Thursday, February 23, 2017

Manfaat Media Dadu


   Dadu sebagai media pembelajaran memiliki banyak manfaat bagi anak, mulai anak Taman Kanak-kanak sampai anak SD. Menurut Homery (2006:10) “Penggunaan dadu dalam permainan dapat membantu anak meningkatkan kemampuan matematisnya terutama karena di dalamnya terdapat unsur mengidentifikasi dan menjumlahkan nilai dadu”. Bahkan apapun yang melibatkan penghitungan dengan menggunakan media dadu merupakan kesempatan bagi anak untuk melatih berbagai fakta matematik dasar mereka.
   Begitu pula Harris (2001:15) menjelaskan bahwa “Dadu dapat digunakan untuk mengajarkan anak sedikitnya satu operasi matematis, yaitu penjumlahan”. Senada dengan pendapat di atas, Agus (2008:35) menyebutkan manfaat dari media dadu adalah sebagai berikut:
1)      Media dadu dapat digunakan untuk menghitung dasar 1 sampai 5
Melalui penggunaan media dadu, anak akan mudah menguasai bilangan 1 sampai 5, dengan cara membilang banyaknya jumlah gambar yang terdapat pada dadu.

2)      Media dadu dapat digunakan untuk menghitung dasar 5 + n
Setelah anak menguasai bilangan dasar 1 sampai 5, maka untuk meningkatkan kemampuan anak, dapat dilanjutkan dengan pengenalan operasi penjumlahan sederhana, dengan cara mengocok dadu, kemudian tanyakan kepada anak angka berapa yang muncul. Setelah itu lempar lagi dadu, tanyakan kembali kepada anak angka berapa yang muncul, kemudian gabungkan angka yang pertamadan angka yang kedua, suruh anak untuk menghitung keduanya. Melalui permainan seperti ini, maka secara tidak langsung anak telah belajar operasi penjumlahan secara sederhana.

Dengan menggunakan media dadu, banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh anak, salah satunya anak dapat dengan mudah mengenal bilangan karena pembelajaran bilangan dapat disajikan dalam bentuk permainan. Melalui permainan anak akan merasa senang, tidak merasa sedang belajar sehingga hal ini mempermudah anak dalam mengenal bilangan. 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive