Friday, February 7, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 11.3


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 11 / 3
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Binatang / Hidup di darat (berkaki 2 )
KD                                  :  1.1 –2.3–2.4–3.2–4 .2–3.6–4.6 – 3 . 7 – 4 . 7 – 3 . 8 – 4 . 8 – 3 .15 – 4 .15
Materi                              :   -      Macam – macam binatang hidup di darat
-      Gambar – gambar binatang hidup di darat
-      Tidak menyakiti binatang
-      Suara – suara binatang
-      Gerak lagu
-      Perkembangbiakan binatang
-      Tertarik pada aktifitas seni                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Telur
                                           -   Kertas
                                           -   Pensil
                                           -   Kertas                                        
Karakter                          :  Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar bebek
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang bebek dan anaknya
6. Senam Fantasi menirukan jalannya bebek
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar bebek dan telurnya secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar hewan apakah tersebut ?
Ada berapa telur  pada gambar ?
Anak bebek sedang makan apa ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai bebek.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang bebek.
·  Apa makanan bebek ?
·  Bagaimana perkembangbiakan bebek?
·  Telur bebek biasa diolah menjadi apa ?
. Apakah kalian suka makan telur asin ?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-  Anak dapat mengamati cara menggoreng telur
-  Anak dapat melengkapi kalimat yang dimulai guru
-  Anak dapat membuat mainan dari cangkang telur
-  Anak dapat membuat gambar telur sesuai angka

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak



D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan binatang yang hidup di darat




Dapat membuat mainan dari cangkang telur




Dapat menceritakan cara menggoreng telur




Keterampilan
Dapat membuat gambar sesuai angka




Dapat menyebutkan gizi dalam telur







No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive