RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 9 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Jenis Pakaian ( seragam
sekolah )
KD : 1. 1 –
2 . 4 – 2 . 7 – 2 . 14 – 3 . 3 – 4 . 3 –
3 .5 – 4 . 5.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (pakaian )
-
Gerakan
sederhana
- Kebiasaan mengucap terimakasih
- Budaya antri
- Memakai baju sesuai ukuran
- Puzel
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Puzel
- Baju , topi ,dasi
- Gambar
baju
- Kertas
Karakter : Disiplin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar seragam sekolah
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang seragam
6. Lomba
mengancingkan baju
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar seragam sekolah secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Apakah
gambar tersebut ?
Gambar
tersebut termasuk jenis pakaian apa ?
Siapa
saja yang memakai pakaian tersebut ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai gambar pakaian.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang gambar pakaian.
· Apa
ciri-ciri baju seragam?
· apa
warna baju seragam?
· Sebutkan
bagian-bagian seragam?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mengelompokkan baju seragam untuk sekolah
- Anak dapat mewarnai
gambar baju sekolah
- Anak
dapat menghitung baju
- Anak
dapat menyusun puzzle untuk baju
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang
perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menghargai hasil karya orang lain (baju)
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
mengelompokkan pakaian untuk sekolah
|
|
|
|
|
Dapat
menghitung baju dengan benar
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mewarnai gambar baju seragam sekolah
|
|
|
|
|
Dapat
mengikuti perlombaan secara sportif
|
|
|
|
|
|
Dapat
menyusun puzel
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment