RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 11 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Binatang / Hidup di darat (berkaki 2 )
KD : 1.1 –2.3–2.4–3.2–4 .2–3.6–4.6 – 3 . 7 – 4 . 7
– 3 . 8 – 4 . 8 – 3 .15 – 4 .15
Materi : -
Macam – macam binatang hidup di darat
- Gambar – gambar binatang hidup di darat
- Tidak menyakiti binatang
- Suara – suara binatang
- Gerak lagu
- Perkembangbiakan binatang
- Tertarik pada aktifitas seni
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Telur
- Kertas
-
Pensil
-
Kertas
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar bebek
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang bebek dan anaknya
6. Senam Fantasi
menirukan jalannya bebek
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar bebek dan telurnya secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
hewan apakah tersebut ?
Ada
berapa telur pada gambar ?
Anak
bebek sedang makan apa ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai bebek.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang bebek.
· Apa
makanan bebek ?
· Bagaimana
perkembangbiakan bebek?
· Telur
bebek biasa diolah menjadi apa ?
.
Apakah kalian suka makan telur asin ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mengamati cara menggoreng telur
- Anak dapat melengkapi
kalimat yang dimulai guru
- Anak
dapat membuat mainan dari cangkang telur
- Anak
dapat membuat gambar telur sesuai angka
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
menghargai dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan binatang yang hidup di darat
|
|
|
|
|
Dapat
membuat mainan dari cangkang telur
|
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menggoreng telur
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat gambar sesuai angka
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan gizi dalam telur
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment