Tuesday, February 4, 2020

Menarik dan Mempertahankan Pelanggan



              Untuk menarik dan mempertahankan para pelanggan perusahaan yang menawarkan jasa atau barang itu harus mempunyai metode tersendiri. Strategi yang tepat mungkin yang harus digunakan dalam masalah ini. Kebanyakan para pelanggan  hanya menginginkan kepuasan, oleh sebab itu pelayanan yang terbaik  yang diberikan oleh perusahaan yang bergerak dibidang barang atau jasa adalah modal utama untuk mempertahankan dan menarik para para pelanggan yang baru, serta cepat tanggap apabila terjadi sesuatu hal yang menyebabkan para pelanggan merasa dirugikan.
Dengan semakin ketatnya persaingan, maka perusahaan merasa perlu untuk   mempertahankan pelanggannya agar pelanggan tersebut tidak lari ke perusahaan lain.Oleh karena itu digunakan berbagai macam cara untuk menarik dan mempertahankan pelanggan, antara lain :
1.        Memberikan potongan tarif (discount) kepada pelanggan yang setia.
2.        Memberikan service/pelayanan yang lebih baik dibanding perusahaan lain yang sejenis.
3.        Meningkatkan kualitas dan terus berinovasi karena produk juga akan selalu dinamis.
Menurut Kotler (2000:38), ada beberapa cara untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan, yaitu :
1.        Sistem keluhan dan saran:
Dengan cara membuka kotak saran dan menerima keluhan, saran, kritik oleh langganan atau bisa juga disampaikan melalui kartu informasi, customer hot line. Ini semua dimaksudkan agar perusahaan lebih mengantisipasi dan cepat tanggap terhadap kritik dan saran tersebut.
Survey kepuasan pelanggan:
Biasanya penelitian mengenai kepuasan pelanggan dilakukan melalui pos, telepon atau wawancara pribadi atau bisa juga si perusahaan mengirimkan angket ke orang-orang tertentu.
• Pembeli bayangan:
Dalam hal ini perusahaan menyuruh orang-orang tertentu untuk membeli ke perusahaan lain, sehingga pembeli misterius ini dapat melaporkan keunggulan dan kelemahan pelayan-pelayan yang melayani.

Analisis pelanggan yang beralih:
Perusahaan yang kehilangan langganan mencoba untuk menghubungi pelanggan tersebut dan dibujuk kenapa mereka berhenti, pindah ke perusahaan dan lain-lain. Dengan informasi yang diperoleh maka perusahaan dapat lebih meningkat kinerjanya dengan cara meningkatkan kepuasan para pelanggan.
Jika semua itu dapat dilakukan dengan baik oleh si perusahaan, maka konsumen akan merasa memperoleh keuntungan dengan selalu berhubungan dengan perusahaan langganannya yang sudah ia kenal baik dibandingkan dengan harapan perusahaan perusahaan baru yang belum dikenalnya. Jika perusahaan secara konsisten memperhatikan kepentingan konsumen maka konsumen akan tetap berlangganan dengan   perusahaan dan relationship pun tetap akan terjaga dengan baik.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive