Krisis
multidimensi serta prediksi para futurologi menyebabkan manusia sulit
memosisikan dirinya bila tidak memiliki ketahanan mental, ketahanan diri, dan
ketahanan tatanan nilai, serta fleksibilitas diri menghadapi dampak
negatif kemajuan iptek.
Dampak
negatif kemajuan iptek ini besar pengaruhnya terhadap perubahan sikap serta
perilaku peserta didik, sehingga terjadi beberapa krisis erosi nilai-erosi moral-erosi norma dan dehumanisasi. Fenomena krisis tersebut tampak pada krisis
kepercayaan, krisis kualitas kemandirian atau krisis bangsa yang berkarakter,
serta krisis akan nilai-nilai yang menjadi pegangan dan acuan dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara.
Materi
pendidikan merupakan komponen dalam kurikulum yang penting, yang dimuat dalam
kurikulum sekolah pada setiap mata pelajaran. Masalah berpikir kritis, kreatif,
partisipasi dinamis, dan problem solving,
sudah ditetapkan untuk digunakan oleh guru-guru, namun walupun ditetapkan,
sapai saat ini metode tradisional ini masih tetap dilakukan. Hal ini disebabkan
beberapa faktor, diantaranya bahwa lembaga pendidikan belum berhasil dalam
menghasilkan guru yang professional dan
mengabdi pada fungsi perannya.
No comments:
Post a Comment