Wednesday, April 12, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Inquiry

  
Sebagai suatu model pembelajaran, model pembelajaran inquiry merupakan model pembelajaran yang tergolong baru di dunia pendidikan khususnya di Indonesia.  Oleh karena itu model pembelajaran inquiry memiliki beberapa keunggulan dan juga memiliki kelemahan. Seorang guru yang ingin menggunakan model pembelajaran inquiry harus mengetahui dengan jelas keunggulan dan kelemahan model pembelajaran ini. Menurut Sadirman (Bangkititaherawati, 2012) mengemukakan mengenai kelebihan dan kekurangan metode penemuan/discovery-inquiry sebagai berikut :
1)        Strategi pengajaran menjadi berubah dari yang bersifat penyajian informasi oleh guru kepada siswa sebagai penerima informasi yang baik tetapi proses mentalnya berkadar rendah, menjadi pengajaran yang menekankan kepada proses pengolahan informasi di mana siswa yang aktif mencari dan mengolah sendiri informasi yang kadar proses mentalnya lebih tinggi atau lebih banyak.

2)        Siswa akan mengerti konsep-konsep dasar atau ide lebih baik.
3)        Membantu siswa dalam menggunakan ingatan dan dalam rangka transfer kepada situasi-situasi proses belajar yang baru.
4)        Mendorong siswa untuk berfikir dan bekerja atas inisiatifnya sendiri.
5)        Memungkinkan siswa belajar dengan memanfaatkan berbagai jenis sumber belajar yang tidak hanya menjadikan guru sebagai satu-satunya sumber belajar.
6)        Metode ini dapat memperkaya dan memperdalam materi yang dipelajari sehingga retensinya tahan lama dalam ingatan menjadi lebih baik.
Di samping memilki keunggulan, model pembelajaran inquiry mempunyai kelemahan, antara lain:
1)        Memerlukan perubahan kebiasaan cara belajar siswa yang menerima informasi dari guru apa adanya, ke arah membiasakan belajar mandiri dan berkelompok dengan mencari dan mengolah informasi sendiri. Mengubah kebiasaan bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi kebiasaan yang telah bertahun-tahun dilakukan.
2)        Guru dituntut mengubah kebiasaan mengajar yang umumnya sebagai pemberi informasi menjadi fasilitator, motivator, dan pembimbing siswa dalam belajar. Inipun bukan pekerjaan yang mudah karena umumnya guru merasa belum puas kalau tidak banyak menyajikan informasi (ceramah).
3)        Metode ini memberikan kebebasan pada siswa dalam belajar, tetapi tidak berarti menjamin bahwa siswa belajar dengan tekun, penuh aktivitas, dan terarah.
4)        Cara belajar siswa dalam metode ini menuntut bimbingan guru yang lebih baik. Dalam kondisi siswa banyak (kelas besar) dan guru terbatas, agaknya metode ini sulit terlaksana dengan baik.
Apabila dilihat dari pemaparan di atas terdapat berbagai keunggulan dan kelemahan metode inquiry, mungkin hal ini sudah sering terjadi dan setiap model pembelajaran pasti memiliki keunggulan dan kelemahan. Itu semua tergantung bagaimana kita menggunakan model tersebut dalam proses pembelajaran.  Agar model inquiry ini berhasil diterapkan dalam proses pembelajaran, itu semua tergantung pada guru itu sendiri bagaimana cara penerapannya sehingga sesuai dengan tujuan pembelajaran model inquiry itu dapat tercapai

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive