Thursday, February 23, 2017

Pengertian Dadu


Menurut Olfix (Wikipedia, 2015) dadu berasal dari bahasa latin yaitu datum yang berarti sesuatu yang diberikan atau dimainkan. Dadu adalah sebuah objek kecil yang umumnya berbentuk kubus yang digunakan untuk menghasilkan angka atau simbol acak. Sebuah kubus yang homogen memiliki peluang yang sama pada masing-masing sisinya jika terhadapnya dilakukan sebuah lemparan sehingga dikatakan adil. ”Adil berarti bahwa setiap sisi dapat berganti menjadi sisi lainnya pada saat dadu tersebut dilemparkan”.             
Biasanya pada setiap sisi dadu terdapat simbol berupa angka. “Masing-masing sisi diberi angka atau ditandai sedemikian rupa, sehingga ketika dadu itu dilempar pada sebuah bidang yang datar, salah satu sisinya akan menunjukkan sebuah angka tertentu”. Namun sekarang simbol masing-masing sisi dadu tidak hanya berupa angka atau titik, tetapi dapat berupa gambar. Hal ini sesuai dengan pendapat Olfix (Wikipedia, 2015) bahwa :
“Dadu tidak lagi hadir dalam bentuk konvensional yang bersudut tajam, berwarna putih dan bertitik (dot) dari 1 sampai dengan 6 titik, tetapi dadu hadir dalam bentuk yang lebih keren, colourful, dan tidak berangka maupun bertitik melainkan gambar”.

Dadu digunakan dalam berbagai permainan anak-anak, seperti ular tangga, monopoli, dan lain-lain. Ukuran dadu yang umum digunakan dalam permainan, berukuran sisi 1 hingga 2 cm dengan ukuran standar 16 mm. Namun untuk anak usia dini khususnya usia 1 sampai 4 tahun, dadu sebaiknya berukuran 10 x 10 x 10 cm. Hal ini untuk memudahkan anak dalam melihat dadu karena ukurannya besar.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive