Dadu sebagai media pembelajaran
memiliki banyak manfaat bagi anak, mulai anak Taman Kanak-kanak sampai anak SD.
Menurut Homery (2006:10) “Penggunaan dadu dalam permainan dapat membantu anak
meningkatkan kemampuan matematisnya terutama karena di dalamnya terdapat unsur
mengidentifikasi dan menjumlahkan nilai dadu”. Bahkan apapun yang melibatkan
penghitungan dengan menggunakan media dadu merupakan kesempatan bagi anak untuk
melatih berbagai fakta matematik dasar mereka.
Begitu pula Harris (2001:15)
menjelaskan bahwa “Dadu dapat digunakan untuk mengajarkan anak sedikitnya satu
operasi matematis, yaitu penjumlahan”. Senada dengan pendapat di atas, Agus
(2008:35) menyebutkan manfaat dari media dadu adalah sebagai berikut:
1)
Media dadu dapat digunakan untuk menghitung dasar 1
sampai 5
Melalui penggunaan media dadu, anak akan mudah menguasai bilangan 1
sampai 5, dengan cara membilang banyaknya jumlah gambar yang terdapat pada
dadu.
2)
Media dadu dapat digunakan untuk menghitung dasar 5 + n
Setelah anak menguasai bilangan dasar 1 sampai 5, maka untuk meningkatkan
kemampuan anak, dapat dilanjutkan dengan pengenalan operasi penjumlahan
sederhana, dengan cara mengocok dadu, kemudian tanyakan kepada anak angka berapa
yang muncul. Setelah itu lempar lagi dadu, tanyakan kembali kepada anak angka
berapa yang muncul, kemudian gabungkan angka yang pertamadan angka yang kedua,
suruh anak untuk menghitung keduanya. Melalui permainan seperti ini, maka
secara tidak langsung anak telah belajar operasi penjumlahan secara sederhana.
Dengan menggunakan media dadu, banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh
anak, salah satunya anak dapat dengan mudah mengenal bilangan karena
pembelajaran bilangan dapat disajikan dalam bentuk permainan. Melalui permainan
anak akan merasa senang, tidak merasa sedang belajar sehingga hal ini
mempermudah anak dalam mengenal bilangan.
No comments:
Post a Comment