RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 10 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Kebersihan
KD : 1. 1 –
2 . 4 – 3 . 4 – 4 . 4 – 3 .6 – 4 . 6 – 3
. 12 – 4 . 12 – 3 .14 – 3 14.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (menjaga kebersihan badan )
- Gerakan sederhana
- Tata cara mandi ,menggosok gigi
- Pengenalan alat – alat untuk mandi
- Huruf awal sama
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Peralatan mandi
-
Bekas bungkus sabun
- Kertas
- Pensil
Karakter : Mandiri
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang pentingnya kebersihan badan
3. Berdiskusi tentang
cara membersihkan badan
4. Menirukan
gerakan mandi
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar alat-alat mandi secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan
kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat
guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah bentuk gambar tersebut ?
Gambar apa saja yang ada dalam
gambar tersebut ?
Ada berapa gambar gayung ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru memberikan
kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai macam-macam
alat mandi.
- Guru memberikan
pertanyaan tentang macam-macam alat mandi.
· Apa saja peralatan mandi?
· Apa kegunaan gayung ?
· Apa saja yang diperlukan
untuk mandi?
· Apa kegunaan sabun?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menceritakan
urutan cara mandi
- Anak dapat mengelompokkan
alat-alat untuk mandi
- Anak dapat menghubungkan
gambar dengan kata (alat mandi)
- Anak dapat membuat
mainan dengan bekas bungkus sabun mandi
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
menghargai kebersihan diri sendiri
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan tata cara mandi
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan dan mengelompokkan peralatan untuk mandi
|
|
|
|
|
|
Dapat
menirukan gerakan mandi
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
memanfaatkan bungkus sabun bekas
|
|
|
|
|
Dapat
bercerita akibat tidak mandi
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment