Saturday, April 1, 2017

STRATEGI PENCAPAIAN KUALITAS PEMBELAJARAN


Untuk mencapai kualitas pembelajaran dapat dikembangkan antara lain menggunakan
strategi sebagai berikut:
1. Di tingkat kelembagaan
a. Perlu dikembangkan berbagai fasilitas kelembagaan dalam membangun sikap,
semangat, dan budaya perubahan.
b. Peningkatan kemampuan pembelajaran para guru dapat dilakukan melalui berbagai
kegiatan profesional secara periodik dan berkelanjutan, misalnya sekali dalam
setiap semester yang dilaksanakan oleh masing-masing lembaga pendidikan
sebelum awal setiap semester dimulai.
c. Peningkatan kemampuan pembimbingan profesional siswa melalui berbagai
kegiatan profesional di sekolah secara periodik, misalnya sekali setiap tahun yang
dilaksanakan oleh lembaga pendidikan bekerja sama dengan dinas pendidikan
setempat.
d. Peningkatan kualitas pelaksanaan praktek pengalaman lapangan (PPL) di tempat
praktek, dengan menggiatkan kegiatan kolaborasi lembaga pendidikan dengan
tempat praktek serta menyelenggarakan uji kompetensi profesional siswa pada
akhir program pendidikan sebelum mereka dinyatakan lulus. Kolaborasi ini berlaku
pula dengan asosiasi profesi lain yang relevan.
2. Dari pihak individu Guru
Secara operasional hal yang terkait pada kinerja profesional guru adalah:
a. Melakukan perbaikan pembelajaran secara terus menerus berdasarkan hasil
penelitian tindakan kelas atau catatan pengalaman kelas dan/atau catatan perbaikan.
b. Mencoba menerapkan berbagai model pembelajaran yang relevan untuk
pembelajaran dikelas maupun kegiatan praktikum.
c. Guru perlu dirangsang untuk membangun sikap positif terhadap belajar, yang
bermuara pada peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Untuk itu perlu
dikembangkan berbagai diskursus akademis antar guru dalam menggali, mengkaji
dan memanfaatkan berbagai temuan penelitian dan hasil kajian konseptual untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan cara itu guru secara perseorangan dan
kelompok akan selalu didorong dan ditantang untuk selalu berusaha tampil beda
dan unggul (striving for excellence).
d. Komunitas guru yang penuh dengan diskursus akademis dan profesional dengan
nuansa kesejawatan yang berorientasi pada peningkatan kinerja yang unggul
tersebut akan memiliki dampak ganda. Di satu sisi komitmen dan kompetensi guru
akan selalu terjaga dan terpelihara.
Strategi-strategi di atas perlu ditata dan dilaksanakan secara sistematik dan sistemik, oleh
karena itu, strategi apapun yang digunakan diperlukan kegiatan sebagai berikut;
1. Penggunaan empat langkah bersiklus yang mencakup kegiatan merencanakan,
mengerjakan, memeriksa dan mengambil langkah- langkah untuk memacu proses
pembelajaran.
2. Penggunaan data empirik dan kerangka konseptual untuk membangun
pengetahuan, mengambil keputusan, dan menentukan efektivitas perubahan tingkah
laku.
3. Prediksi dan perbaikan penampilan selanjutnya secara artikulatif.
4. Penggunaan pendekatan bersiklus dan terencana.

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive