RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 16 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Tanaman / Jenis sayur
KD : 1. 1 – 1.2 - 2.9 –3.6–4. 6 – 3 . 8 – 4 . 8 – 3 . 12 – 4 . 12 – 3 . 13 – 4 . 13..
Materi : -
Macam – macam tananam jenis sayur
- Melestarikan tanaman
- Tenggang rasa
- Koordinasi motorik halus
- Pertumbuhan tanaman
- Pengenalan huruf vokal dan
konsonan
- Kerja kelompok
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Sayuran
- Jarum benang
- Pensil
- Kertas
Karakter : Gemar membaca
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang cara merawat tanaman
3. Berdiskusi tentang asupan gizi dari sayuran
4. Bersyair “
vitamin A”
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati wortel yang disimpan di atas meja
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang wortel yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait wortel yang diamati.
Apa
warna wortel tersebut ?
Ada
berapa wortel di atas meja ?
Apa
manfaat dari wortel ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai wortel
- Guru
memberikan pertanyaan tentang wortel.
· Apa
ciri-ciri wortel?
· Apa
warna wortel ?
· Apakah
kalian suka wortel?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat meronce dengan wortel
- Anak dapat mengngelompokkan
sayuran berdasarkan warna
- Anak
dapat menebali huruf vokal dari nama – nama sayuran
- Anak
dapat membuat urutan bilangan pada gambar wortel
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sayur sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan manfaat sayur bagi tubuh kita
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan asupan gizi yang terkandung pada sayuran
|
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan huruf vokal dari nama-nama sayuran
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat urutan bilangan dengan angka dari kalender
|
|
|
|
|
|
Dapat
meronce dengan bahan dari sayuran
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment