RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 13 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Binatang / Binatang yang bisa terbang (
burung dara )
KD : 1.1–2. 4 –2 .12 – 3 . 5 – 4 . 5 – 3 . 6 – 4 .6– 3 .8 – 4 . 8 – 3 . 15 – 4
. 15.
Materi : -
Tidak menyakiti ciptaan Tuhan
- Gerakan binatang yang bisa terbang
- Memberi makan burung
- Mencari jejak rumah burung
- Suara – suara burung
- Perkembangbiakan burung
- Tertarik pada aktifitas seni
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Burung
-
Sedotan
- Gunting , lem
- Pensil
-
Kertas
- Krayon
Karakter : Rasa ingin tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang binatang yang bisa terbang
3. Berdiskusi
tentang jenis binatang yang bisa terbang
4. Menirukan
kicauan burung
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar burung dara secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
burung apakah yang kalian lihat ?
Burung
dara biasanya ada dimana ?
Bagaimana
perkembangbiakan burung dara ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai burung dara.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang burung dara.
· Apa
ciri-ciri burung dara?
· Apakah
burung dara bertelur?
· Ada
berapa burung dara pada gambar?
· Ada
berapa telur burung dara pada gambar?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mencari jejak gambar rumah burung dara
- Anak dapat membuat
sangkar burung dengan sedotan
- Anak
dapat melengkapi huruf di bawah gambar burung
- Anak
dapat membaca buku cerita bergambar
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan jenis burung
|
|
|
|
|
Dapat
membuat sangkar burung
|
|
|
|
|
|
Dapat
mencari jejak rumah burung dara
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
melengkapi kata dengan benar
|
|
|
|
|
Dapat
membaca buku cerita bergambar
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment