Kartu huruf merupakan media yang termasuk pada jenis media grafis
atau media dua dimensi, yaitu media yang mempunyai ukuran panjang dan lebar.
Menurut Wibawa (Ratnasari, 2003:16) kartu huruf biasanya berisi huruf-huruf,
gambar atau kombinasinya dan dapat digunakan untuk mengembangkan perbendaharaan
kata dalam pelajaran bahasa pada umumnya dan bahasa asing khususnya.
Arsyad (2011:121) menjelaskan bahwa kartu huruf adalah kartu kecil yang
berisi gambar-gambar, teks atau simbol yang mengingatkan atau menuntun Anak
kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar itu, dapat digunakan untuk
melatih anak dalam mengeja dan memperkaya kosakata. Kartu huruf biasanya
berukuran 8 x 12
cm, atau dapat disesuaikan dengan besar kecilnya kelas yang dihadapi.
Kartu huruf merupakan kartu yang berisi gambar, teks atau tanda simbol yang
mengingatkan atau menuntun anak kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar
tersebut. Kartu huruf juga berupa kartu gambar yang memiliki dua sisi, sisi
yang satu menampilkan gambar obyek dan sisi yang lain menampilkan kata yang
menerangkan objek.
Kartu huruf merupakan abjad-abjad yang dituliskan
pada potongan-potongan suatu media baik karton, kertas maupun papan tulis atau
tripleks. Potongan-potongan kartu huruf tersebut dapat dipindah-pindahkan
sesuai keinginan pembuat suku kata, kata maupun kalimat. Penggunaan kartu huruf
ini sangat menarik perhatian anak dan sangat mudah digunakan dalam pembelajaran
membaca. Selain itu kartu huruf juga melatih kreatif anak dalam menyusun
kata-kata sesuai dengan keinginannya.
Perlu diketahui bahwa dunia Pendidikan pada anak
usia dini memiliki prinsip belajar sambil bermain sehingga dapat menimbulkan
kreativitas pada anak. Prinsip inilah yang perlu ditanamkan pada anak usia
dini. Atas dasar itu materi atau kegiatan bermain sambil belajar di TK harus
disusun dengan tepat sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Materi atau
kegiatan ini harus disiapkan secara matang, terperinci dan jelas. Bermain
sambil belajar pada anak sangat cocok untuk dilaksanakan oleh semua guru sebab
pendidikan di TK baru bersifat pengenalan, antara lain pengenalan angka dan
huruf. Salah satu metode yang dijadikan sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan
angka dan huruf di taman pendidikan anak usia dini adalah permainan kartu
huruf.
Kartu gambar
tersebut disimpan dalam satu kotak yang menunjukkan jumlah kartu dari sebuah kelompok gambar. Kelompok gambar
menunjukkan tema gambar (binatang, sayuran, buah-buahan, bagian-bagian tubuh,
nama bilangan, nama kendaraan).
Kartu huruf bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan membaca anak usia. Bagi guru, media ini bertujuan untuk mempermudah dalam
mengkondisikan situasi belajar. Keterlibatan anak secara aplikatif dengan
bantuan guru yang proaktif akan menciptakan kondisi belajar mengajar yang
efektif dan efisien. Guru bertindak sebagai fasilitator
dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.
Media kartu
huruf mempunyai kegunaan sebagai
berikut.
- Untuk memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat
verbalistis;
- Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera;
- Menimbulkan kegairahan belajar;
- Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan
lingkungan dan kenyataan;
- Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan
minatnya.
Kartu huruf memiliki peran dalam membantu memudahkan anak dalam pembelajaran kosakata
bahasa Indonesia dan kemampuan membaca. Pemilihan gambar-gambar pada kartu
huruf dalam pembelajaran pun harus memperlihatkan sasaran yang harus
disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.
Kartu huruf yang diperlihatkan kepada anak diharapkan dapat
meningkatkan kemampuan berbahasa, menimbulkan sikap aktif dan dapat
berkomunikasi di lingkungannya. Media kartu huruf tergolong dalam media berbasis visual yang memegang
peranan penting dalam proses belajar.
Arsyad (2000:89)
mengemukakan bahwa “Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat
ingatan. Media visual dapat pula menumbuhkan minat anak dan dapat memberikan
hubungan antara isi pelajaran dengan dunia nyata.” Kartu huruf merupakan salah satu media
pembelajaran yang dapat terlihat secara visual sehingga anak akan tertarik
untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete