Blog ini berisi tulisan yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti makalah, artikel, RPP, soal ulangan, puisi, cerita pendek (Cerpen) dan lain-lain. Materi dapat digunakan dari mulai pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai perguruan tinggi (seperti jurusan akuntansi, teknik, komputer, manajemen, kedokteran, filsafat, teologi,geografi, ekonomi, teknologi industri pertanian)
Saturday, February 25, 2017
Peningkatan Prestasi Belajar IPS
Dari pengertian peningkatan prestasi belajar dapat kita simpulkan pengertian prestasi belajar IPS ialah kemampuan menguasai mata pelajaran IPS setelah mengikuti proses pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran yang ditunjukan dengan nilai tes atau angka yang diberikan guru.
Dalam taksonomi Bloom bahwa pengelompokkan tujuan pendidikan itu harus senantiasa mengacu kepada tiga jenis domain (daerah binaan atau ranah) yang melekat pada diri peserta didik, yaitu: aspek kognitif, afektif, dan psikomotor(Daryanto, 2005: 103). Ketiga aspek tersebut sangat erat kaitannya, bahkan tidak dapat dipisahkan dalam proses belajar mengajar. Dengan terbatasnya waktu dan kemampuan peneliti dalam pembelajaran IPS yang akan diteliti, peneliti hanya mnegukur aspek kognitif dan aspek afektif saja. Aspek kognitif meliputi pengetahuan/ingatan/hafalan, pemahaman, penerapan, analisis, sisntesis, dan penilaian/evaluasi. Dalam pengukuran ranah afektif meliputi menerima, menjawab, menilai, organisasi, dan karateristik. Sedangkan ranah psikomotor meliputi enam jenjang kemampuan, tetapi dapat dikelompokan menjadi tiga kelompok utama, yaitu ketrampilan motorik, manipulasi benda-benda, dan koordinasi neuromuskular. Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak pada peserta didik dalam berbagai tingkah laku.
Penekanan aspek kognitif dalam pembelajaran IPS di Sd ialah hanya sebatas pengetahuan/ingatan/hafalan, pemahaman, dan penerapan. Pengetahuan adalah aspek yang paling dasar dalam jenjang pendidikan. Konsep pengetahuan meliputi: menyebutkan, menunjukan, mengingat kembali, menyebutkan definisi, memilih, dan menyatakan. Pemahaman meliputi mentrjemahkan, menginterprestasi, dan mengekstrapolasi. Dalam aspek penerapan siswa dituntut bisa menerapkan ide-ide umum, tata cara, ataupun metode-metode, prinsip-prinsip, serta teori-teori dalam kehidupan sehari-hari(Daryanto, 2005: 109). Jika ide, metode dan teori hanya dihafalkan, maka pngukuran itu termasuk ingtan. Aspek yang selanjutnya ditekankan pada jenjang pendidikan menengah.
Penekanan aspek afektif hanya meliputi menerima, menjawab, dan menilai. Menerima berhubungan dengan kesediaan siswa untuk ikut dalam situasi khusus. Menjawah ialah partisipasi siswa dalam suatu kegiatan, siswa tidak hangnya mengikuti tetapi juga mereaksi. Menili berkaitan dengan nilai yang dikenakan siswa terhadap suatu objek tertentu.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Simbol Bilangan atau Angka
a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...
-
Patukangan teh nyaeta anu boga pagawean atawa anu purah migawe hiji pagawean . Istilah dina bahasa sunda diantarana : Anjun : tukang ...
-
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Hari/Tgl : ...................................... Kelas/Semester ...
-
Berilah tanda silang ( x ) pada jawaban yang paling benar. 1.Di desamu ada gunung berapi , setiap saat bisa meletus,kita harus memiliki...
Blog Archive
-
▼
2017
(1658)
-
▼
February
(383)
- Pengertian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
- Optimalisasi Hasil Belajar
- Model CIRC Sebagai Salah Satu Implementasi Model P...
- Implementasi Model Pembelajaran
- Caritakeun deui nini Berangantrang, Aki Berangantr...
- DASAR SI KABAYAN
- SI KABAYAN NGADEUPAAN LINCAR
- Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Customer Service
- Konsep Kepuasan Nasabah
- Customer Service
- PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BERBAGAI PERSPEKTIF
- SIKAP POSITIF TERHADAP PELAKSANAAN UUD 1945 HASIL ...
- HASIL-HASIL PERUBAHAN UUD 1945
- PENYIMPANGAN-PENYIMPANGAN TERHADAP KONSTITUSI
- KONSTITUSI-KONSTITUSI YANG PERNAH BERLAKU DI INDON...
- Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Metode Permainan ...
- Tujuan Kemampuan Membaca Permulaan
- Tahapan Proses Belajar Membaca Permulaan
- Pengertian Membaca Permulaan
- Pembelajaran Bahasa Untuk Anak Usia Dini
- BIOGRAFI MUFASSIR QURAISH SHIHAB
- MACAM-MACAM PUPUH
- Carita Pondok Basa Sunda
- Pengertian Minat Membaca
- Pengertian Minat
- Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Kart...
- Media Kartu Huruf
- GAYA KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI
- Model-Model Metode Quantum Learning
- Prinsip Metode Quantum Learning
- Keunggulan dan Kelemahan Quantum Learning
- Metode Quantum Learning
- Tulisan Argumentasi
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi
- Teori Motivasi
- Pengertian Motivasi
- Peningkatan Kinerja Profesional Guru
- Sikap Profesional Guru
- Upaya-upaya Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru
- Syarat - syarat Menjadi Guru Profesional
- Faktor- faktor Yang Mempengaruhi Guru Profesional
- Peran Guru Profesionalisme Dalam Proses Belajar Me...
- PENGENALAN KOMPUTER PADA ANAK USIA DINI
- Strategi Menjadi Guru Profesional
- Syarat-syarat Profesi
- . Pengertian Profesi
- Tuntutan Seorang Guru
- Dua Prinsip Etika Profesi Luhur
- Peningkatan Prestasi Belajar IPS
- Metode Diskusi Buzz Group
- Hakekat IPS
- Metode Pemecahan Masalah
- Pembelajaran Angklung
- Konsep Dasar Pembelajaran
- Alat Musik Angklung
- Kegiatan Mewarnai
- Kegiatan Meronce
- Metode Problem solving
- Metode Diskusi
- Hakekat Metode Pembelajaran
- Hakekat Matematika
- Sepakbola dan Karakteristiknya
- Latihan Untuk Meningkatkan VO2
- Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani
- Komponen Kebugaran Jasmani
- Kesegaran Jasmani
- Permainan Kartu
- Kalimat
- Pembelajaran Bahasa Indonesia
- Pembelajaran Humanistik
- Metode Inquiry Inquiry adalah salah satu metode ...
- Hakikat Pemahaman dalam Pembelajaran
- Pembelajaran IPA di SD
- Media Permainan Kartu Angka Modifikatif Dalam Pemb...
- Karakteristik Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
- Definisi Perkembangan Kognitif
- Karakteristik Perkembangan Kemampuan Motorik Halus...
- Definisi Motorik Halus
- Karakteristik Perkembangan Motorik Anak Usia Dini
- Media Kertas Warna
- Metode Kolase Untuk Anak Usia Dini
- Tujuan dan Manfaat Teknik Kolase
- Pengertian Kolase
- Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berhitung Pada ...
- Pengertian Bilangan dan Operasi Bilangan
- Kemampuan Berhitung Bagi Anak Usia Dini
- Matematika Untuk Anak Usia Dini
- Bentuk-bentuk Permainan Dadu Untuk Anak Usia Dini
- Kelebihan Media Dadu
- Manfaat Media Dadu
- Pengertian Dadu
- Faktor - faktor Yang Mempengaruhi Permainan Anak
- Manfaat bermain
- Bentuk- Bentuk Permainan
- Teori Permainan
- Media Jerami Kertas
- Permainan Mencari Harta Karun
- Permainan dalam Pembelajaran Matematika
- Konsep Warna
- Kemampuan Mengenal Warna
-
▼
February
(383)
No comments:
Post a Comment