RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 12 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Binatang / Hidup di air tawar
KD : 1.1 –2.5–2.6 – 2.9–3. 2 – 4.2–3.6–4 .6– 3 .8
– 4. 8 – 3 .15 – 4 . 15.
Materi : -
Macam – macam binatang hidup di air tawar
- Cerita
pengalaman anak
- Mengembalikan mainan pada tempatnya
- Cerita bergambar tentang tolong menolong
- Tidak menyakiti binatang
- Perkembangbiakan binatang
- Konsep dan lambang bilangan
- Tertarik pada aktifitas seni
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Ikan
lele
-
Gambar
- Pensil
-
Kertas
- Krayon
Karakter : Rasa ingin Tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar ikan air tawar
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang ikan air tawar
6. Mengamati
ikan lele
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar ikan Mas, Ikan lele secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
apakah yang kalian lihat ?
Ada
berapa ikan mas pada gambar ?
Ada
berapa ikan lele pada gambar ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai ikan air tawar.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang ikan air tawar.
· Apa
ciri-ciri ikan air tawar ?
· Ikan
apa saja yang hidup di air tawar?
· Hewan
apa saja selain ikan yang hidup di air tawar ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mengurutkan bilangan pada gambar ikan
- Anak dapat membuat
kolase gambar ikan lele dengan
kertas
- Anak
dapat mengenal perbedaan kasar-halus
- Memberikan
keterangan/informasi
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan binatang yang hidup di air tawar
|
|
|
|
|
Dapat
mengurutkan bilangan pada gambar
|
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan kasar-halus kulit/sisik ikan
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat mainan dengan teknik kolase
|
|
|
|
|
Dapat
bercerita tentang pengalaman anak
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment