Perkembangan dipengaruhi
oleh faktor kematangan dan belajar. Apabila anak sudah menunjukan masa peka
(kematangan) untuk berhitung, maka orang tua dan guru di TK harus tanggap untuk
segera memberikan layanan dan bimbingan sehingga kebutuhan anak dapat terpenuhi
dan tersalurkan dengan sebaik-baiknya menuju perkembangan kemampuan berhitung
yang optimal.
Anak usia TK adalah masa
yang sangat strategis untuk mengenalkan berhitung di jalur matematika, karena
usia TK sangat peka terhadap rangsangan yang diterima dari lingkungan.
Contohnya: Ketika guru menjelaskan konsep satu dengan menggunakan benda (satu
buah apel), anak-anak dapat menyebutkan benda lain yang memiliki konsep sama,
sekaligus mengenalkan bentuk lambang dari angka satu itu. Rasa ingin tahunya
yang tinggi akan tersalurkan apabila mendapat stimulasi/rangsangan/motivasi
yang sesuai dengan tugas perkembangannya. Apabila kegiatan berhitung diberikan
melalui berbagai macam permainan tentunya akan lebih efektif karena bermain
merupakan wahana belajar dan bekerja bagi anak. Diyakini bahwa anak akan lebih
berhasil mempelajari sesuatu apabila yang ia pelajari sesuai dengan minat,
kebutuhan, dan kemampuannya (Murdjito, 2007).
No comments:
Post a Comment