Friday, February 24, 2017

Alat Musik Angklung


Angklung merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu, yang dimainkan dengan cara digoyangkan dan digetarkan dengan tabung suara sebagai sumber bunyi. Hidayat (1979: 20) mengatakan bahwa “Angklung adalah alat musik yang tebuat dari batang atau potongan bambu berasal dari daerah Jawa Barat”. Angklung merupakan salah sau jenis kesenian yang secara historis erat kaitannya dengan adat istiadat dan kepercayaan masyarakat. Masunah (2003: 9) menyatakan bahwa:
Angklung merupakan salah satu alat bunyi-bunyian yang digunakan untuk upacara-upacara yang berhubungan dengan padi. Semula angklung tidak digunakan sebagai kesenian murni, melainkan sebagai kesenian yang berfungsi dalam kegiatan kepercayaan.
Berdasarkan sumber bunyinya alat musik dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu sebagai berikut:
1.        Idiofon yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bahan dasarnya.
2.        Aerofon yaitu alat musik yang sumber bunyinya yang berasal dari hembusan udara pada rongga.
3.        Kordofon yaitu alat musik yang sumber bunyinya berdasar dari dawai.
4.        Membranofon yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput atau membran.
5.        Elektrofon yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari tenaga listrik (elektronik).
Berdasarkan sumber bunyinya, alat musik angklung termasuk ke dalam golongan idiofon, karena angklung memiliki sumber bunyi yang berasal dari bahan dasarnya itu sendiri, yaitu dari bambu.
Ada dua jenis angklung yang digunakan, khususnya di daerah Jawa Barat. Angklung tersebut adalah angklung diatonis atau disebut angklung Padaeng dan angklung pentatonis. Angklung diatonis adalah angklung yang terdiri dari 7 nada seperti do re mi fa sol la si, sedangkan angklung pentatonis adalah angklung yang terdiri dari 5 nada seperti da mi na ti la

. Menurut Indriani (2003: 15) angklung dapat dikelompokan menjadi angklung melodi, accompagnement (pengiring) dan co-accompagnement.
  
a.  Angklung Melodi
Angklung melodi merupakan angklung yang dapat memainkan semua nada yang terdapat dalam lagu, baik suara kedua, ketiga, keempat dan seterusnya.  
       b.  Angklung akompanyemen
Angklung akompanyemen adalah angklung pengiring karena suara yang dihasilkan berbentuk akord dan biasanya dibunyikan bersamaan dengan alat musik bass.   

      c.  Angklung ko-akompanyemen
Angklung ko-akompanyemen adalah angklung yang susunan nadanya lebih tinggi satu oktaf dari angklung akompanyemen.biasanya angklung ini dimainkan bersahutan dengan angklung akompanyemen.




No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive