung proses kegiatan yang dilakukan oleh peneliti dan berbagai respon yang timbul dari anak melalui pedoman observasi dan catatan lapangan.
a)    Pembukaan
Guru mempersiapkan alat dan media yang diperlukan yaitu karpet huruf yang didalamnya terdapat huruf-huruf yang tersusun secara alfabetis mulai dari A sampai Z. Guru juga mengatur meja dan kursi yang akan digunakan aktivitas  Pelaksanaan metode permainan dengan media karpet huruf.
Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu yaitu Pelaksanaan metode permainan dengan media karpet huruf. Anak-anak terlihat sangat senang akan melakukan permainan media karpet huruf dalam pembelajaran. Guru menjelaskan aturan penggunaan media karpet huruf yang akan dilakukan. Namun, anak-anak terlihat masih bingung ketika mendengarkan penjelasan aturan untuk permainan  media karpet huruf tersebut.
Guru mengajak anak melakukan gerak pemanasan berupa senam fantasi untuk membangkitkan semangat sebelum Pelaksanaan metode permainan dengan media karpet huruf dilakukan. Anak-anak mengikuti gerakan tersebut dengan senang.
b)    Kegiatan Inti
Guru mengarahkan anak dalam melakukan langkah-langkah bagaimana cara memainkan media karpet huruf, diantaranya dengan cara sebagai berikut :
(1)   Guru meletakkan karpet huruf di lantai kelas setelah kursi dan meja diletakkan dipinggir.
(2)   Kemudian guru menjelaskan tentang cara memainkan permainan yang akan dilaksanakan.
(3)   Guru menunjukkan huruf apa saja yang ada dalam karpet huruf tersebut.
(4)   Guru menyuruh seorang anak untuk berdiri di atas salah satu huruf dalam karpet huruf sesuai yang dikatakan oleh guru.
(5)   Guru menyuruh seorang anak lagi untuk berdiri di atas salah satu huruf lagi sesuai yang dikatakan oleh guru.
(6)   Setiap anak diberikan kesempatan untuk berdiri di atas karpet sesuai yang dikatakan oleh guru.
c)    Kegiatan Istirahat
Pada saat istirahat anak keluar ruangan dan bermain di tempat permainan di luar menggunakan berbagai alat permainan yang tersedia. Setelah bermain kemudian anak mencuci tangan sebelum mereka membuka bekal makanan yang dibawanya. Setelah itu anak-anak duduk bersama lalu membaca doa sebelum makan. Setelah membaca doa kemudian anak makan bersama.
d)    Kegiatan Akhir
Setelah anak-anak selesai istirahat, guru mengatur posisi duduk anak melingkar di karpet. Guru dan anak melakukan tanya jawab seputar kegiatan pelaksanaan metode permainan dengan media karpet huruf yang telah dilakukan.
Guru pun memberikan kesempatan pada anak untuk mengemukakan pendapatnya selama mengikuti kegiatan pelaksanaan metode permainan dengan media karpet huruf.


1 comment:

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive