Monday, February 3, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 6.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK PLUS AL-ADALAH
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 6 / 4
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Lingkunganku / Sekolahku  (alat – alat permainan )
KD                                  :  1. 2  – 2 . 3 – 2 . 10 – 3 . 4 – 3  . 6 – 4 . 6 –  3 . 9 – 4 . 9.      
Materi                              :   -      Kelestarian alat – alat sekolah
-          Berkreasi dengan berbagai media
-          Merapikan mainan bersama - sama
-          Membuang sampah pada tempatnya
-          Pengenalan konsep bilangan
-          Pengenalan alat – alat sekolah
        
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Manik - manik
                                            -  Balok - balok
                                            -  Pensil
                                            -  Krayon
Karakter                          :  Gemar Membaca

Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak mengamati alat permainan yang ada di sekolah
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati alat-alat permainan yang ada di sekolah
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang alat-alat permainan sekolah yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait  yang diamati.
Ada apa saja alat-alat permainan di sekolah ?
Ada berapa alat permainan di sekolah ?
Alat permainan apa saja yang ada di luar kelas ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai alat permainan di sekolah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang alat permainan di sekolah.
· Bagaimana alat permainan yang diamati?
· Ada berapa macam alat permainan di sekolah?
· Alat permainan apa saja yang ada di dalam kelas ?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat meronce dengan 2 pola dari manik-manik
- Anak dapat mengurutkan bilangan dengan kartu angka
- Anak dapat bermain balok-balok
- Anak dapat mengelompokkan kata-kata sejenis

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak




D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Menjaga dan merawat mainan di dalam kelas




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat merapikan mainan




Dapat meronce sesuai pola




Dapat mengelompokkan alat-alat permainan di dalam kelas




Keterampilan
Dapat bermain balok-balok




Dapat membuat urutan bilangan







No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive