Friday, February 7, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 12.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 12 / 5
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Binatang / Hidup di air tawar
KD                                  :  1.1 –2.5–2.6 – 2.9–3. 2 – 4.2–3.6–4 .6– 3 .8 – 4. 8 – 3 .15 – 4 . 15.
Materi                              :   -      Macam – macam binatang hidup di air tawar
-      Cerita  pengalaman anak
-      Mengembalikan mainan pada tempatnya
-      Cerita bergambar tentang tolong menolong
-      Tidak menyakiti binatang
-      Perkembangbiakan binatang
-      Konsep dan lambang bilangan
-      Tertarik pada aktifitas seni                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Ikan lele
                                           -   Gambar
                                           -   Pensil
                                           -   Kertas
                                           -   Krayon
Karakter                          :  Rasa ingin Tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar ikan air tawar
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang ikan air tawar
6. Mengamati ikan lele
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar ikan Mas, Ikan lele secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kalian lihat ?
Ada berapa ikan mas pada gambar ?
Ada berapa ikan lele pada gambar ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai ikan air tawar.
- Guru memberikan pertanyaan tentang ikan air tawar.
·      Apa ciri-ciri ikan air tawar ?
·      Ikan  apa saja yang hidup  di air tawar?
·      Hewan apa saja selain ikan yang hidup di air tawar ?
Menyimpulkan
-       Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-       Anak dapat mengurutkan bilangan pada gambar ikan
-       Anak dapat membuat kolase gambar ikan lele dengan
        kertas
-       Anak dapat mengenal perbedaan kasar-halus
-       Memberikan keterangan/informasi

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya


5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak


D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan binatang yang hidup di air tawar




Dapat mengurutkan bilangan pada gambar




Dapat membedakan kasar-halus kulit/sisik ikan




Keterampilan
Dapat membuat mainan dengan teknik kolase




Dapat bercerita tentang pengalaman anak







No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive