Blog ini berisi tulisan yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti makalah, artikel, RPP, soal ulangan, puisi, cerita pendek (Cerpen) dan lain-lain. Materi dapat digunakan dari mulai pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai perguruan tinggi (seperti jurusan akuntansi, teknik, komputer, manajemen, kedokteran, filsafat, teologi,geografi, ekonomi, teknologi industri pertanian)
Saturday, April 1, 2017
Jenis-jenis Media Pembelajaran
Jenis-jenis media yang dikenal dewasa ini dipaparkan sbb:
1. Berdasarkan jenisnya
Media berdasarkan jenisanya dibedakan atas:
1) Media audiktif adalah media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja. Yang termasuk jenis media ini antara lain, meliputi tape recorder dan radio.
2) Media visual adalah media yang mengandalkan indra penglihatan. Yang termasuk jenis ini antara lain gambar, foto, serta benda yang tidak bersuara.
3) Media audia visual adalah media mempunyai unsur suara dan gambar. Beberapa contoh media audiavisual meliputi televisi, video, film, atau demonstrasi langsung. Media audiavisual dapat dibedakan lagi menjadi audiavisual diam dan audio visual gerak. Audiovisual diam adalah media yang menampilkan suaravda gambar diam, misalnya film bingkai suara sound sistem, film bingkai suara, dan cetak suara. Media audiovisual gerak adalah media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak misalnya film suara da video kaset.
1. Media nonproyeksi
Media nonproyeksi disebut juga media pameran atau displayed media. Media yang termasuk nonproyeksi adalah:
a. Model adalah benda nyata yang dimodifikasikan. Penggunaan model sebagai media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk mengatasi kendala pengadaan realita karena harga yang mahal sulit pengadaannya, barangnya terlalu besar bahkan mungkin terlalu kecil. Menurut Heinich etal, 1996 model adalah gambaran tiga dimensi dari sebuah benda nyata.
b. Bahan grafis adalah media nonproyeksi yang mudah digunakan karena tidak membutuhkan peralatan dan relatif murah. Menurut Brown et.al (1985) ada lima jenis media grafis yang memiliki keunggulan yang cukup tinggi dalam proses pembelajaran yaitu: graft,chart, atau diagram, karton, poster, peta,atau globe. Masing-masing media memiliki keunggulan dan keunikan sendiri-sendiri.
2. Media yang diproyeksikan
Media yang termasuk sebagai media yang diproyeksikan adalah overhead transparansi (OHT), slide, filmstrips, dan opaque. Media tersebut diproyeksikan kelayar dengan menggunakan pyoyektor dan saat ini komputer dan video juga diproyeksikan menggunakan peralatan khusus yaitu LCD..
a. OHT (Overhead trasparansi) merupakan media yang paling banyak digunakan karena relatif murah dalam penyediaan materi. Ada beberapa cara penyajian transparansi, yaitu:
• Overiay adalah cara penyajian transparansi untuk menampilkan sebuah materi yang berurutan.
• Cover sheet adalah cara penyajian transparansi dengan mengggunakan satu lembar kertas penutup yang tidak bersifat permanent.
• Mask adalah cara penyajian dengan menggunakan penutup yang biasa diletakkan pada bingkai transparansi secara permanent.
b. Slide adalah mediavisual yang penggunaannya diproyeksikan ke layar lebar . Dengan menggunakan slide gambar yang disampaikan sangat realistis, contoh bahan slide adalah film fotografi yang berbentuk transparan.
3. Media Audio
Media audio merupakan media yang fleksibel karena bentuknya yang mudah dibawa praktis dan relatif murah. Contoh tape compo dan pengeras suara. Menurut Rowntree (1994) menggunakan media audio dibedakan menjadi tiga yaitu (1) media audio yang dipakai untuk mendengarkan, (2) media audio vision yang dipakai untuk mendengarkan dan melihat, dan (3) media audio visual yang dapat dipakai untuk mendengar, melihat dan melakukan yaitu:
Ø Media audio yang dipakai hanya untuk mendengarkan misalnya tape compo dan berdiri sendiri tanpa ada failitas yang lain.
Ø Media audio vision dapat dipakai untuk mendengarkan dan melihat . Oleh Rowntree (1994)terkenal dengan istilah active audio vision.
Ø Media audio visual yang didengar oleh siswa dan apa yang dilihat berkaitan antara satu dengan yang lain dan saling memperkuat, atau lebih dikenal dengan terintegrasi.
4. Media Video
Media video dapat dipergunakan sebagai alat bantu mengajar pada berbagai bidang studi.
5. Media Berbasis Komputer
Media komputer sudah sangat luas dimanfaatkan oleh dunia pendidikan. Menurut Hannafin dan Feek 1998 potensi media komputer dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efektifitas proses pembelajaran sangat tinggi karena terjadi interaksi langsung antara siswa dengan meteri pembelajaran. Media komputer juga mampu menampilkan unsur audiovisual yang bermanfaat untuk meningkatkan minat belajar siswa atau yang dikenal dengan program multimedia serta mampu memberi umpan balik bagi respon siswa dengan segera setelah diberi respon.
4. Peran media Pembelajaran
Kemp dkk (1985) menjabarkan peran media didalam kegiatan pembelajaran sbb:
a. Penyajian materi ajar menjadi lebih standar.
b. Penyusunan media yang terencana dan terstruktur dengan kualitas dan kuantitas yang sama dari satu kelas ke kelas lain.
c. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik
d. Kegiatana belajar dapat menjadi lebih interaktif
e. Meteri pembelajaran dapat dirancang, baik dari sisi pengorganisasian materi maupun cara penyajian nya yang melibatkan siswa.
f. Media dapat mempersngkat penyajian materi pembelajaran penyajian meteri pembelajaran yang kompleks, misalnya denga bantuan video.
g. Kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan.
h. Penyajian pembelajaran dengan menggunakan media yg mengintegritaskan visualisasi dengan teks atau suara akan mampu mengkomunikasikan materi pembelajaran secara terorganisasi.
i. Dengan media yang makin lama makin canggih maka kegiatan belajar tidak hanya dilakukan didalam kelas saja tetapi dapat dimana saja.
5. Prinsisp-prinsip Pemilihan dan Penggunaan Media
Sudirman (1991) mengemukakan tiga kategori prinsip pemilihan media pembelajaran sbb:
a. Tujuan pemilihan. Pemilihan media yg akan digunakan harus didasarkan pada maksud dan tujuan pemilihan yang jelas.
b. Karakteristik media pembelajaran. Setiap media mempunyai karakteristik tertentu, baik dilihat dari segi keampuhannya, dan cara pembuatannya, maupun cara penggunaannya.
c. Alternatif piliahan. PAda hakekatnya, memilih media menerapkan suatu proses membuat keputusan dan berbagai alternative pilahan.
Adapun prinsisp pemilihan dan penggunaan media, menurut Sudjana (1991) adalah sbb:
a. Menentukan jenis media dengan tepat
b. Menetapkan atau memperhitungkan subjek dengan tepat
c. Menyajikan media dengan tepat.
6. Dasar Pertimbangan Pemilihan dan Penggunaan Media
Faktor-faktor yang perlu anda perhatikan dalam memilih media pembelajaran dijelaskan pada bagian berikut:
a. Objektivitas.
b. Program pembelajaran
c. Sasaran program
d. Kualitas teknik
e. Keefektifan dan Efisiensi penggunaan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Simbol Bilangan atau Angka
a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...
-
Patukangan teh nyaeta anu boga pagawean atawa anu purah migawe hiji pagawean . Istilah dina bahasa sunda diantarana : Anjun : tukang ...
-
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Hari/Tgl : ...................................... Kelas/Semester ...
-
Berilah tanda silang ( x ) pada jawaban yang paling benar. 1.Di desamu ada gunung berapi , setiap saat bisa meletus,kita harus memiliki...
Blog Archive
-
▼
2017
(1658)
-
▼
April
(220)
- TEKNIK ANALISIS DATA DALAM PENELITIAN
- TATA SURYA (THE SOLAR SYSTEM)
- Solusi Penyelewengan Pajak
- DEMOKRASI DAN RULE OF LAW
- HAK AZASI MANUSIA DAN HAK & KEWAJIBAN WARGA NEGARA
- Resume Negara dan Konstitusi
- RANCANGAN PEMBELAJARAN KOMPUTER PADA ANAK USIA DINI
- Puisi Polisi
- POLISI LALU LINTAS
- Metode Dongeng Dalam Pembelajaran
- Pembelajaran Humanistik
- Pentingnya kehidupan demokratis dalam bermasyaraka...
- MAKALAH "PEMBENTUKAN SPIRITUALITAS PADA ANAK USIA ...
- Sejarah magnet
- Makalah Kepala Sekolah Sebagai Manajer
- MAKALAH KEDAULATAN RAKYAT DAN SISTEM PEMERINTAHAN ...
- KABAYAN NGALA NANGKA
- Kisah singkat Nabi Nuh a.s
- Geometry for Children
- Cara Penyajian dan Analisis Data
- Makalah Mengenai Sampah
- CARA CEPAT MENGAJARKAN ANAK MEMBACA
- BAHAYA ROKOK
- PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARN...
- Model Analisis Interaktif Miles & Huberman
- Pengaruh Internet terhadap Pola Perilaku Pelajar
- Dampak Positif dan Negatif Warung Internet
- Alat Ukur Elektrodinamis
- Alat Ukur Elektrostatis
- Alat Ukur Kumparan putar
- TEKNOLOGI WI-FI
- WIRELESS LAN
- Konsep Manusia Dalam Pendidikan
- PIDATO IBU
- Model Pembelajaran TK Atraktif
- Menganalisis bentuk dan Warna Anak Taman Kanak-kanak
- Peran Guru dalam Permainan Mencari Harta Karun
- Permainan Harta Karun pada Anak Taman Kanak-kanak
- Konsep Pendidikan Dalam Filsafat Scolatisme
- FILSAFAT SCOLASTISISME
- Permasalahan dan Bimbingan bagi Anak
- Kegiatan Ila Di Sekolah
- ANALISIS ARTIKEL SEKOLAH DAN PEMAKSAAN KEDEWASAAN ...
- TEORI BELAJAR MOTORIK
- TEKNIK-TEKNIK MEMAHAMI PERKEMBANGAN ANAK
- PBM PENJAS DISEKOLAH
- MUSIK TRADISIONAL VS MUSIK POPULER
- Hubungan Pendidikan Jasmani dengan Keseimbangan Me...
- Teori Atribusi Dalam Pembelajaran
- Depression attitude questionnaire
- Pendekatan Bermain/ Game Approach Dalam Pembelajaran
- Tujuan Pendidikan Akhlak
- Aspek-aspek yang mempengaruhi Pembentukan Akhlaq
- Hakekat Olahraga Dayung
- Sosiologi Agama
- Ketahanan Nasional
- KENAKALAN REMAJA
- Makalah Perkembangan emosi Pada Anak Usia Dini
- Langkah-Langkah Pembelajaran Membaca Permulaan den...
- MANUSIA DAN LINGKUNGAN
- MANUSIA, SAINS, TEKNOLOGI DAN SENI
- MANUSIA, KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN
- KEBEBASAN BERPENDAPAT DI MUKA UMUM
- HAK ASASI MANUSIA
- IDENTITAS NASIONAL
- PANCASILA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM DIMENSI KEHIDUPAN
- 10 tanda umum anak bergizi baik
- Metode Demonstrasi
- Pengelolaan lingkungan Outdoor di Lembaga PAUD
- Teknik Penataan Ruangan dan Perlengkapan Belajar (...
- Peran Guru dalam Pengembangan atau Pembelajaran Em...
- PENTINGNYA KONSELING PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
- Tumbuh kembang pada masa pascanatal
- Manfaat Olahraga Untuk Anak Usia Dini
- Langkah-langkah berolahraga Untuk Anak Usia Dini
- Anatomi Anak Usia Dini
- Hasil Observasi Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini
- Suasana Psikologis Yang Kondusif Pembelajaran Outdoor
- Suasana Psikologis Yang Kondusif Pembelajaran Indoor
- Pengertian Kredit
- Pengertian Sistem
- Karya Tulis Ilmiah K.H. Ahmad Dahlan
- Karya Tulis Ilmiah "Ismail Marzuki"
- GEOGRAFI ASIA TENGGARA
- Pengertian, Ciri, Syarat, Gejala-Gejala Modernisasi
- Makalah Spina Bifida
- “UNTUK ADIK KELASKU”
- “Kata Terakhir”
- “SELAMAT JALAN SAHABAT”
- KEBUN SHILA
- Manfaat Penginderaan Jauh
- Keunggulan, Keterbatasan dan Kelemahan Penginderaa...
- Jenis - Jenis Tanah Dan Penjelasan Beserta Gambarnya
- Pengertian dan Jenis-Jenis Peramalan Produksi
- Jenis – Jenis Metode Peramalan Produksi
- Perencanaan Produksi
- Pengertian Manajemen Penjualan dan Jenis-Jenis Pen...
- Pengertian Perilaku Konsumen
- Menarik dan Mempertahankan Pelanggan
- Nilai Pelanggan
-
▼
April
(220)
No comments:
Post a Comment