Friday, February 14, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 16.3


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 16 / 3
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Tanaman / Jenis sayur
KD                                  :  1. 1 – 1.2 - 2.9 –3.6–4. 6 – 3 . 8  – 4 . 8 – 3 . 12 – 4 . 12 – 3 . 13 – 4 . 13..
Materi                              :   -  Macam – macam tananam jenis sayur
-   Melestarikan tanaman
-   Tenggang rasa
                                           -   Koordinasi motorik halus
                                           -   Pertumbuhan tanaman
                                           -   Pengenalan huruf vokal dan konsonan
                                           -   Kerja kelompok
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Sayuran
                                            -   Jarum  benang
                                            -   Pensil
                                            -   Kertas
Karakter                          :  Gemar membaca                                 
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang cara merawat tanaman
3. Berdiskusi tentang  asupan gizi dari sayuran
4. Bersyair “ vitamin A”
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati wortel yang disimpan di atas meja
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang wortel yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait wortel yang diamati.
Apa warna wortel tersebut ?
Ada berapa wortel di atas meja ?
Apa manfaat dari wortel  ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai wortel
-   Guru memberikan pertanyaan tentang wortel.
·   Apa ciri-ciri wortel?
·   Apa warna wortel ?
·   Apakah kalian suka wortel?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat meronce dengan wortel
-   Anak dapat mengngelompokkan sayuran berdasarkan warna
-   Anak dapat menebali huruf vokal dari nama – nama sayuran
-   Anak dapat membuat urutan bilangan pada gambar wortel

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak






D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri tanaman sayur sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan manfaat sayur bagi tubuh kita




Dapat menceritakan asupan gizi yang terkandung pada sayuran




Dapat menyebutkan huruf vokal dari nama-nama sayuran




Keterampilan
Dapat membuat urutan bilangan dengan angka dari kalender





Dapat meronce dengan bahan dari sayuran






No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive