Blog ini berisi tulisan yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti makalah, artikel, RPP, soal ulangan, puisi, cerita pendek (Cerpen) dan lain-lain. Materi dapat digunakan dari mulai pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai perguruan tinggi (seperti jurusan akuntansi, teknik, komputer, manajemen, kedokteran, filsafat, teologi,geografi, ekonomi, teknologi industri pertanian)
Saturday, February 25, 2017
Metode Diskusi Buzz Group
Metode diskusi atau musawarah tidak hanya tertuju pada persoalan yang dapat dijawab dengan satu atau dua jawaban, melainkan biasanya digunakan untuk membahas persoalan IPS yang mengandung banyak pendapat dan pemikiran yang lebih luas (Nurasid Sumaatmadja, 1980: 101). Pelaksanan metode diskusi dalam pembelajaran IPS dapat diarahkan mencapai tujuan kognitif, afektif, dan psikomotor. Dalam pelaksanaan diskusi perlu memperhatikan pokok bahasan atau permasalahan yang akan dibahas sesuai dengan kemampuan siswa. Dalam diskusi seorang guru harus bisa memberikan motivasi bagi siswanya, sesuai dengan peran guru sebagai pembimbing, pengarah, dan motivasor dalam diskusi.
Metode diskusi juga diartikan sebagai siasat “penyampaian” bahan pengajaran yang membicarakan peserta didik untuk membicarakan dan menemukan alternarif pemecahan suatu topik bahasan yang bersifat problematis (Mulyani Sumantri, &, Johar Permana, 1999: 144). Menurut Mujiono, Dirto Hadi Susanto metode diskusi adalah suatu proses iteraksi anatara dua orang atau lebih individu yang saling bertukar pikiran, pengalaman, pendapat atau pemecahan masalah secara formal/lisan dengan tujuan tertentu dan saling berhadapan muka (Sunaryo, 1989: 106). Ini bertarti dalam pembelajaran siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dan diatur tempat duduknya agar dalam diskusi memudahkan siswa. Dalam diskusi angota ditumtut untuk mengeluarkan pendapatnya. Hal ini membuat siswa yang malu-malu ikut mengeluarkan pendapatnya.
Diskusi buzz group merupakan salah satu dari 11 jenis diskusi. Dalam diskusi buzz group satu kelompok besar dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari tiga sampai empat orang anggota. Tempat duduknya diatur sedemikian rupa sehingga siswa mudah bertukar pikiran dan berhadapan muka. Dalam pembelajaran, diskusi ini dilakukan ditengah-tengah pelajaran atau diakhir pelajaran dengan tujuan mempertajam pengetahuan siiwa mengenai materi yang sedang disampaikan(Sunaryo, 1989: 107).
Diskusi buzz group juga diartikan suatu kelompok besar dibagi menjadi dua sampai delapan kelompok yang lebih kecil jika diperlukan. Kelompok kecil ini diminta melaporkan apa hasil diskusi itu pada kelompok besar (Roestiyah N. K, 2001: 9). Diskkusi buzz group dilakukan ditengh-tengah atau di akhir pelajan dengan tujuan mempertajam pemahaman siswa. Diskusi ini memang menghemat energi guru dalam mengajar, akan tetapi tanggung jawab guru justru lebih besar. Disini peran guru sebagai pengatur, pengelola, dan fasilitator. Guru harus memiliki pengetahuan yang luas, agar pada saat siswa bertanya seputar diskusi guru bisa memberikan jawaban. Ini berarti tanggung jawab guru juga besar dalam kelangsungan proses diskusi. Guru juga perlu menguasai ketrampilan pengelolaan kelas, agar dalam diskusi tidak ada siswa yang bermain sendiri yang dapat mengganggu kelompok lain yang sedang berdiskusi.
Dalam metode ini terdapat kebaikan dan juga kekurangan dalam pembelajaran yaitu:
a. Kebaikan : mendorong anggota yang malu-malu untuk memberikan urun pikirnya, menciptakan suasana yang menyenangkan, menghemat waktu, memungkinkan pembagian tugas kepemimpinan, memberikan variasi dalam belajar, dapat digunakan bersama metode lain.
b. Kekuarangan : tidak berhasil jika anggota kelompok terdiri dari orang-orang yang tidak tahu apa-apa, mungkin diskusi akan berputar-putar, mungkin tidak ada kepemimpinan yang baik dalam kelompok, mungkin laporan tidak tersusun dengan baik, tidak ada waktu persiapan yang cukup
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Simbol Bilangan atau Angka
a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...
-
Patukangan teh nyaeta anu boga pagawean atawa anu purah migawe hiji pagawean . Istilah dina bahasa sunda diantarana : Anjun : tukang ...
-
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Hari/Tgl : ...................................... Kelas/Semester ...
-
Berilah tanda silang ( x ) pada jawaban yang paling benar. 1.Di desamu ada gunung berapi , setiap saat bisa meletus,kita harus memiliki...
Blog Archive
-
▼
2017
(1658)
-
▼
February
(383)
- Pengertian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
- Optimalisasi Hasil Belajar
- Model CIRC Sebagai Salah Satu Implementasi Model P...
- Implementasi Model Pembelajaran
- Caritakeun deui nini Berangantrang, Aki Berangantr...
- DASAR SI KABAYAN
- SI KABAYAN NGADEUPAAN LINCAR
- Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Customer Service
- Konsep Kepuasan Nasabah
- Customer Service
- PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BERBAGAI PERSPEKTIF
- SIKAP POSITIF TERHADAP PELAKSANAAN UUD 1945 HASIL ...
- HASIL-HASIL PERUBAHAN UUD 1945
- PENYIMPANGAN-PENYIMPANGAN TERHADAP KONSTITUSI
- KONSTITUSI-KONSTITUSI YANG PERNAH BERLAKU DI INDON...
- Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Metode Permainan ...
- Tujuan Kemampuan Membaca Permulaan
- Tahapan Proses Belajar Membaca Permulaan
- Pengertian Membaca Permulaan
- Pembelajaran Bahasa Untuk Anak Usia Dini
- BIOGRAFI MUFASSIR QURAISH SHIHAB
- MACAM-MACAM PUPUH
- Carita Pondok Basa Sunda
- Pengertian Minat Membaca
- Pengertian Minat
- Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Kart...
- Media Kartu Huruf
- GAYA KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI
- Model-Model Metode Quantum Learning
- Prinsip Metode Quantum Learning
- Keunggulan dan Kelemahan Quantum Learning
- Metode Quantum Learning
- Tulisan Argumentasi
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi
- Teori Motivasi
- Pengertian Motivasi
- Peningkatan Kinerja Profesional Guru
- Sikap Profesional Guru
- Upaya-upaya Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru
- Syarat - syarat Menjadi Guru Profesional
- Faktor- faktor Yang Mempengaruhi Guru Profesional
- Peran Guru Profesionalisme Dalam Proses Belajar Me...
- PENGENALAN KOMPUTER PADA ANAK USIA DINI
- Strategi Menjadi Guru Profesional
- Syarat-syarat Profesi
- . Pengertian Profesi
- Tuntutan Seorang Guru
- Dua Prinsip Etika Profesi Luhur
- Peningkatan Prestasi Belajar IPS
- Metode Diskusi Buzz Group
- Hakekat IPS
- Metode Pemecahan Masalah
- Pembelajaran Angklung
- Konsep Dasar Pembelajaran
- Alat Musik Angklung
- Kegiatan Mewarnai
- Kegiatan Meronce
- Metode Problem solving
- Metode Diskusi
- Hakekat Metode Pembelajaran
- Hakekat Matematika
- Sepakbola dan Karakteristiknya
- Latihan Untuk Meningkatkan VO2
- Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani
- Komponen Kebugaran Jasmani
- Kesegaran Jasmani
- Permainan Kartu
- Kalimat
- Pembelajaran Bahasa Indonesia
- Pembelajaran Humanistik
- Metode Inquiry Inquiry adalah salah satu metode ...
- Hakikat Pemahaman dalam Pembelajaran
- Pembelajaran IPA di SD
- Media Permainan Kartu Angka Modifikatif Dalam Pemb...
- Karakteristik Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
- Definisi Perkembangan Kognitif
- Karakteristik Perkembangan Kemampuan Motorik Halus...
- Definisi Motorik Halus
- Karakteristik Perkembangan Motorik Anak Usia Dini
- Media Kertas Warna
- Metode Kolase Untuk Anak Usia Dini
- Tujuan dan Manfaat Teknik Kolase
- Pengertian Kolase
- Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berhitung Pada ...
- Pengertian Bilangan dan Operasi Bilangan
- Kemampuan Berhitung Bagi Anak Usia Dini
- Matematika Untuk Anak Usia Dini
- Bentuk-bentuk Permainan Dadu Untuk Anak Usia Dini
- Kelebihan Media Dadu
- Manfaat Media Dadu
- Pengertian Dadu
- Faktor - faktor Yang Mempengaruhi Permainan Anak
- Manfaat bermain
- Bentuk- Bentuk Permainan
- Teori Permainan
- Media Jerami Kertas
- Permainan Mencari Harta Karun
- Permainan dalam Pembelajaran Matematika
- Konsep Warna
- Kemampuan Mengenal Warna
-
▼
February
(383)
No comments:
Post a Comment