Monday, February 3, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 10.2


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 10 / 2
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Kebersihan Badan
KD                                  :  1. 1  – 2 . 4 – 3 . 4 – 4 . 4 – 3  .6 – 4 . 6 – 3 . 12 – 4 . 12 – 3 .14 – 3 14.
Materi                              :  -  Bersyukur atas nikmat Tuhan (menjaga kebersihan badan )
-  Gerakan sederhana
-  Tata cara mandi ,menggosok gigi
-  Pengenalan alat – alat untuk menggosok gigi
-  Huruf awal sama                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Peralatan menggosok gigi
                                           -  Sikat
                                          -  Kertas
                                          -  Pensil
Karakter                          :  Tanggung Jawab                                                
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang pentingnya kebersihan gigi
3. Berdiskusi tentang cara menggosok gigi
4. Menirukan gerakan menggosok gigi
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati sikat gigi, pasta gigi yang dibawa guru secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang benda yang dipegang guru
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait benda yang dipegang guru.
Apakah kegunaan pasta gigi ?
Apakah kegunaan sikat gigi ?
Apakah kalian suka sikat gigi ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai peralatan untuk membersihkan gigi.
- Guru memberikan pertanyaan tentang macam-macam peralatan untuk membersihkan gigi.
· Apa saja peralatan kebersihan gigi?
· Apa kegunaan kita menyikat gigi ?
· Berapa kali kita harus sikat gigi?
· Berapa jumlah sikat gigi yang ada ini?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menggosok gigi
- Anak dapat membuat sikat, pasta gigi denganplastisin
- Anak dapat membuat gambar dengan menjiplak sikat gigi
- Anak dapat menghitung jumlah sikat lalu menulis angkanya

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak




D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai kebersihan diri sendiri




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan tata cara menggosok gigi




Dapat menyebutkan dan mengelompokkan peralatan menggosok gigi




Dapat menghitung jumlah sikat




Keterampilan
Dapat bercerita akibat tidak menggosok gigi




Dapat menggosok gigi dengan benar





         

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive