a.
Komponen-komponen Pembelajaran
1) Kartu
Huruf
Media
yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah kartu huruf yang terdiri dari
beberapa jenis. Ada kartu huruf yang menunjukkan huruf saja, ada kartu huruf
dengan gambar dan lain-lain.
2) Guru
Mengorganisir
dan memotivasi anak-anak untuk melakukan kegiatan yang telah direncanakan dan
melaksanakan kegiatannya.
3) Anak-anak
Anak-anak
dan guru berinteraksi dengan melakukan kegiatan dengan menggunakan media kartu
huruf. Anak-anak dan guru memberi respon dalam berbagai cara (fisik, bernyanyi,
menebak, dll)
b. Strategi Pengaturan Ruangan/Kelas
Agar
pembelajaran berlangsung optimal, maka perlu ditunjang oleh ruang belajar yang
menyenangkan sehingga perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1) Ruangan
selalu bersih
2) Pada
waktu mengikuti kegiatan pembelajaran dapat duduk di lantai beralas tikar atau
karpet.
3) Posisi
guru dekat dengan anak, Posisi anak
membentuk kelompok lingkaran.
4) Perabot
dalam ruangan supaya ditata dengan rapi agar mewujudkan rasa aman dan
menyenangkan.
5) Ruang
kelas berventilasi, sehingga memungkinkan terjadinya sirkulasi udara yang baik.
Udara yang bersih dibutuhkan bagi tubuh. Kekurangan oksigen akan berakibat
pusing, lemas, pernafasan terganggu.
6) Jagalah
agar suhu udara dalam ruangan tidak terlalu dingin atau panas. Suhu ideal dalam
belajar antara 18-230C. Jika tidak ada alat pengatur suhu dalam
ruangan, maka cara sederhana yang dianjurkan adalah bukalah semua jendela untuk
menjaga kestabilan ruangan.
7) Ruang
kelas cukup luas dan kalau bisa kedap suara agar tidak mengganggu kelas lain.
c. Pengorganisasian Anak
Didik
Kegiatan
pembelajaran menggunakan media kartu huruf dilaksanakan dalam bentuk klasikal,
artinya kegiatan yang dilakukan oleh seluruh anak dalam satu kelas, dalam satu
satuan waktu dengan kegiatan yang sama. Dalam kegiatan klasikal ini teknik yang
digunakan hendaknya komprehensif seperti bernyanyi, bercerita, menggerakkan
badan, mendemonstrasikan, menyimak, melakukan instruksi baik dari guru, dan
lain-lain.
No comments:
Post a Comment