Monday, February 3, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 8.2


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 8 / 2
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Minuman  (manfaat minuman )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 4 – 2 . 7 – 2 . 13 – 3 . 4 – 4  .4 – 3 . 6 – 4 .6.   
Materi                              :   -      Bersyukur atas nikmat Tuhan (rmakanan )
-          Gerakan sederhana
-          Antri  mengambil minuman
-          Tidak mengambil barang bukan miliknya
-      Minuman yang sehat
-      Konsep bilangan
        
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gelas / botol aqua
                                           -  Gunting
                                           -  Gambar galon
                                           -  Kertas / buku
                                           -  Pensil
Karakter                          :   Jujur                                               
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar macam-macam minuman
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang cara membuat minuman
6.Mengambil minuman dengan antri
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar macam-macam minuman secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apa saja manfaat dari minuman tersebut ?
Ada berapa minuman pada gambar itu ?
Siapa saja yang dapat minuman itu ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai gambar minuman.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang gambar minuman.
·  Apa ciri-ciri minuman sehat tersebut?
·  minuman apa saja yang dapat dimuat dalam gelas?
·  Ada berapa jumlah gelas pada gambar  tersebut?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menghitung gelas aqua
- Anak dapat menebali suku kata awal sama nama minuman
- Anak dapat menjumlahkan dengan gelas
- Anak dapat membuat mainan dari gelas aqua

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak





D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri nikmat Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan manfaat minuman bagi kita




Dapat sabar menunggu giliran




Dapat menghitung benda




Keterampilan
Dapat membuat mainan dari gelas aqua bekas




Dapat menyebutkan suku kata awal nama minuman







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive