Saturday, April 1, 2017

RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PKn SEKOLAH DASAR


Dalam pedoman pelaksanaan kegiatan belajar mengajar PKn diSD, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan untuk media PKn, yaitu:
a. Membawakan sesuatu atau sejumlah isi pesan harapan
b. Memuat nilai atau moral kontras
c. Diambil dari dunia kehidupan nyata
d. Menarik minat dan perhatian siswa
e. Terjangkau oleh kemampuan belajar siswa
Dibawah ini diulas kembali jenis media yang dapat digunakan dalam pembalajaran PKn, yaitu:
1) Hal-hal yang bersifat visual, seperti bagan, matriks, gambar, data, dll
2) Hal-hal yang bersifat materiil, seperti model-model, benda contoh
3) Gerak, sikap, dan perilaku seperti simulasi , bermain peran, role playing
4) Cerita, kasus yang mengundang dilemma moral

1. Rancangan Media Audio dalam pembelajaran PKn SD
Fungsi scenario media adalah sbb:
a. Meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan suara sekaligus melatih keterampilan mendengarkan maupun menyimak.
b. Mengembangkan imajinasi siswa terhadap apa yang didengarkannya dengan baik melalui guru maupun media tape recorder.
c. Memantapkan bagia-bagian yang dianggap penting dari materi ajar yang disampaikan.

2. Langkah-langkah Penyajian Media Audio dalam Pembelajaran PKn SD
Sebelum menyajiakan media audio terlebih dahulu menyiapkan alat-alat yang akan digunakan termasuk sarana penunjang seperti aliran listrik atau baterai.
a. Memberi tugas pada siswa untuk terlebih dahilu mempelajari materi yang akan diaplikasikan pada media audio.
b. Guru menjelaskan pada siswa materi PKn apa yang akan dibahas, kemudian siswa diminta mempersiaspkan segala sesuatu yang diperlukan misalnya alat tulis menulis.
c. Kemudian audio mulai diperdengarkan, usahakan agar suara audio dapat didengar semua siswa dengan jelas.
d. Setelah audio diperdengarkan, guru meminta beberapa siswa untuk mengulang secara garis besar materi yang telah didengarkan
e. Guru meminta murid-murid yang lain untuk menanggapi pendapat temannya tadi.
f. Guru member kesempatan pada murid untuk menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti
g. Guru menyimpulkan materi PKn yang telah disampaikan.

3. Rancangan Media Gambar atau Foto dalam Pembelajaran PKn SD
a. Fungsi Media Gambar
1) Mengkongkretkan hal-hal yang bersifat abstrak
2) Mendekatkan dengan objek yang sebenarnya
3) Memperjelas sesuatu masalah

b. Langkah-langkah penyajian media gambar atau foto
1) Menganalisis pokok bahasan/sub pokok bahasan yg akan dituangkan dalam bentuk media audio atau foto
2) Menyiapkan bahan-bahan yang digunakan
3) Menugaskan siswa untuk juga menyiapkan bahan-bahan yang digunakan dalam proses belajar-mengajar.
4) Memeragakan gambar-gambar sehingga dapat dilihat dengan jelas oleh semua siswa.
5) Guru meminta para siswa mengomentari gambar yang telah diperagakan dn siswa yang lain diminta memberikan tanggapan terhadap komentas tersebut.
6) Guru menjelaskan materi pelajaran melalui media yang telah disiapkan sekaligus juga menanamkan nilai moral dan norma yang menjadi target harapannya.
7) Guru menyimpulkan materi pembelajaran sekaligus menindaklanjuti dengan memberikan tugas kepada siswa untuk memperkaya penguasan materi pelajaran PKn.

4. Rancangan Media Overhead Projector dalam Pembelajaran PKn SD
a. Fungsi media overhead projector:
1. Meningkatkan daya tarik dan motivasi siswa untuk belajar.
2. Mempermudah guru untuk menyiapkan materi pembelajaran.
3. Memperjelas tayangan materi pembelajaran sehingga perhatian siswa terhadap materi yang diberikan guru akan lebih besar.

b. Langkah-langkah penyajian media overhead projector:
1. Analisis TIK pokok bahasan yang akan diajarkan
2. Analisis materi pelajaran untuk menentukan jenis media yg diperlukan
3. Analisis keadaan siswa untuk mempertimbangkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa, serta tingkat perbendaharaan kata yang dipakai.
4. Kembangkan bahan-bahan tersebut ke dalam transparan yang telah disiapkan.
5. Sajikan transparan dikelas dengan diatur fokusnya sebaik mungkin sehingga apa yang tertera dalam transparan dapat dibaca dan dilihat dengan jelas oleh semua siswa.
6. Sesekali diselingi dengan pertanyaan, tanggapan, dan pernyataan dari siswa.
7. Guru menyimpulkan materi pembeljaran PKn yang telah disampaikan.

(2009:138) di bagi menjadi atas 6 kategori yang cenderung hierarkisKeenam kategori itu adalah 1). Ingatan, 2). Pemahaman, 3). Aplikasi, 4) Analisis, 5). Sintesis dan 6). Evaluasi.

Tujuan kognitif inilah yang selama ini sangat diutamakan dalam pendidikan di Indonesia, kurang memperhatikan domain yang lain. Apabila hal tersebut dibiarkan tersebut menerus tanpa sama sekali memperhatikan domain yang lain, kiranya mudah dipahami kalau hasil pendidikan kita


1 comment:

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive