RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 8 / 2
Hari
/tgl : …
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Minuman (manfaat minuman )
KD : 1. 1 –
2 . 4 – 2 . 7 – 2 . 13 – 3 . 4 – 4 .4 –
3 . 6 – 4 .6.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (rmakanan )
-
Gerakan
sederhana
-
Antri mengambil minuman
-
Tidak
mengambil barang bukan miliknya
- Minuman yang sehat
- Konsep bilangan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Gelas / botol aqua
-
Gunting
-
Gambar galon
- Kertas / buku
- Pensil
Karakter : Jujur
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar macam-macam minuman
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang cara membuat minuman
6.Mengambil
minuman dengan antri
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar macam-macam minuman secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Apa
saja manfaat dari minuman tersebut ?
Ada
berapa minuman pada gambar itu ?
Siapa
saja yang dapat minuman itu ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai gambar minuman.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang gambar minuman.
· Apa
ciri-ciri minuman sehat tersebut?
· minuman
apa saja yang dapat dimuat dalam gelas?
· Ada
berapa jumlah gelas pada gambar tersebut?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menghitung gelas aqua
- Anak dapat menebali
suku kata awal sama nama minuman
- Anak
dapat menjumlahkan dengan gelas
- Anak
dapat membuat mainan dari gelas aqua
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
mensyukuri nikmat Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan manfaat minuman bagi kita
|
|
|
|
|
Dapat
sabar menunggu giliran
|
|
|
|
|
|
Dapat
menghitung benda
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat mainan dari gelas aqua bekas
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan suku kata awal nama minuman
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment